Sistem pencernaan manusia

Sistem pencernaan manusia bisa dikatakan sistem sempurna untuk mencerna makanan , sistem dari mulut sampai anus sudah tersusun sedemikian rupa sehingga manfaat dari makanan dapat terserap oleh tubuh manusia, energi dari proses ini dimanfaatkan untuk melkukan kegiatan kehidupan yang sebelumnya sudah di bahas di ciri ciri makhluk hidup.

Sistem pencernaan yang terdapat pada manusia :

A. Rongga mulut

Di dalam rongga mulut terdapat gii , lidah dan juga kelenjar lidah. Gigi pada anak anak disebut gigi susu ( gigi sulung ). jumlah dari gigi anak anak berjumlah dua puluh ( 20 ) buah yang terdiri dari 8 buah gigi seri 4 buah gigi taringdangeraham 8 buah, setelah berumur 6 – 14 tahun gigi susu diganti dengan gigi tetap, jumlahnya 8 gigi seri 4 gigi taring , 8 buah gigi geraham dan 12 geraham belakang.

Fungsi gigi :
a. Gigi seri berfungsi untukmemotong makanan
b. Gi gitaring berfungsi merobekmakanan
c. Geraham berfungsi untuk mengunyah makanan

Fungsi lidah :
a. Sebagai pengecap rasa makanan
b. Sebagai laat pemindah makanan
c. Sebagai alat bantu menelanmakanan

Kelenjar ludah menghasilkan ludah ( saliva ) sebanyak 2,5 liter per harinya. Di dalam rongga mulut terdapat 3 pasang kelenjar ludah, yaitu kelenjar ludah parotis,kelenjar ludah rahang bawah dan kelenjar ludah bawah lidah, Ludah merupakan cairan pekat yang mengandung air, lendir, garam dan enzim ptialin ( amilase )

B. Kerongkongan ( esofagus )

Kerongkongan menghubungkan mulut dengan lambung, pada kerongkongan terdapat faring ( tekak ) yang merupakan persimpangan antara tenggorok dengan kerongkongan.Pada pangkal farng terdapat epiglotis ( katup pangkal teggorok )

C. Lambung ( ventrikulus )

Lambung atau ventrikulus berupa suatu kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan. Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerah kardia, fundus dan pilorus. Kardia adalah bagian atas, daerah pintu masuk makanan dari kerongkongan . Fundus adalah bagian tengah, bentuknya membulat. Pilorus adalah bagianbawah, daerah yang berhubungan dengan usus 12 jari (duodenum).

Di dalam lambung, makanan dicerna secara kmiawi. Dinding lambung tersusun dari tiga lapisan otot, yakni otot melingkar, memanjang dan menyerong. Kontraksi dan ketiga macam lapisan otot tersebut mengakibatkan gerak peristaltik (gerak menggelombang). Gerak peristaltik menyebabkan makanan di dalam lambung diaduk-aduk.

Di bagian dinding lambung sebelah dalam terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan getah lambung. Aroma, bentuk, warna, dan selera terhadap makanan secara refleks akan menimbulkan sekresi getah lambung. Getah lambung mengandung asam lambung (HCI), pepsin, musin, dan renin. Asam lambung berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin. Pepsin merupakan enzim yang dapat mengubah protein menjadi molekul yang lebih kecil. Musin merupakan mukosa protein yang melicinkan makanan. Renin merupakan enzim khusus yang hanya terdapat pada mamalia, berperan sebagai kaseinogen menjadi kasein. Kasein digumpalkan oleh Ca²+ dari susu sehingga dapat dicerna oleh pepsin. Tanpa adanya reninm sus yang berwujud cair akan lewat begitu saja di dalam lambuing dan usu tanpa sempat dicerna.

Kerja enzim dan pelumatan oleh otot lambung mengubah makanan menjadi lembut seperti bubur, disebut chyme (kim) atau bubur makanan. Otot lambung bagian pilorus mengatur pengeluaran kim sedikit demi sedikit dalam duodenum. Caranya, otot pilorus yang mengarah ke lambung akan relaksasi (mengendur) jika tersentuk kim yang bersifat asam.Sebaliknya, oto pilorus yang mengarah ke duodenum akan berkontraksi (mengerut) jika tersentu kim. Jadi, misalnya kim yang bersifat asam tiba di pilorus depan, maka pilorus akan membuka, sehingga makanan lewat. Oleh karena makanan asam mengenai pilorus belakang, pilorus menutup. Makanan tersebut dicerna sehingga keasamanya menurun. Makanan yang bersifat basa di belakang pilorus akan merangsang pilorus untuk membuka. Akibatnya, makanan yang asam dari lambung masuk ke duodenum. Demikian seterusnya. Jadi, makanan melewati pilorus menuju duodenum segumpal demi segumpal agar makanan tersebut dapat tercerna efektif. Seteleah 2 sampai 5 jam, lambung kosong kembali.

