Ciri ciri makhluk hidup

Ciri ciri makhluk hidup – Makhluk hidup memiliki ciri ciri yang membedakan dengan benda mati, yaitu :

1. Bernafas ( Respirasi )

- Yaitu proses mengambil atau menghirup O2 dan mengeluarkan CO2 ( karbondioksida ) , Oksigen di dalam tubu hmanusia digunakan untuk proses oksidasi, yaitu proses pembakaran makanan oleh oksigen di dalam tubuh untuk menghasilkan energi.

- Alat pernafasan pada tumbuhan disebut stomata atau lentisel
- Alat pernafasan pada hewan adalah paru paru,insang trakea dan kulit
- Burung memiliki alat bantu pernafasan yang disebut pundi pundi udara

2. BERGERAK
Makhluk hidup bergerak, ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak pasif.Gerak pasif, yaitu gerak yang proses geraknya tidak dapat diamati secara langsung, misalnya gerakan pada tumbuhan ( contoh : mekarnya bunga, ujung tunas tanaman menuju ke arah datangnya sinar matahari, menutupnya daun lamtoro pada malam hari an akar tumbuhan menuju pusat bumi )

3. Makan ( Nutrisi )
Untuk dapat bertahan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan dan air, fungsi makanan :
a. Menimbulkan energi ( tenaga )
b. Pembangun tubuh ( pertumbuhan )
c. Mengganti sel sel tubuh yag rusak
Makhluk hidup yang dapat embuat makanan sendiri adalah tumbuhan hijau daun lewat proses fotosintesa.

4. Iribalitas ( tanggap terhadap rangsangan )
Iribalitas yaitu kemampuan makhluk hidup untuk menerima dan menanggapi rangsang.Hewan dan manusia untuk iribalitas menggunakan panca indera yang terdiri dari :
- Mata untuk melihat
- Telinga untuk mendengar
- Kulit untuk meraba
- Hidung untuk mencium
- Lidah untuk mengecap

5. TUMBUH DAN BERKEMBANG
Tumbuh adalah proses dari kecil menjadi besar, contoh : perumbuhan pada tumbuhan dapat dilihat dari ukurannya yang semakin besar dari kecambah menjadi pohon.Pertumbuhan pada tanaman tergantung pada zat zat organik yang ada di dalam tanah, seperti N,P,K,Fe dan Ca

6. REPRODUKSI
SEmua makhluk hidup berkembang biak, hal ini merupakan upaya makhluk hidup untuk memperbanyak diri atau menghasilkan individu baru.Perkembangan makhluk hidup bertujuan untuk menjaga kelestarian jenisnya supaya tidak punah, Cara makhluk hidup untuk berkembang biak dibedakan menjadi dua, yaitu :

a. Generatif , yaitu peristiwa terbentuknya individu baru yang didahului oleh pembuahan ( fertilisasi ) , peembuahan berarti meleburnya sel kelamin jantan dengan betina untuk membentuk zigot , contoh : cacing, rayap, katak, lebah dll

b. Vegetatif yaitu cara berkembang biak tanpa perkawinan, jadi tidakmeliatkan sel gamet atau sel kelami, contoh peremangan vegetatif : tunas, membelah diri, spora, umbi geragih

7. ADAPTASI
Untuk dapat bertahan hidup di lingkungannya, makhluk hidup harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya,Tempat hidup bagi makhluk hidup dapat melakukan aktifitasnya disebut habitat.Apabila makhluk hidup tersebut tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya maka akan mati atau bisa harus berpindah ke lingkungan yang baru.

8. MEMERLUKAN SUHU TERTENTU
SEmua makhuk hidup dapat bertahan pada suhu tertentu, ikan dapat hidup pada air yang bersuhu antara 5 derajat celcius sampai dengan 30 derajat. untuk jenis bakteri dapat sampai suhu 80 derajat, sedangkan tumbuhan dapat hidup baik antara suhu 0 – 43 derajat celcius.

