Panduan membuat blog

Perkembangan islam di indonesia - Agama Islam masuk ke Indonesia dimulai dari daerah pesisir pantai, kemudian diteruskan ke daerah pedalaman oleh para ulama atau penyebar ajaran Islam. Mengenai kapan Islam masuk ke Indonesia dan siapa pembawanya terdapat beberapa teori yang mendukungnya. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak uraian materi berikut ini

A. Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di indonesia

Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia menurut Ahmad Mansur Suryanegara dalam bukunya yang berjudul Menemukan Sejarah, terdapat 3 teori yaitu teori Gujarat, teori Makkah dan teori Persia. Ketiga teori tersebut di atas memberikan jawaban tentang permasalah waktu masuknya Islam ke Indonesia, asal negara dan tentang pelaku penyebar atau pembawa agama Islam ke Nusantara.
Untuk mengetahui lebih jauh dari teori-teori tersebut, silahkan Anda simak uraian materi berikut ini.

1. Teori Gujarat

Teori berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad 13 dan pembawanya berasal dari Gujarat (Cambay), India. Dasar dari teori ini adalah:
a. Kurangnya fakta yang menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebaran Islam di Indonesia.

b. Hubungan dagang Indonesia dengan India telah lama melalui jalur Indonesia – Cambay – Timur Tengah – Eropa.

c. Adanya batu nisan Sultan Samudra Pasai yaitu Malik Al Saleh tahun 1297 yang bercorak khas Gujarat. Pendukung teori Gujarat adalah Snouck Hurgronye, WF Stutterheim dan Bernard H.M. Vlekke. Para ahli yang mendukung teori Gujarat, lebih memusatkan perhatiannya pada saat timbulnya kekuasaan politik Islam yaitu adanya kerajaan Samudra Pasai. Hal ini juga bersumber dari keterangan Marcopolo dari Venesia (Italia) yang pernah singgah di Perlak ( Perureula) tahun 1292. Ia menceritakan bahwa di Perlak sudah banyak penduduk yang memeluk Islam dan banyak pedagang Islam dari India yang menyebarkan ajaran Islam.

Demikianlah penjelasan tentang teori Gujarat. Silahkan Anda simak teori berikutnya.

2. Teori Makkah

Teori ini merupakan teori baru yang muncul sebagai sanggahan terhadap teori lama yaitu teori Gujarat. Teori Makkah berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7 dan pembawanya berasal dari Arab (Mesir).
Dasar teori ini adalah:

a. Pada abad ke 7 yaitu tahun 674 di pantai barat Sumatera sudah terdapat perkampungan Islam (Arab); dengan pertimbangan bahwa pedagang Arab sudah mendirikan perkampungan di Kanton sejak abad ke-4. Hal ini juga sesuai dengan berita Cina.

b. Kerajaan Samudra Pasai menganut aliran mazhab Syafi’i, dimana pengaruh mazhab Syafi’i terbesar pada waktu itu adalah Mesir dan Mekkah. SedangkanGujarat/India adalah penganut mazhab Hanafi.

c. Raja-raja Samudra Pasai menggunakan gelar Al malik, yaitu gelar tersebut berasal dari Mesir. Pendukung teori Makkah ini adalah Hamka, Van Leur dan T.W. Arnold. Para ahli yang mendukung teori ini menyatakan bahwa abad 13 sudah berdiri kekuasaan politik Islam, jadi masuknya ke Indonesia terjadi jauh sebelumnya yaitu abad ke 7 dan yang berperan besar terhadap proses penyebarannya adalah bangsa Arab sendiri. Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah memahami? Kalau sudah paham simak

3. Teori Persia

Teori ini berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia abad 13 dan pembawanya berasal dari Persia (Iran). Dasar teori ini adalah kesamaan budaya Persia dengan budaya masyarakat Islam Indonesia seperti:

a. Peringatan 10 Muharram atau Asyura atas meninggalnya Hasan dan Husein cucu Nabi Muhammad, yang sangat di junjung oleh orang Syiah/Islam Iran. Di Sumatra Barat peringatan tersebut disebut dengan upacara Tabuik/Tabut. Sedangkan di pulau Jawa ditandai dengan pembuatan bubur Syuro.

b. Kesamaan ajaran Sufi yang dianut Syaikh Siti Jennar dengan sufi dari Iran yaitu Al – Hallaj.

c. Penggunaan istilah bahasa Iran dalam sistem mengeja huruf Arab untuk tanda- tanda bunyi Harakat.

d. Ditemukannya makam Maulana Malik Ibrahim tahun 1419 di Gresik.

e. Adanya perkampungan Leren/Leran di Giri daerah Gresik. Leren adalah nama salah satu Pendukung teori ini yaitu Umar Amir Husen dan P.A. Hussein Jayadiningrat.

