Panduan membuat blog

Ciri ciri makhluk hidup

February 17, 2010 | In: ilmu

Ciri ciri makhluk hidup - Makhluk hidup memiliki ciri ciri yang membedakan dengan benda mati, yaitu :

1. Bernafas ( Respirasi )

- Yaitu proses mengambil atau menghirup O2 dan mengeluarkan CO2 ( karbondioksida ) , Oksigen di dalam tubu hmanusia digunakan untuk proses oksidasi, yaitu proses pembakaran makanan oleh oksigen di dalam tubuh untuk menghasilkan energi.

- Alat pernafasan pada tumbuhan disebut stomata atau lentisel
- Alat pernafasan pada hewan adalah paru paru,insang trakea dan kulit
- Burung memiliki alat bantu pernafasan yang disebut pundi pundi udara

2. BERGERAK
Makhluk hidup bergerak, ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak pasif.Gerak pasif, yaitu gerak yang proses geraknya tidak dapat diamati secara langsung, misalnya gerakan pada tumbuhan ( contoh : mekarnya bunga, ujung tunas tanaman menuju ke arah datangnya sinar matahari, menutupnya daun lamtoro pada malam hari an akar tumbuhan menuju pusat bumi )

3. Makan ( Nutrisi )
Untuk dapat bertahan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan dan air, fungsi makanan :
a. Menimbulkan energi ( tenaga )
b. Pembangun tubuh ( pertumbuhan )
c. Mengganti sel sel tubuh yag rusak
Makhluk hidup yang dapat embuat makanan sendiri adalah tumbuhan hijau daun lewat proses fotosintesa.

4. Iribalitas ( tanggap terhadap rangsangan )
Iribalitas yaitu kemampuan makhluk hidup untuk menerima dan menanggapi rangsang.Hewan dan manusia untuk iribalitas menggunakan panca indera yang terdiri dari :
- Mata untuk melihat
- Telinga untuk mendengar
- Kulit untuk meraba
- Hidung untuk mencium
- Lidah untuk mengecap

5. TUMBUH DAN BERKEMBANG
Tumbuh adalah proses dari kecil menjadi besar, contoh : perumbuhan pada tumbuhan dapat dilihat dari ukurannya yang semakin besar dari kecambah menjadi pohon.Pertumbuhan pada tanaman tergantung pada zat zat organik yang ada di dalam tanah, seperti N,P,K,Fe dan Ca

6. REPRODUKSI
SEmua makhluk hidup berkembang biak, hal ini merupakan upaya makhluk hidup untuk memperbanyak diri atau menghasilkan individu baru.Perkembangan makhluk hidup bertujuan untuk menjaga kelestarian jenisnya supaya tidak punah, Cara makhluk hidup untuk berkembang biak dibedakan menjadi dua, yaitu :

a. Generatif , yaitu peristiwa terbentuknya individu baru yang didahului oleh pembuahan ( fertilisasi ) , peembuahan berarti meleburnya sel kelamin jantan dengan betina untuk membentuk zigot , contoh : cacing, rayap, katak, lebah dll

b. Vegetatif yaitu cara berkembang biak tanpa perkawinan, jadi tidakmeliatkan sel gamet atau sel kelami, contoh peremangan vegetatif : tunas, membelah diri, spora, umbi geragih

7. ADAPTASI
Untuk dapat bertahan hidup di lingkungannya, makhluk hidup harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya,Tempat hidup bagi makhluk hidup dapat melakukan aktifitasnya disebut habitat.Apabila makhluk hidup tersebut tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya maka akan mati atau bisa harus berpindah ke lingkungan yang baru.

8. MEMERLUKAN SUHU TERTENTU
SEmua makhuk hidup dapat bertahan pada suhu tertentu, ikan dapat hidup pada air yang bersuhu antara 5 derajat celcius sampai dengan 30 derajat. untuk jenis bakteri dapat sampai suhu 80 derajat, sedangkan tumbuhan dapat hidup baik antara suhu 0 - 43 derajat celcius.

9. MENGELUARKAN ZAT SISA ( sekresi )
Zat sisa dari proses produksi harus dikeluarkan, jika tidak akan menimbulkan racun di dalam tubuh.Zat sisa yang dikeluarkan bisa berupa cairan, gas ataupun zat padat.
Alat pengeluaran zat sisa pada hewan atau manusia , yaitu :
a. Paru paru mengeluarkan CO2
b. Kulit mengeluarkan keringat
c. Ginjal mengeluarkan uriine

Tagged As:

ciri-ciri makhluk hidup - ciri ciri makhluk hidup - ciri-ciri mahluk hidup - ciri makhluk hidup - ciri ciri mahluk hidup - makhluk hidup - ciri - ciri makhluk hidup - ciri-ciri mahkluk hidup - pengertian makhluk hidup - ciri mahluk hidup -

No related posts.



