Struktur dan fungsi sel

Struktur dan fungsi sel – Biologi sel adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang sel. Sel sendiri adalah kesatuan structural dan fungsional makhluk hidup dimana keberadaannya sangat berpengaruh terhadap kepribadian dan tingkah laku dari masing masing makhluk hidup

Teori-teori tentang sel

- Robert Hooke (Inggris, 1665) meneliti sayatan gabus di bawah mikroskop. Hasil pengamatannya ditemukan rongga-rongga yang disebut sel (cellula)
- Hanstein (1880) menyatakan bahwa sel tidak hanya berarti cytos (tempat yang berongga), tetapi juga berarti cella (kantong yang berisi)
- Felix Durjadin (Prancis, 1835) meneliti beberapa jenis sel hidup dan menemukan isi dalam, rongga sel tersebut yang penyusunnya disebut “Sarcode”
- Johanes Purkinje (1787-1869) mengadakan perubahan nama Sarcode menjadi Protoplasma
- Matthias Schleiden (ahli botani) dan Theodore Schwann (ahli zoologi) tahun 1838 menemukan adanya kesamaan yang terdapat pada struktur jaringan tumbuhan dan hewan. Mereka mengajukan konsep bahwa makhluk hidup terdiri atas sel . konsep yang diajukan tersebut menunjukkan bahwa sel merupakan satuan structural makhluk hidup.
- Robert Brown (Scotlandia, 1831) menemukan benda kecil yang melayang-layang pada protoplasma yaitu inti (nucleus)
- Max Shultze (1825-1874) ahli anatomi menyatakan sel merupakan kesatuan fungsional makhluk hidup
- Rudolf Virchow (1858) menyatakan bahwa setiap cel berasal dari cel sebelumnya (omnis celulla ex celulla)

Macam Sel Berdasarkan Keadaan Inti

a. sel prokarion, sel yang intinya tidak memiliki membran, materi inti tersebar dalam sitoplasma (sel yang memiliki satu system membran. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah bakteri dan alga biru
b. sel eukarion, sel yang intinya memiliki membran. Materi inti dibatasi oleh satu system membran terpisah dari sitoplasma. Yang termasuk kelompok ini adalah semua makhluk hidup kecuali bakteri dan alga biru

Struktur sel prokariotik lebih sederhana dibandingkan struktur sel eukariotik. Akan tetapi, sel prokariotik mempunyai ribosom (tempat protein dibentuk) yang sangat banyak. Sel prokariotik dan sel eukariotik memiliki beberapa perbedaan sebagai berikut :

Sel Prokariotik
- Tidak memiliki inti sel yang jelas karena tidak memiliki membran inti sel yang dinamakan nucleoid
- Organel-organelnya tidak dibatasi membran
- Membran sel tersusun atas senyawa peptidoglikan
- Diameter sel antara 1-10mm
- Mengandung 4 subunit RNA polymerase
- Susunan kromosomnya sirkuler

Sel Eukariotik
- Memiliki inti sel yang dibatasi oleh membran inti dan dinamakan nucleus
- Organel-organelnya dibatasi membran
- Membran selnya tersusun atas fosfolipid
- Diameter selnya antara 10-100mm
- Mengandungbanyak subunit RNA polymerase
- Susunan kromosomnya linier

Macam Sel Berdasarkan Keadaan Kromosom dan Fungsinya

a. Sel Somatis, sel yang menyusun tubuh dan bersifat diploid
b. Sel Germinal. sel kelamin yang berfungsi untuk reproduksi dan bersifat haploid

Bagian-bagian Sel

- Bagian hidup(komponen protoplasma), terdiri atas inti dan sitoplasma termasuk cairan dan struktur sel seperti : mitokondria, badan golgi, dll
- Bagian mati (inklusio), terdiri atas dinding sel dan isi vakuola

mari kita bahas masing-masing bagian satu per satu

a Dinding sel

Dinding sel hanya terdapat pada sel tumbuhan. Dinding sel terdiri daripada selulosa yang kuat yang dapat memberikan sokongan, perlindungan, dan untuk mengekalkan bentuk sel. Terdapat liang pada dinding sel untuk membenarkan pertukaran bahan di luar dengan bahan di dalam sel.
Dinding sel juga berfungsi untuk menyokong tumbuhan yang tidak berkayu.