Ketiga teori tersebut, pada dasarnya masing-masing memiliki kebenaran dan kelemahannya. Maka itu berdasarkan teori tersebut dapatlah disimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia dengan jalan damai pada abad ke – 7 dan mengalami perkembangannya pada abad 13. Sebagai pemegang peranan dalam penyebaran Islam adalah bangsa Arab, bangsa Persia dan Gujarat (India). Demikianlah uraian materi tentang proses masuknya Islam ke Indonesia.

Proses masuk dan berkembangnya Islam ke Indonesia pada dasarnya dilakukan dengan jalan damai melalui beberapa jalur/saluran yaitu melalui perdagangan seperti yang dilakukan oleh pedagang Arab, Persia dan Gujarat. Pedagang tersebut berinteraksi/bergaul dengan masyarakat Indonesia. Pada kesempatan tersebut dipergunakan untuk menyebarkan ajaran Islam. Selanjutnya diantara pedagang tersebut ada yang terus menetap, atau mendirikan perkampungan, seperti pedagang Gujarat mendirikan perkampungan Pekojan. Dengan adanya perkampungan pedagang, maka interaksi semakin sering bahkan
ada yang sampai menikah dengan wanita Indonesia, sehingga proses penyebaran Islam semakin cepat berkembang.

Perkembangan Islam yang cepat menyebabkan muncul tokoh ulama atau mubaliqh yang menyebarkan Islam melalui pendidikan dengan mendirikan pondok-pondok pesantren.

Pondok pesantren adalah tempat para pemuda dari berbagai daerah dan kalangan masyarakat menimba ilmu agama Islam. Setelah tammat dari pondok tersebut, maka para pemuda menjadi juru dakwah untuk menyebarkan Islam di daerahnya masing- masing. Di samping penyebaran Islam melalui saluran yang telah dijelaskan di atas, Islam
juga disebarkan melalui kesenian, misalnya melalui pertunjukkan seni gamelan ataupun wayang kulit. Dengan demikian Islam semakin cepat berkembang dan mudah diterima oleh rakyat Indonesia.

Proses penyebaran Islam di Indonesia atau proses Islamisasi tidak terlepas dari peranan para pedagang, mubaliqh/ulama, raja, bangsawan atau para adipati. Di pulau Jawa, peranan mubaliqh dan ulama tergabung dalam kelompok para wali yang dikenal dengan sebutan Walisongo atau wali sembilan yang terdiri dari:

1. Maulana Malik Ibrahim dikenal dengan nama Syeikh Maghribi menyebarkan Islam di Jawa Timur.

2. Sunan Ampel dengan nama asli Raden Rahmat menyebarkan Islam di daerah Ampel Surabaya.

3. Sunan Bonang adalah putra Sunan Ampel memiliki nama asli Maulana Makdum Ibrahim, menyebarkan Islam di Bonang (Tuban).

4. Sunan Drajat juga putra dari Sunan Ampel nama aslinya adalah Syarifuddin, menyebarkan Islam di daerah Gresik/Sedayu.

5. Sunan Giri nama aslinya Raden Paku menyebarkan Islam di daerah Bukit Giri (Gresik)

6. Sunan Kudus nama aslinya Syeikh Ja’far Shodik menyebarkan ajaran Islam di daerah Kudus.

7. Sunan Kalijaga nama aslinya Raden Mas Syahid atau R. Setya menyebarkan ajaran Islam di daerah Demak.

8. Sunan Muria adalah putra Sunan Kalijaga nama aslinya Raden Umar Syaid menyebarkan islamnya di daerah Gunung Muria.

9. Sunan Gunung Jati nama aslinya Syarif Hidayatullah, menyebarkan Islam di Jawa Barat (Cirebon)

Demikian sembilan wali yang sangat terkenal di pulau Jawa, Masyarakat Jawa sebagian memandang para wali memiliki kesempurnaan hidup dan selalu dekat dengan Allah, sehingga dikenal dengan sebutan Waliullah yang artinya orang yang dikasihi Allah