9. MENGELUARKAN ZAT SISA ( sekresi )
Zat sisa dari proses produksi harus dikeluarkan, jika tidak akan menimbulkan racun di dalam tubuh.Zat sisa yang dikeluarkan bisa berupa cairan, gas ataupun zat padat.
Alat pengeluaran zat sisa pada hewan atau manusia , yaitu :
a. Paru paru mengeluarkan CO2
b. Kulit mengeluarkan keringat
c. Ginjal mengeluarkan uriine

68 comments on “Ciri ciri makhluk hidup

  1. rosyid ridhlo July 14, 2010 12:26 pm

    makasih om infonya bisa membantu anak aq belajar

  2. dzaky_imam_mahdi July 23, 2010 5:24 am

    maksih ya… jdi nya aq tau ciri ciri mahkluk hidup

  3. Viori Dhea Vanessa September 23, 2010 11:42 am

    lengkap sih,,,tpi law g slah gerakan pda tumbuhan itu ad namanya n trbagi tiga,,, pi aq g ada baca itu tdi :((

  4. wendy achmmad October 17, 2010 7:25 am

    Hei Bro … saya rasa ciri-ciri di atas bukan ciri-ciri makhluk hidup, tetapi hanya aktivitas makhluk hidup saja … soalnya bakteri tidak mengalami pertumbuhan, dan tidak bereproduksi pun mereka tetap hidup … semoga sukses …

  5. sonia adelia indriani October 21, 2010 6:21 am

    bagus .. bagus bagusss …. jddi akku bissa ngerjain tugas eanx d.kassih sma KEPSEK …
    makasih …..

  6. nida ayu andarini October 21, 2010 6:25 am

    very good …
    akku bisa ngerjain semua eanx KEPSEK tugasin ke akku ……
    thank’s ….

  7. soeradja November 2, 2010 7:18 pm

    siiiiiiiiiiip bagus.
    trims yah

  8. diogokillz@rocktmail.com November 4, 2010 8:30 am

    Tnx ea ,.,.,

    tpoi da gug ni cgat pb ???

  9. dhia krendt November 21, 2010 5:24 am

    muakasih bnyakz y y,,,
    aqw jdi tw ttg ciri2 makhluk hidup di indonesia….

  10. rIcHa jEnItA November 23, 2010 8:06 am

    eHhHmM,,,,….nMbAh wA2sAn nIch…,,,!!!!!

  11. elni cayank kakax December 8, 2010 12:24 pm

    thanks atas ciri-ciri makhluk hidupx

  12. farah ben yahya December 18, 2010 6:15 am

    thanks yya
    akku jdi tauw dan ingedt agy ciri” mahkluk hidup
    ^_^

  13. Fadil December 20, 2010 2:15 am

    makasih jadi aku bisa ngerjain tugas

  14. ananda tiara February 18, 2011 5:57 am

    makasih . . .
    karna ini aku semakin tahu tentang mahkluk hidup dan aku bisa ngerjain tugas . .
    ini komplit banget lho !!!

  15. yuniarti February 23, 2011 9:14 pm

    syukran, ana terbantu dengan kerja antum

  16. anonim March 2, 2011 12:40 pm

    wahh terima kasih yaw info.a

  17. rizky April 5, 2011 11:38 am

    good” ,i like it

  18. undink June 1, 2011 3:31 am

    Apakah tumbuhan memenuhi ciri-ciri gerak dan bereaksi terhadap rangsang? jelaskan!

  19. bambang putra July 15, 2011 11:10 am

    makazieh ea

  20. edi siswanto July 16, 2011 11:23 am

    tank”s banget..lho..!jadi nggak mumet

  21. awal jie July 17, 2011 2:30 pm

    maksih ya om. atas inFOx jD akU Bisa ngerjain TUgas IPA deh

  22. m.arul July 19, 2011 12:49 pm

    tek’s atas bantuan y

  23. bobby July 24, 2011 11:53 am

    thx ya, akhirnya PR bisa kelar

  24. ruhama July 28, 2011 11:39 am

    makasih ^^

  25. Nura August 23, 2011 4:14 am

    makasih yaeeeeeee … ngrjain tugas jdi lancar ;; tpi perlu lbh bnyk lgi :(

  26. Bobby September 13, 2011 1:57 pm

    Thanks ya….. Jadinya aku bisa lebih tau tentang characteristic of life/ciri ciri makhluk hidup…….. :D :D :D :D :D :D

  27. masruhen September 15, 2011 2:38 am

    lebih bagus lagi klo sumber/pustakanya dicantumkan…lebih valid…

  28. yulia wulanuari October 4, 2011 2:01 am

    thank’s ..
    akhir nya gw bisa ngerjain TUGAS dengan MUDAH .. :)

  29. danielwellypangaibuan October 5, 2011 5:13 am

    say jadi bisa ngerjakan PR

  30. arif October 16, 2011 12:09 pm

    pant+k
    kalian…..

  31. ranie.... October 27, 2011 7:49 am

    aq mau cari gambarx tpi kog.. 3 da y, tpi aw ska kog..