D. Usus halus ( intestinum tenue )

Usus halus atau usus kecil adalah bagian dari saluran pencernaan yang terletak di antara lambung dan usus besar. Usus halus terdiri dari tiga bagian yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Pada usus dua belas jari terdapat dua muara saluran yaitu dari pankreas dan kantung empedu.

27 comments on “Sistem pencernaan manusia

  1. lukhy wilandari August 24, 2010 2:57 pm

    materi rangkumannya kurang lengkap. aku tunggu ya…

  2. ellen December 2, 2010 8:33 am

    iya, materinya kurag lengkap, tapi uda cukup ko.
    makasih :))

  3. mandala January 2, 2011 2:13 pm

    materix sdh bagus, tp ada sebagian penjelasan yang tidak dicantumkan makasih………!!!!!!!!

  4. bookrey January 4, 2011 12:12 am

    wah pelajaran biologi nih lanjutgan

  5. Ichaa April 3, 2011 3:58 am

    kgk trlalu jelasss

  6. tari July 24, 2011 9:49 am

    kurang lngakp g jelas lagi….tpi udah cukup lahhhh thanks

  7. fauzi September 12, 2011 11:45 am

    kurang jlazz & jg krng lngkp tpi ckup mmbantu dlm hal bljar.q

  8. iicee October 3, 2011 9:31 pm

    .. udahh bnyak ciieh , tpii blum sbegiitu lngkapp >,<
    .. kalo dach tau dd tuliis iiagk ..
    .. makasii :)

  9. Triana Misbah October 11, 2011 11:04 am

    Kurang lengkap,belum ada gambarnya,makasih ya

  10. Agnes Savira October 12, 2011 1:45 pm

    I’m Like It :P :D :O

  11. andi arifin November 3, 2011 2:03 pm

    sanga bermanfaat skali terima kasih banyak

  12. aicha November 27, 2011 3:41 am

    sudah lengkap tp kurang …. :-S

  13. lia November 30, 2011 3:10 am

    sya ingin skli memplajari bidang ipa coz’a sya tdk bsa menguasai bidang ipa.

  14. lia November 30, 2011 3:12 am

    kya’a tentang sistem pencernaan krang lengkap materi’a

  15. Siti Kharismayanti January 11, 2012 3:04 pm

    Terima ksih informasinya, walaupun kurang lengkap tapi ini sangat membantu

  16. febby dwinda putri January 15, 2012 10:46 am

    makasih artikelnya. bisa sedikit membantu!

  17. Johan January 16, 2012 5:41 am

    Senengnya bljar biologi

  18. Suwondo January 16, 2012 5:44 am

    Gk lngkp pembljaranya ,

    jdi gk dpt deh

  19. No Name January 23, 2012 7:19 am

    apa nich, gak ada yag lngkp.
    jdi tdk dpet bahanx

  20. Morgan SM*SH January 23, 2012 7:24 am

    Dari semua yang beri komentar, kalian bisa nonton konser kami.
    kami tunggu kalian yah…
    di bascamp kami jalan Jenderal Sudirman No. 423, Jakarta.

  21. Agung February 15, 2012 9:49 am

  22. uut February 29, 2012 12:51 am

    mana usus besarnya ?????

  23. hengky March 15, 2012 5:43 am

    asyik juga yea
    terima kasih coy…………..

  24. Della April 11, 2012 9:57 am

    Mahakich iia , atash Info’a ,, Hmm .. tapi Masih kurang jelas (ada yg tdk d cantumkan) Jdi , tlng iia di lengkapi !!
    Thx :))

  25. ocha arlina September 29, 2012 8:32 am

    thank you ata infonya , tpi mnurut w klw bisa di tmbh gambar, agar lbh bgs dan terperinci letak2nya

  26. aditya maha dwiantara September 6, 2013 7:09 am

    terima kasih…..:D

Leave a Reply

Your email address will not be published.


4 − two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>