Tagged As:

perkembangan islam di indonesia - sejarah perkembangan islam di indonesia - perkembangan islam - perkembangan islam di nusantara - sejarah perkembangan islam - islam di indonesia - perkembangan agama islam di indonesia - sejarah perkembangan islam di nusantara - penyebaran islam di indonesia - sejarah masuknya islam di indonesia -

Related posts:

  1. Sejarah perkembangan komputer
  2. Membuat email yahoo indonesia


39 Responses to Perkembangan islam di indonesia

denjaka

April 30th, 2010 at 2:49 pm

Saya pendukung teori Gujarat-Persia, adalah pembawa islam pertama di Indonesia.

Saya sangat setuju sekali dengan teori bahwa Syekh Siti Jenar adalah mata rantai ulama hikmah terakhir setelah Ibnu Arabi, Suhrawardi, Rumi, Sabzawari, dan Al-Hallaj. Hal ini membuktikan bahwa aliran hikmah adalah aliran islam yang pertamakali mampu mengislamkan nusantara dengan jalan damai. Hal ini logis denga realitas bahwa di Indonesia inilah satu-satunya tempat dakwah islam dengan jalan damai di dunia ini.

Pada waktu itu, ajaran mistisisme budha, hindu, zoroaster tingkat tinggi sudah dikuasai oleh penduduk pribumi nusantara, maka ajaran islam yang juga memiliki kandungan hikmah, irfan, mistis, filsafat dan logika yang lebih tinggi saja yang mampu memikat masyarakat nusantara saat itu untuk kemudian berpindah memeluknya.

agung

July 8th, 2010 at 5:53 pm

menilik sejarah perkembangan agama islam di Indonesia, sebaiknya dilihat dari sejarah itu sendiri dengan semestinya, jadi apabila bukti-bukti yang dimunculkan itu terjadi sebelum tahun 1945,janglah disebut sebagai keindonesiaan… sebaiknya tertulis penyebaran agama islam di daratan sumatra, di bumi jawa dan seterusnya…dengan demikian tidak akan menimbulkan salah tafsir atau terlalu PD bagi para pembaca sekalian…

agung

July 8th, 2010 at 6:08 pm

usul saya mengenai tulisan ini adalah, judul artikel sebaiknya di ganti menjadi perkembangan islam di nusantara dan memasukkan teori walisongo menjadi poin tersendiri didalam bab penyebaran agama islam di jawa…sebagai tambahan, bukti-bukti perkembangan budaya islam di jawa yang berhasil memunculkan tradisi islam di jawa selama ini dapat juga di gunakan sebagai dasar untuk memahami otentisitas asal muasal para penyebar agama islam misalnya dengan mengutip tradisi perayaan idul fitri yang lebih meriah dari pada idul qurban, kemeriahan petasan,memakai baju baru, membersihkan rumah dan studi bentuk makam para penyebar agama tersebut.

kandar

September 29th, 2010 at 12:05 pm

kenapa tidak ditambah lagi satu teori yaitu teori dari cina, kenapa teori dari cina ini tdk pernah disingung….kalo pd jaman orba fakta yg satu ini sengaja ditutupi oleh penguasa yg entah apa maksud nya… padahal teori dr cina inilah yg didukung dgn bukti konkret dan faktanya tdk dpt dipungkiri lagi….sudah saatnya kita sbg generasi muda negeri ini mengali sejarah bgsa ini dgn sebenar2nya tanpa hrs menambah atau mengurangi fakta yg ada, sdh saatnya kita hrs jujur dgn nurani sendiri dan berani menerima sesuatu fakta tanpa hrs merasa malu atau apalah namanya…. coba penulis belajar sejarahnya laksamana cheng ho mubalig asal cina yg berjasa dlm menyebarkan islam di asia tenggrar khususnya indonesia…..yg jelas dgn bukti sejarah yg konkret serta dpt ditelusuri keberadaanya, bukan berdasarkan dugaan atau rekayasa….. sdh saatnya kita kembali kepada sejarah yg sebenar2nya…sbg sedikit bukti, baju koko ,petasan dan yg tidak ada di arab ataupun india adalah BEDUK…yg mana beduk hanya dijumpai pada kebudayaan cina…..sajikanlah sejarah secara utuh jangan sepotong2 apalagi menutupi sebagian yg lain hanya karena ego atau malu mengakui kebenarannya…….wassallam.