Dinding sel terdiri dari Selulosa (sebagian besar), hemiselulosa, pektin, lignin, kitin, garam karbonat dan silikat dari Ca dan Mg.

b. Membran Plasma

Membran sel merupakan lapisan yang melindungi inti sel dan sitoplasma. Membran sel membungkus organel-organel dalam sel. Membran sel juga merupakan alat transportasi bagi sel yaitu tempat masuk dan keluarnya zat-zat yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan oleh sel. Struktur membran ialah dua lapis lipid (lipid bilayer) dan memiliki permeabilitas tertentu sehingga tidak semua molekul dapat melalui membran sel.

Struktur membran sel yaitu model mozaik fluida yang dikemukakan oleh Singer dan Nicholson pada tahun 1972. Pada teori mozaik fluida membran merupakan 2 lapisan lemak dalam bentuk fluida dengan molekul lipid yang dapat berpindah secara lateral di sepanjang lapisan membran. Protein membran tersusun secara tidak beraturan yang menembus lapisan lemak. Jadi dapat dikatakan membran sel sebagai struktur yang dinamis dimana komponen-komponennya bebas bergerak dan dapat terikat bersama dalam berbagai bentuk interaksi semipermanen Komponen penyusun membran sel antara lain adalah phosfolipids, protein, oligosakarida, glikolipid, dan kolesterol.

Salah satu fungsi dari membran sel adalah sebagai lalu lintas molekul dan ion secara dua arah. Molekul yang dapat melewati membran sel antara lain ialah molekul hidrofobik (CO2, O2), dan molekul polar yang sangat kecil (air, etanol). Sementara itu, molekul lainnya seperti molekul polar dengan ukuran besar (glukosa), ion, dan substansi hidrofilik membutuhkan mekanisme khusus agar dapat masuk ke dalam sel.

Banyaknya molekul yang masuk dan keluar membran menyebabkan terciptanya lalu lintas membran. Lalu lintas membran digolongkan menjadi dua cara, yaitu dengan transpor pasif untuk molekul-molekul yang mampu melalui membran tanpa mekanisme khusus dan transpor aktif untuk molekul yang membutuhkan mekanisme khusus.

Transpor pasif

Transpor pasif merupakan suatu perpindahan molekul menuruni gradien konsentrasinya. Transpor pasif ini bersifat spontan. Difusi, osmosis, dan difusi terfasilitasi merupakan contoh dari transpor pasif. Difusi terjadi akibat gerak termal yang meningkatkan entropi atau ketidakteraturan sehingga menyebabkan campuran yang lebih acak. Difusi akan berlanjut selama respirasi seluler yang mengkonsumsi O2 masuk. Osmosis merupakan difusi pelarut melintasi membran selektif yang arah perpindahannya ditentukan oleh beda konsentrasi zat terlarut total (dari hipotonis ke hipertonis). Difusi terfasilitasi juga masih dianggap ke dalam transpor pasif karena zat terlarut berpindah menurut gradien konsentrasinya.

Contoh molekul yang berpindah dengan transpor pasif ialah air dan glukosa. Transpor pasif air dilakukan lipid bilayer dan transpor pasif glukosa terfasilitasi transporter. Ion polar berdifusi dengan bantuan protein transpor.

Transpor aktif

Transpor aktif merupakan kebalikan dari transpor pasif dan bersifat tidak spontan. Arah perpindahan dari transpor ini melawan gradien konsentrasi. Transpor aktif membutuhkan bantuan dari beberapa protein. Contoh protein yang terlibat dalam transpor aktif ialah channel protein dan carrier protein, serta ionophore.

Yang termasuk transpor aktif ialah coupled carriers, ATP driven pumps, dan light driven pumps. Dalam transpor menggunakan coupled carriers dikenal dua istilah, yaitu simporter dan antiporter. Simporter ialah suatu protein yang mentransportasikan kedua substrat searah, sedangkan antiporter mentransfer kedua substrat dengan arah berlawanan. ATP driven pump merupakan suatu siklus transpor Na+/K+ ATPase. Light driven pump umumnya ditemukan pada sel bakteri. Mekanisme ini membutuhkan energi cahaya dan contohnya terjadi pada Bakteriorhodopsin.

c. Mitokondria

Mitokondria adalah tempat di mana fungsi respirasi pada makhluk hidup berlangsung. Respirasi merupakan proses perombakan atau katabolisme untuk menghasilkan energi atau tenaga bagi berlangsungnya proses hidup. Dengan demikian, mitokondria adalah “pembangkit tenaga” bagi sel.