  32. salsa auchiska November 10, 2011 9:42 am

    bagus…. jd bs ngopi dech….
    makasih ya…:P

  33. Lia Agustina November 28, 2011 7:32 am

    bagus lumayan lengkap
    sklian da contohnya jg

  34. romi saharah cliquer persibsalawas November 28, 2011 12:04 pm

    mksihhh berkat inii tugas saya bisa terjawabbbb

  35. Syafarudin Syukur, SKM January 12, 2012 6:28 am

    Trimakasih banget, ngebantu buat final test anak saya…

  36. wulan January 14, 2012 11:17 am

    hahaha

  37. Wulan Ullan January 14, 2012 11:24 am

    hahaha
    bagus bagus ;)

  38. Wulan Ullan January 14, 2012 11:26 am

    ;;)

  39. Dicky January 19, 2012 3:10 pm

    Thankz KK

    Berkat Info yg KK brikan
    Saya dpat dgan Mudah Mnyelesaikan Tugas dri Skolah Saya

  40. Michelle January 23, 2012 1:35 pm

    sumpeh gw ketolong baget ama info ini……
    Arigatou oghayshimasu……..
    Thankzzzz buanget

  41. afra lathifah January 23, 2012 11:44 pm

    thans ya dengan info nie ku tahu arti nya mahkluk hidup

  42. euromelleandy February 10, 2012 12:47 pm

    makasih utk yG bUAt blog ini thank,s veery muuuacchh

  43. euromelleandy February 10, 2012 12:49 pm

    :D thankzzz:)>

  44. ennyoo February 17, 2012 12:40 am

    Bagus cara penyampaiannya………..
    tapi dilengkapi ya……………………
    agar pembaca lebih mengerti secara detail……….

  45. Yanty February 17, 2012 10:26 pm

    Sbener.a ciri-ciri makhluk hidup itu cuma 1 yaitu METABOLISME…
    Dari kata metabolisme tsb udh mncakup smua jwban anda diatas bahkan Lebh k0mplit n ga panjang lebar..hee

  46. icha February 19, 2012 1:28 pm

    w jadi bingung pengertiannya yang mana sih .pala w jadi pusing sendiri tapi g papa w suka ko thanks ya ka ,walaupun w sedikit g ngerti tapi w suka ko

  47. tifany February 19, 2012 1:37 pm

    thanks ya

  48. haiqal February 21, 2012 12:53 pm

    thank’s

  49. selvia February 22, 2012 4:55 am

    makaciiii yeaa,,,,,,:-)

  50. RAFID HAIKAL ALBANA March 3, 2012 3:24 pm

    RAFID JUGA MERUPAKAN MAKHLUK HIDUP. MAKHLUK HIDUP KAN JUGA BUTUH BERGERAK, TUMBUH DAN BERKEMBANG DAN MAKAN. YA TIDAK.
    TERIMA KASIH ATAS PEMBERITAHUANNYA.
    JIKA HAL PEMBELAJARAN MENGENAI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SAYA SUDAH HAFAL.

  51. RAFID HAIKAL ALBANA March 3, 2012 3:30 pm

    Rafid setiap hari selalu banyak bergerak, contohnya:setiap pagi aku menyapu halaman rumah baik di depan maupun di belakang. Kemudian makan, itu ketika setelah selesai beraktivitas pagi dan seusai sholat berjamaah di musholla.

  52. widya March 20, 2012 12:33 pm

    thanks yaa infonya, bermanfaat banget :D

  53. nadia March 22, 2012 10:45 am

    makasichhhhh yueahh aku jdi thu cri2 makhluk hIIdup

  54. teja March 26, 2012 11:31 am

    thanks bnget!!!

  55. wendy.A.L April 11, 2012 10:02 am

    kk minta jawabannya dong
    jawab:makhluk hidup agar dapat bertahan hidup harus dapat menyesuaikan diri dengan=………………..? apa jawabannya kk?

  56. gike haryanto gtg July 11, 2012 11:11 am

    thanks y

    untung da info ne law gk dmarahi guru

  57. novi July 25, 2012 8:40 am

    tanks tpi k” pnjangan w gx kuat

  58. novi July 25, 2012 8:41 am

    k” kpn2* klo bikin ifo jgan pnjang2*

  59. y July 25, 2012 8:51 am

    y tak tahu aku klo gx da ni contekan

  60. Akmal August 4, 2012 8:36 am

    Thanks, berkat ini jd bs kerjain PR :D :D :D

  61. ariany azzahra August 19, 2013 4:01 pm

    Terima kasih ya Om buat postingannya. Sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas sekolah. Sekali lagi terima kasih ya Om :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


8 − three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>