dhraniel

November 3rd, 2010 at 3:00 am

douckh nyari_nyari proses metode perkembngan islam v tak da yackh…….

Avatar

Perkembangan Islam Di Indonesia | aditsmkn36

November 6th, 2010 at 3:01 pm

[...] Perkembangan islam di indonesia [...]

itil

November 15th, 2010 at 8:12 am

islam ktp aja ath coyyyyy

achi lavioola sagitha

November 15th, 2010 at 8:13 am

menurut pandangan saya islam agama saya jadi bagus lah pokona mah

dhika imut

December 6th, 2010 at 4:10 am

ALLAHU AKBAR !!

Najib al subari

December 21st, 2010 at 9:40 am

Islam merupakan salah satu agama besar di dunia saat ini. Agama ini lahir dan berkembang di Tanah Arab. Pendirinya ialah Muhammad. Agama ini lahir salah satunya sebagai reaksi atas rendahnya moral manusia pada saat itu. Manusia pada saat itu hidup dalam keadaan moral yang rendah dan kebodohan (jahiliah). Mereka sudah tidak lagi mengindahkan ajaran-ajaran nabi-nabi sebelumnya. Hal itu menyebabkan manusia berada pada titik terendah. Penyembahan berhala, pembunuhan, perzinahan, dan tindakan rendah lainnya merajalela.

Islam mulai disiarkan sekitar tahun 612 di Mekkah. Karena penyebaran agama baru ini mendapat tantangan dari lingkungannya, Muhammad kemudian pindah (hijrah) ke Madinah pada tahun 622. Dari sinilah Islam berkembang ke seluruh dunia.

Muhammad mendirikan wilayah kekuasaannya di Madinah. Pemerintahannya didasarkan pada pemerintahan Islam. Muhammad kemudian berusaha menyebarluaskan Islam dengan memperluas wilayahnya.

Setelah Muhammad wafat pada tahun 632, proses menyebarluaskan Islam dilanjutkan oleh para kalifah yang ditunjuk Muhammad.

Sampai tahun 750, wilayah Islam telah meliputi Jazirah Arab, Palestina, Afrika Utara, Irak, Suriah, Persia, Mesir, Sisilia, Spanyol, Asia Kecil, Rusia, Afganistan, dan daerah-daerah di Asia Tengah. Pada masa ini yang memerintah ialah Bani Umayyah dengan ibu kota Damaskus.

Pada tahun 750, Bani Umayyah dikalahkan oleh Bani Abbasiyah yang kemudian memerintah sampai tahun 1258 dengan ibu kota di Baghdad. Pada masa ini, tidak banyak dilakukan perluasan wilayah kekuasaan. Konsentrasi lebih pada pengembangan ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan peradaban Islam. Baghdad menjadi pusat perdagangan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan.

Najib al subari

December 21st, 2010 at 9:42 am

Proses Masuk dan Berkembangnya Agama Islam di Indonesia

Sejarah mencatat bahwa kaum pedagang memegang peranan penting dalam persebaran agama dan kebudayaan Islam. Letak Indonesia yang strategis menyebabkan timbulnya bandarbandar perdagangan yang turut membantu mempercepat persebaran tersebut. Di samping itu, cara lain yang turut berperan ialah melalui dakwah yang dilakukan para mubaligh.

Najib al subari

December 21st, 2010 at 9:42 am

Islam merupakan salah satu agama besar di dunia saat ini. Agama ini lahir dan berkembang di Tanah Arab. Pendirinya ialah Muhammad. Agama ini lahir salah satunya sebagai reaksi atas rendahnya moral manusia pada saat itu. Manusia pada saat itu hidup dalam keadaan moral yang rendah dan kebodohan (jahiliah). Mereka sudah tidak lagi mengindahkan ajaran-ajaran nabi-nabi sebelumnya. Hal itu menyebabkan manusia berada pada titik terendah. Penyembahan berhala, pembunuhan, perzinahan, dan tindakan rendah lainnya merajalela.