Mitokondria banyak terdapat pada sel yang memilki aktivitas metabolisme tinggi dan memerlukan banyak ATP dalam jumlah banyak, misalnya sel otot jantung. Jumlah dan bentuk mitokondria bisa berbeda-beda untuk setiap sel. Mitokondria berbentuk elips dengan diameter 0,5 µm dan panjang 0,5 – 1,0 µm. Struktur mitokondria terdiri dari empat bagian utama, yaitu membran luar, membran dalam, ruang antar membran, dan matriks yang terletak di bagian dalam membran [Cooper, 2000].

Membran luar terdiri dari protein dan lipid dengan perbandingan yang sama serta mengandung protein porin yang menyebabkan membran ini bersifat permeabel terhadap molekul-molekul kecil yang berukuran 6000 Dalton. Dalam hal ini, membran luar mitokondria menyerupai membran luar bakteri gram-negatif. Selain itu, membran luar juga mengandung enzim yang terlibat dalam biosintesis lipid dan enzim yang berperan dalam proses transpor lipid ke matriks untuk menjalani ?-oksidasi menghasilkan Asetil KoA.

Membran dalam yang kurang permeabel dibandingkan membran luar terdiri dari 20% lipid dan 80% protein. Membran ini merupakan tempat utama pembentukan ATP. Luas permukaan ini meningkat sangat tinggi diakibatkan banyaknya lipatan yang menonjol ke dalam matriks, disebut krista [Lodish, 2001]. Stuktur krista ini meningkatkan luas permukaan membran dalam sehingga meningkatkan kemampuannya dalam memproduksi ATP. Membran dalam mengandung protein yang terlibat dalam reaksi fosforilasi oksidatif, ATP sintase yang berfungsi membentuk ATP pada matriks mitokondria, serta protein transpor yang mengatur keluar masuknya metabolit dari matriks melewati membran dalam.

Ruang antar membran yang terletak diantara membran luar dan membran dalam merupakan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi yang penting bagi sel, seperti siklus Krebs, reaksi oksidasi asam amino, dan reaksi ?-oksidasi asam lemak. Di dalam matriks mitokondria juga terdapat materi genetik, yang dikenal dengan DNA mitkondria (mtDNA), ribosom, ATP, ADP, fosfat inorganik serta ion-ion seperti magnesium, kalsium dan kalium

d. Lisosom

Lisosom adalah organel sel berupa kantong terikat membran yang berisi enzim hidrolitik yang berguna untuk mengontrol pencernaan intraseluler pada berbagai keadaan. Lisosom ditemukan pada tahun 1950 oleh Christian de Duve dan ditemukan pada semua sel eukariotik. Di dalamnya, organel ini memiliki 40 jenis enzim hidrolitik asam seperti protease, nuklease, glikosidase, lipase, fosfolipase, fosfatase, ataupun sulfatase. Semua enzim tersebut aktif pada pH 5. Fungsi utama lisosom adalah endositosis, fagositosis, dan autofagi.

- Endositosis ialah pemasukan makromolekul dari luar sel ke dalam sel melalui mekanisme endositosis, yang kemudian materi-materi ini akan dibawa ke vesikel kecil dan tidak beraturan, yang disebut endosom awal. Beberapa materi tersebut dipilah dan ada yang digunakan kembali (dibuang ke sitoplasma), yang tidak dibawa ke endosom lanjut. Di endosom lanjut, materi tersebut bertemu pertama kali dengan enzim hidrolitik. Di dalam endosom awal, pH sekitar 6. Terjadi penurunan pH (5) pada endosom lanjut sehingga terjadi pematangan dan membentuk lisosom.

- Proses autofagi digunakan untuk pembuangan dan degradasi bagian sel sendiri, seperti organel yang tidak berfungsi lagi. Mula-mula, bagian dari retikulum endoplasma kasar menyelubungi organel dan membentuk autofagosom. Setelah itu, autofagosom berfusi dengan enzim hidrolitik dari trans Golgi dan berkembang menjadi lisosom (atau endosom lanjut). Proses ini berguna pada sel hati, transformasi berudu menjadi katak, dan embrio manusia.

- Fagositosis merupakan proses pemasukan partikel berukuran besar dan mikroorganisme seperti bakteri dan virus ke dalam sel. Pertama, membran akan membungkus partikel atau mikroorganisme dan membentuk fagosom. Kemudian, fagosom akan berfusi dengan enzim hidrolitik dari trans Golgi dan berkembang menjadi lisosom (endosom lanjut).

e. Badan Golgi

Badan Golgi (disebut juga aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Organel ini terdapat hampir di semua sel eukariotik dan banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal. Setiap sel hewan memiliki 10 hingga 20 badan Golgi, sedangkan sel tumbuhan memiliki hingga ratusan badan Golgi. Badan Golgi pada tumbuhan biasanya disebut diktiosom.