41 Responses to Ciri ciri makhluk hidup

rosyid ridhlo

July 14th, 2010 at 12:26 pm

makasih om infonya bisa membantu anak aq belajar

dzaky_imam_mahdi

July 23rd, 2010 at 5:24 am

maksih ya… jdi nya aq tau ciri ciri mahkluk hidup

Viori Dhea Vanessa

September 23rd, 2010 at 11:42 am

lengkap sih,,,tpi law g slah gerakan pda tumbuhan itu ad namanya n trbagi tiga,,, pi aq g ada baca itu tdi :( (

wendy achmmad

October 17th, 2010 at 7:25 am

Hei Bro … saya rasa ciri-ciri di atas bukan ciri-ciri makhluk hidup, tetapi hanya aktivitas makhluk hidup saja … soalnya bakteri tidak mengalami pertumbuhan, dan tidak bereproduksi pun mereka tetap hidup … semoga sukses …

sonia adelia indriani

October 21st, 2010 at 6:21 am

bagus .. bagus bagusss …. jddi akku bissa ngerjain tugas eanx d.kassih sma KEPSEK …
makasih …..

nida ayu andarini

October 21st, 2010 at 6:25 am

very good …
akku bisa ngerjain semua eanx KEPSEK tugasin ke akku ……
thank’s ….

soeradja

November 2nd, 2010 at 7:18 pm

siiiiiiiiiiip bagus.
trims yah

diogokillz@rocktmail.com

November 4th, 2010 at 8:30 am

Tnx ea ,.,.,

tpoi da gug ni cgat pb ???

Avatar

Klasifikasi Makhluk Hidup « Back To School

November 9th, 2010 at 10:00 am

[...] Mendeskripsikan ciri ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap tiap jenis, agar mudah [...]

Avatar

ciri-ciri makhluk hidup « rownaldy

November 13th, 2010 at 5:34 pm

[...] [...]

dhia krendt

November 21st, 2010 at 5:24 am

muakasih bnyakz y y,,,
aqw jdi tw ttg ciri2 makhluk hidup di indonesia….

rIcHa jEnItA

November 23rd, 2010 at 8:06 am

eHhHmM,,,,….nMbAh wA2sAn nIch…,,,!!!!!

elni cayank kakax

December 8th, 2010 at 12:24 pm

thanks atas ciri-ciri makhluk hidupx

farah ben yahya

December 18th, 2010 at 6:15 am

thanks yya
akku jdi tauw dan ingedt agy ciri” mahkluk hidup
^_^

Fadil

December 20th, 2010 at 2:15 am

makasih jadi aku bisa ngerjain tugas

Avatar

ciri-ciri makhluk hidup | niluhretna

December 21st, 2010 at 11:10 am

[...] Ciri ciri makhluk hidup [...]

ananda tiara

February 18th, 2011 at 5:57 am

makasih . . .
karna ini aku semakin tahu tentang mahkluk hidup dan aku bisa ngerjain tugas . .
ini komplit banget lho !!!

yuniarti

February 23rd, 2011 at 9:14 pm

syukran, ana terbantu dengan kerja antum

anonim

March 2nd, 2011 at 12:40 pm

wahh terima kasih yaw info.a

Avatar

Ciri-ciri mahluk hidup « ihsanghiandy

March 10th, 2011 at 9:19 am

[...] Ciri ciri makhluk hidup – Makhluk hidup memiliki ciri ciri yang membedakan dengan benda mati, yaitu : [...]

rizky

April 5th, 2011 at 11:38 am

good” ,i like it

undink

June 1st, 2011 at 3:31 am

Apakah tumbuhan memenuhi ciri-ciri gerak dan bereaksi terhadap rangsang? jelaskan!

bambang putra

July 15th, 2011 at 11:10 am

makazieh ea

edi siswanto

July 16th, 2011 at 11:23 am

tank”s banget..lho..!jadi nggak mumet

awal jie

July 17th, 2011 at 2:30 pm

maksih ya om. atas inFOx jD akU Bisa ngerjain TUgas IPA deh

m.arul

July 19th, 2011 at 12:49 pm

tek’s atas bantuan y

bobby

July 24th, 2011 at 11:53 am

thx ya, akhirnya PR bisa kelar

ruhama

July 28th, 2011 at 11:39 am

makasih ^^

Nura

August 23rd, 2011 at 4:14 am

makasih yaeeeeeee … ngrjain tugas jdi lancar ;; tpi perlu lbh bnyk lgi :(

Dicky Hanggareksa Indi

September 10th, 2011 at 1:57 pm

coba lebih banyak :’(
tapi lumayaaannnnnnnnn :D

Bobby

September 13th, 2011 at 1:57 pm

Thanks ya….. Jadinya aku bisa lebih tau tentang characteristic of life/ciri ciri makhluk hidup…….. :D :D :D :D :D :D

masruhen

September 15th, 2011 at 2:38 am

lebih bagus lagi klo sumber/pustakanya dicantumkan…lebih valid…

yulia wulanuari

October 4th, 2011 at 2:01 am

thank’s ..
akhir nya gw bisa ngerjain TUGAS dengan MUDAH .. :)

danielwellypangaibuan

October 5th, 2011 at 5:13 am

say jadi bisa ngerjakan PR

arif

October 16th, 2011 at 12:09 pm

pant+k
kalian…..

Avatar

Ciri-Ciri Makhluk Hidup « Dwisetiati's Blog

October 24th, 2011 at 2:39 pm

ranie....

October 27th, 2011 at 7:49 am

aq mau cari gambarx tpi kog.. 3 da y, tpi aw ska kog..

salsa auchiska

November 10th, 2011 at 9:42 am

bagus…. jd bs ngopi dech….
makasih ya…:P

Lia Agustina

November 28th, 2011 at 7:32 am

bagus lumayan lengkap
sklian da contohnya jg

romi saharah cliquer persibsalawas

November 28th, 2011 at 12:04 pm

mksihhh berkat inii tugas saya bisa terjawabbbb

meisha

December 1st, 2011 at 9:48 am

hhhuuuuffftt ….

Comment Form