Islam mulai disiarkan sekitar tahun 612 di Mekkah. Karena penyebaran agama baru ini mendapat tantangan dari lingkungannya, Muhammad kemudian pindah (hijrah) ke Madinah pada tahun 622. Dari sinilah Islam berkembang ke seluruh dunia.

Muhammad mendirikan wilayah kekuasaannya di Madinah. Pemerintahannya didasarkan pada pemerintahan Islam. Muhammad kemudian berusaha menyebarluaskan Islam dengan memperluas wilayahnya.

Setelah Muhammad wafat pada tahun 632, proses menyebarluaskan Islam dilanjutkan oleh para kalifah yang ditunjuk Muhammad.

Sampai tahun 750, wilayah Islam telah meliputi Jazirah Arab, Palestina, Afrika Utara, Irak, Suriah, Persia, Mesir, Sisilia, Spanyol, Asia Kecil, Rusia, Afganistan, dan daerah-daerah di Asia Tengah. Pada masa ini yang memerintah ialah Bani Umayyah dengan ibu kota Damaskus.

Najib al subari

December 21st, 2010 at 9:43 am

. Peranan Para Wali dan Ulama

Salah satu cara penyebaran agama Islam ialah dengan cara mendakwah. Di samping sebagai pedagang, para pedagang Islam juga berperan sebagai mubaligh. Ada juga para mubaligh yang datang bersama pedagang dengan misi agamanya. Penyebaran Islam melalui dakwah ini berjalan dengan cara para ulama mendatangi masyarakat objek dakwah, dengan menggunakan pendekatan sosial budaya. Pola ini memakai bentuk akulturasi, yaitu menggunakan jenis budaya setempat yang dialiri dengan ajaran Islam di dalamnya. Di samping itu, para ulama ini juga mendirikan pesantren-pesantren sebagai sarana pendidikan Islam.

Di Pulau Jawa, penyebaran agama Islam dilakukan oleh Walisongo (9 wali). Wali ialah orang yang sudah mencapai tingkatan tertentu dalam mendekatkan diri kepada Allah. Para wali ini dekat dengan kalangan istana. Merekalah orang yang memberikan pengesahan atas sah tidaknya seseorang naik tahta. Mereka juga adalah penasihat sultan.

Najib al subari

December 21st, 2010 at 9:45 am

Teori Makkah
Teori ini merupakan teori baru yang uncul sebagai sanggahan terhadap teori islam yaitu teori Gujarat. Teori makkah berpendapat bahwa islam masuk ke indonesia pada abad ke 7 dan pembawanya berasal dari arab(mesir). Dasar teori ini adalah :
a. pada abad ke 7 yaitu tahun 674 di pantai barat sumatra sudah terdapat perkampungan di kanton sejak abad ke 4. hal ini juga sesuai dengan berita cina.
b. Raja-raja samudera pasaio menggunakan gelar Al-Malik, yaitu gelar tersebut berasal dari mesir.
c. Pendukung teori makalah ini adalah hamka, van leur dan T.W Arnold. Para ahli yang mendukung teori ini menyataka bahwa abad 13 sudah berdiri kekuaaan politik islam, jadi masuknya ke indonesia terjadi jauh sebelumnya yaitu abad 7 dan yang berperabn besar terhadap proses penyebarannya adalh bangsa arab sendiri.

Najib al subari

December 21st, 2010 at 9:46 am

. Pengaruh Islam Dalam Adat Istiadat Di Indonesia

Adat istiadat di Indonesia yang berkembang dipengaruhi oleh peradaban islam, diantara pengaruh itu adalah ucapan salam yang selalu diucapkan setiap muslim atau penggunaannya juga pada acara-acara resmi pemerintahan yang selalu menggunakan salam berupa kalimat “Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh”. Hal ini menandai adanya pengaruh adat istiadat dalam kehidupan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
Pengaruh penting lainnya adalah berupa ucapan-ucapan kalimat dalam do’a yang merupakan pengaruh dari tradisi islam yang lestari, misalnya ucapan Basmalah ketika akan melakukan suatu pekerjaan.

lauren

January 26th, 2011 at 2:18 pm

lain kli lengkap y
:D
^^
__

Avatar

islam di indonesia « ezztyprazz23

January 27th, 2011 at 2:29 am

[...] Perkembangan islam di indonesia [...]