Badan Golgi ditemukan oleh seorang ahli histologi dan patologi berkebangsaan Italia yang bernama Camillo Golgi.

beberapa fungsi badan golgi antara lain :

1. Membentuk kantung (vesikula) untuk sekresi. Terjadi terutama pada sel-sel kelenjar kantung kecil tersebut, berisi enzim dan bahan-bahan lain.
2. Membentuk membran plasma. Kantung atau membran golgi sama seperti membran plasma. Kantung yang dilepaskan dapat menjadi bagian dari membran plasma.
3. Membentuk dinding sel tumbuhan
4. Fungsi lain ialah dapat membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur dan pembentukan lisosom.
5. Tempat untuk memodifikasi protein
6. Untuk menyortir dan memaket molekul-molekul untuk sekresi sel
7. Untuk membentuk lisosom

f. Retikulum Endoplasma

RETIKULUM ENDOPLASMA (RE) adalah organel yang dapat ditemukan di seluruh sel hewan eukariotik.

Retikulum endoplasma memiliki struktur yang menyerupai kantung berlapis-lapis. Kantung ini disebut cisternae. Fungsi retikulum endoplasma bervariasi, tergantung pada jenisnya. Retikulum Endoplasma (RE) merupakan labirin membran yang demikian banyak sehingga retikulum endoplasma melipiti separuh lebih dari total membran dalam sel-sel eukariotik. (kata endoplasmik berarti “di dalam sitoplasma” dan retikulum diturunkan dari bahasa latin yang berarti “jaringan”).

Ada tiga jenis retikulum endoplasma:
RE kasar Di permukaan RE kasar, terdapat bintik-bintik yang merupakan ribosom. Ribosom ini berperan dalam sintesis protein. Maka, fungsi utama RE kasar adalah sebagai tempat sintesis protein. RE halus Berbeda dari RE kasar, RE halus tidak memiliki bintik-bintik ribosom di permukaannya. RE halus berfungsi dalam beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan, dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel. RE sarkoplasmik RE sarkoplasmik adalah jenis khusus dari RE halus. RE sarkoplasmik ini ditemukan pada otot licin dan otot lurik. Yang membedakan RE sarkoplasmik dari RE halus adalah kandungan proteinnya. RE halus mensintesis molekul, sementara RE sarkoplasmik menyimpan dan memompa ion kalsium. RE sarkoplasmik berperan dalam pemicuan kontraksi otot.

g. Nukleus

Inti sel atau nukleus sel adalah organel yang ditemukan pada sel eukariotik. Organel ini mengandung sebagian besar materi genetik sel dengan bentuk molekul DNA linear panjang yang membentuk kromosom bersama dengan beragam jenis protein seperti histon. Gen di dalam kromosom-kromosom inilah yang membentuk genom inti sel. Fungsi utama nukleus adalah untuk menjaga integritas gen-gen tersebut dan mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen. Selain itu, nukleus juga berfungsi untuk mengorganisasikan gen saat terjadi pembelahan sel, memproduksi mRNA untuk mengkodekan protein, sebagai tempat sintesis ribosom, tempat terjadinya replikasi dan transkripsi dari DNA, serta mengatur kapan dan di mana ekspresi gen harus dimulai, dijalankan, dan diakhiri

h. Plastida

Plastida adalah organel sel yang menghasilkan warna pada sel tumbuhan. ada tiga macam plastida, yaitu :
- leukoplast : plastida yang berbentuk amilum(tepung)
- kloroplast : plastida yang umumnya berwarna hijau. terdiri dari : klorofil a dan b (untuk fotosintesis), xantofil, dan karoten
- kromoplast : plastida yang banyak mengandung karoten

i. Sentriol (sentrosom)

Sentorom merupakan wilayah yang terdiri dari dua sentriol (sepasang sentriol) yang terjadi ketika pembelahan sel, dimana nantinya tiap sentriol ini akan bergerak ke bagian kutub-kutub sel yang sedang membelah. Pada siklus sel di tahapan interfase, terdapat fase S yang terdiri dari tahap duplikasi kromoseom, kondensasi kromoson, dan duplikasi sentrosom.