Avatar

nda61292

January 27th, 2011 at 2:34 am

[...] Perkembangan islam di indonesia [...]

Avatar

SUARA HATI « Ustadz Busran Al-Faathir

March 17th, 2011 at 3:03 am

[...] Perkembangan islam di indonesia [...]

Avatar

Perkembangan islam di indonesia | ciah01

April 23rd, 2011 at 10:45 am

[...] Perkembangan islam di indonesia [...]

bokir

May 17th, 2011 at 7:31 am

Alhamdulillah kita bersyukur bisa mendapat agama yg diridhoi Alloh..siapun penyebarnya dan dari mana ..ga penting..yg past nabi Muhammad SAW dalah rahmatan lilalamin….

arief.listianto

May 27th, 2011 at 7:07 am

ssssssssssssssssssss

adam_abdulah

May 27th, 2011 at 7:08 am

aku hariiiiiii iniiiiiiiiiii lqi bT bNgEt nIIIIIIIIIIIIII

Dyan

June 27th, 2011 at 12:26 am

Kunjung blogku ya,…

islaminbiz

July 12th, 2011 at 10:36 pm

islam masuk ke indonesia dengan dakwah yang teratur seperti yang dilakukan oleh walisongo. begitu juga jaman sebelumnya, sesudahnya sampai hari kiamat.

Nasionalis indo

July 31st, 2011 at 3:07 pm

FAKTA KEHIDUPAN NYATA BANGSA INDONESIA SAAT INI TERJAJAH IMPERIALIS ARABISME ISLAM PALSU DG BERMACAM ATRIBUT SEKTE2/FRONT2/KOMANDO LASKAR TENTARA JIHAD :
Agama Islam yg murni/benar telah ditunggangi & dikotori oleh bangsa Arab jahiliyah aliran ajaran empayar Umayah, Abasiyah, Wahabisme/Salafisme. Penaklukan imperialisme Arab islam PALSU selama 14 abad secara cepat menghancurkan satu kerajaan/negara lalu secara permanen merenggut wilayah besar kerajaan/negara lain secara beranting dimuka bumi. Ini adalah malapetaka kemanusiaan dan malapetaka budaya peradaban yang sangat mengerikan. Penaklukan2 itu dicapai dengan ongkos budaya yang luarbiasa mahalnya. Hancur/hilangnya budaya ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa lain yg sudah ribuan tahun diganti dengan budaya islam arab berupa budaya perang dan kebencian terhadap agama lain. Pribumi harus berbudaya islam & menjadi bangsa kelas dua setelah bangsa arab yg mengaku keturunan habib, karena arab secara egois memiliki budaya menjaga kemurnian genetika, budaya arab menghindari asimilasi gen arab dg gen pribumi. Perkawinan antara lelaki non-arab dengan wanita arab murni dianggap sebagai kriminal sosial. Orang2 Arab ISLAM PALSU mempraktekan segala macam tindakan apartheid terhadap muslim non arab. Orang Arab memandang muslim non-arab sebagai orang asing apapun kelas atau derajat orang itu, memperlakukan mereka dengan cemooh dan jijik. Prajurit muslim non-arab harus berperang dg berjalan kaki, prajurit islam non-arab tidak mendapat hak harta rampasan perang. Mereka tidak boleh berjalan disisi sama dengan orang arab asli, atau duduk dengan tinggi yang sama. Hampir disetiap tempat ada kemah dan mesjid terpisah yg dibangun khusus untuk memisahkan arab dengan non-arab. Ini jelas praktek budaya arab yg imperialis & “penghianat” terhadap ajaran kitabsuci tentang kesamaan derajat. Budaya arab yg tidak konsisten dg ajaran islam adalah suatu bukti bahwa budaya arab bukanlah budaya islam, sedangkan bangsa arab telah menghancurkan budaya pribumi yg lebih baik dalam kesetaraan budipekerti dan tatakrama. Didalam ajaran islam apa sangsinya jika menghianati ajaran kitabsuci?
Doktrinasi cloning cuci otak ajaran islam arab adalah benci orang non-islam, menganggap non-islam sebagai akibat nilai2 barat yang asing, tapi mereka tidak bisa berkaca pada diri mereka, yang sebenarnya adalah “pengkhianat” budaya nenek moyang mereka sendiri.
Setelah Rasullullah wafat, agama islam berubah diselewengkan menjadi empayar/kerajaan imperialisme arabisme islam palsu berkedok agama menjajah dunia dan mengubah budaya bangsa2 dg doktrin jihad/perang sehingga menimbulkan reaksi agama dan bangsa2 dunia untuk mempertahankan diri dan terciptalah perang salib, zionisme, kapitalisme ekonomi, komunisme, nasionalisme, operasi intelijen tiap Negara, perang adudomba antar sekte/aliran agama sesama islam.