Terdapat sejumlah fase tersendiri dalam duplikasi sentrosom, dimulai dengan G1 dimana sepasang sentriol akan terpisah sejauh beberapa mikrometer. Kemudian dilanjutkan dengan S, yaitu sentirol anak akan mulai terbentuk sehingga nanti akan menjadi dua pasang sentriol. Fase G2 merupakan tahapan ketika sentriol anak yang baru terbentuk tadi telah memanjang. Terakhir ialah fase M dimana sentriol bergerak ke kutub-kutub pembelahan dan berlekatan dengan mikrotubula yang tersusun atas benang-benang spindel.

j. Vakuola

Vakuola merupakan ruang dalam sel yang berisi cairan (cell sap dalam bahasa Inggris). Cairan ini adalah air dan berbagai zat yang terlarut di dalamnya. Vakuola ditemukan pada semua sel tumbuhan namun tidak dijumpai pada sel hewan dan bakteri, kecuali pada hewan uniseluler tingkat rendah.

fungsi vakuola adalah :
1. memelihara tekanan osmotik sel
2. penyimpanan hasil sintesa berupa glikogen, fenol, dll
3. mengadakan sirkulasi zat dalam sel

Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

1. Sel Hewan :
* tidak memiliki dinding sel
* tidak memiliki butir plastida
* bentuk tidak tetap karena hanya memiliki membran sel yang keadaannya tidak kaku
* jumlah mitokondria relatif banyak
* vakuolanya banyak dengan ukuran yang relatif kecil
* sentrosom dan sentriol tampak jelas

2. Sel Tumbuhan
* memiliki dinding sel
* memiliki butir plastida
* bentuk tetap karena memiliki dinding sel yang terbuat dari cellulosa
* jumlah mitokondria relatif sedikit karena fungsinya dibantu oleh butir plastida
* vakuola sedikit tapi ukurannya besar
* sentrosom dan sentriolnya tidak jelas

Download aplikasi alquran terjemah indonesia GRATIS! DOWNLOAD

155 comments on “Struktur dan fungsi sel

  1. raisa April 5, 2010 5:02 am

    saya mau tanya apakah pengaruh konsentrasi terhadap proses osmosis apakah bila konsenterasi zat gulanya lebih besar atu lebih cepat terosmosis ataukah makin lambat?
    terimakasih sebelumnya jawabanya saya tunggu di e-mail saya

  2. agustinus hadi July 19, 2010 9:36 am

    bagus banget

  3. agustinus hadi July 19, 2010 9:38 am

    oh Ya saya mau tanya apakah di situsini menyimpan dokumen mengena pendidikan seperti rangkuman pelajaran satu tahun (mis: kelas 11 )ga!!

  4. smiles July 19, 2010 2:27 pm

    Kereeennn!!!!!!!!!

    Jelas bgt…. Oh iya,,,,!!

    Perbedaan reticulum endoplasma kasar sama halus ada lebih mendetail lagi ngk?? Mis selain memiliki ribosom,, ada lagi ngk??

  5. riyan July 22, 2010 12:45 pm

    q mau tanx jlskan donk proses respirasi yang berlangsung dalm membran, q tunggu jwabanx di email q ya skrng pleace

  6. shifa July 23, 2010 7:41 am

    mau tanya apa integritas dari membran sel, inti sel sama sitoplasma?

  7. anggrek July 29, 2010 1:54 pm

    tolong jelasin organel sel hewan dan fungsinya donk. . .

  8. Dhieta August 2, 2010 12:15 pm

    q mw tanya tentang contoh2 hipotesis untuk biologi kelas 10 SMA???????
    sbelumnya makasieh

  9. vian August 22, 2010 1:53 pm

    Thx ya,.
    jadi bisa belajar nhi untuk ujian besok.
    ^^

  10. WIDYA September 26, 2010 1:15 pm

    APA BEDA PLASMA SEL DENGAN MEMBRAN SEL

  11. surya September 29, 2010 6:19 am

    apakah sel juga terdapat pada materi yang lain selain mahluk hidup?

  12. zulfendry October 6, 2010 2:06 pm

    you’re statement is BRAVO

  13. fitria October 10, 2010 2:55 pm

    bagus qoq lengkap ……!!!!!!!!!!
    tp da g hasil dari respirasi???????????????/

  14. iim October 12, 2010 2:10 pm

    saya mau tanya ,perbedaan oton manusia dan hewan itu apa

  15. iim October 12, 2010 2:16 pm

    saya mau tanya ,perbedaan otot manusia dan hewan itu apa???