Ichi

August 8th, 2011 at 7:31 am

knp secara sosial tdk ada ?
pada hal saya perlu itubutk tugas saya !

Ichi

August 8th, 2011 at 7:32 am

knp secara sosial tdk ada ?
pada hal saya perlu itu utk tugas saya !

asmin karris

August 15th, 2011 at 3:34 am

Terima Kasih, bisa untuk bahan materi Pesantren Kilat !

devyna

August 18th, 2011 at 3:07 am

haduuuh q kok gak nyambung yaaaaa……!!!!

musafir

September 21st, 2011 at 8:46 am

apakah perjuangan islam hanya sampai disini?apakah islam sudah runtuh,karena ketidak adaanya Nabi dan para sahabat Nabi yang menuntun kita?pendapat saya tdk.Kita yang harus melanjutkannya.

musafir

September 21st, 2011 at 8:49 am

sejauh mana perkembanga islam di INDONESIA?

musafir

September 21st, 2011 at 8:52 am

kita orang islam banyak tetapi td-idak bisa berbuat banyak.mengingatkan sesama wajibkan.tetapi kenapa ada yang tidak setuju.

raaysa faraa diba

October 16th, 2011 at 6:09 am

bagoosshh seepph membatuu banggets ..
ahaa

Avatar

azizahekbisunisma

October 24th, 2011 at 6:37 am

[...] Perkembangan islam di indonesia – Agama Islam masuk ke Indonesia dimulai dari daerah pesisir pantai, kemudian diteruskan ke daerah pedalaman oleh para ulama atau penyebar ajaran Islam. Mengenai kapan Islam masuk ke Indonesia dan siapa pembawanya terdapat beberapa teori yang mendukungnya. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak uraian materi berikut ini [...]

Avatar

azizahekbisunisma

October 24th, 2011 at 9:42 am

[...] Perkembangan islam di indonesia – Agama Islam masuk ke Indonesia dimulai dari daerah pesisir pantai, kemudian diteruskan ke daerah pedalaman oleh para ulama atau penyebar ajaran Islam. Mengenai kapan Islam masuk ke Indonesia dan siapa pembawanya terdapat beberapa teori yang mendukungnya. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak uraian materi berikut ini A. Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di indonesia [...]

Adelia Prastiti

November 7th, 2011 at 12:22 pm

yaah kok gaada rincian tiap2 kerajaannya??

hasan

December 2nd, 2011 at 1:11 pm

????? ????? ????????? ???????”kepada sudara-saudara seiman dan seagama,menurut saya sejarahtdk terlalu penting bagi saya walaupun kita memang harus tau,itukan hanyalah urusan dunia, yg terpenting bagi saya adalah bagai mana caranya agar semua umat islam ini selamat dari api neraka,sekarang kita tengok pada jaman kita ini, orang-orang sudah jauh dari masjid,maksiat di mana-mana ,nah sekarang kita fikirkan bagai mana caranya agar saudara muslim ummat rosullulloh S.A.W bisa kembali pada keimananya,marilah kita dakwahkan pada mereka, mari ilmu-ilmu kita, kita amalkan ,banyak ilmu tdk ada manfa,atnya apabila tdk di amalkan.

hasapah

January 16th, 2012 at 6:12 am

kdwkew

Comment Form