  16. alip October 13, 2010 2:17 pm

    mana lebih cepat reaksi Difusi atau osmosis????

  17. marulam October 18, 2010 2:51 pm

    apakah perbedaan sel kanker dgn sel somatis

  18. viviantira November 7, 2010 4:12 pm

    wah, terbantukan sekali baca site ini,,, terima kasih yaaaa….

  19. evie octaviani lestari November 9, 2010 1:23 am

    saya mau bertanya,tempat sintesa protein dalam di dalam sel di sebut apa ya?????

  20. novi November 10, 2010 4:12 am

    untuk evie :
    tempat sintesa protein dalam sel disebut RIBOSOME

  21. heru supyyana December 15, 2010 4:45 am

    jozzz….lanjutkn..

  22. Viori January 6, 2011 11:34 am

    makacii banyak ya,, ilmu yang berguna untuk membuat pr ku hehehe :)

  23. Aziz Maulana January 10, 2011 10:45 am

    makasih ya … bisa buat tugas biologi ..
    makasih makasih …

  24. sule January 18, 2011 12:23 pm

    oooooooooooooo tidak bisa,…….

  25. valeska oey January 22, 2011 4:47 pm

    great job.. ^^ i could learn these all in a week ehh..
    but is thre another summary or article looked like this? wanna get more naa… thankz

  26. Rizky February 13, 2011 11:27 am

    numpang lewat ja!!!

  27. yang baca berati suka February 13, 2011 1:44 pm

    rizky by1 wan lah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,ribson ya mna neng eliiiiiiis
    cantik cantik cantik minta nomor blh gak,,,,,
    :P :) :|] (^^^) <3 buat kmu yang baik

  28. miah February 20, 2011 10:33 am

    mkcih ya……………………

  29. mada February 22, 2011 8:59 am

    makasih ya :) help me a lot

  30. vita angdraini February 24, 2011 2:40 am

    tolong dijelasin ttg pengertian struktur hewan itu sendiri ya..
    aQu tunggu jawaban nya di e-mail aQu ya,
    please……………

  31. nurulain March 8, 2011 4:50 am

    cam mane ni

  32. jumhee March 8, 2011 6:33 pm

    tolong di jelaskan yang mana lebih bagus digunakan dalam pengembangan bioteknologi, eukariotik atau prokariotik???

  33. SARI WAHYUNI April 1, 2011 2:04 am

    tolong jelaskan organel sel tumbuhan donkzzz????????????????

  34. ????? April 7, 2011 12:09 pm

    mana gambar organel sel tumbuhan ?????

  35. wisely April 7, 2011 12:11 pm

    ooppss….
    numpang lihat aja !!!!
    :)

  36. yussi April 9, 2011 6:23 am

    punya fb gx??
    kl punya menta donk!!
    and kata sandinya ya!!

  37. dea putrii April 15, 2011 8:19 am

    lebih lengkap lagi dunk
    aQ binggggggunggggg …..,………………………….

  38. aliana ramadhina April 29, 2011 6:10 am

    salam2 aj deh buat fingkan,intan,erni{bencelung}.lebih lengkap ea.

  39. amryany May 9, 2011 2:41 am

    wahhhhhhhhh…………..bsa dong law di pelajari buat olimpiade besok?

  40. intan purnama May 28, 2011 9:35 am

    sya mw tnyak ne,,,,,,,,,,, ap sii kaitannya enzim dgn proses kmia dlam sel?????????????

  41. cindy June 8, 2011 10:37 am

    heeeeeemmmbbb,,,,,,,,,,
    gThu thoc………….??????????????
    jdhi tau nhe q lmyan thuk ujian se”ok…………………!!!!!!!!!!!!!
    heeeeeeeeeeeeeeeee

  42. tegar June 10, 2011 3:00 pm

    kok enggak ada siyosol,ya?:(

  43. NINI July 6, 2011 2:06 pm

    hai…salm hormat.
    Aku mahasiswa UNM biologi, bs dibagi artikel2 atau jurnalnya tentang biologi khusnya ekofisiologi dan bisel. thankz

  44. trian July 11, 2011 11:41 am

    thanks yaa
    artikel ini sangat membantu tugas presentasi ku.
    sekali lagi terima kasih. :)

  45. iiendt July 12, 2011 8:18 am

    yh sma”
    hehehehe

  46. zoevana July 15, 2011 8:04 am

    wah keren… maksih ya… izin copas buat ngerjain tugas. many thanks :)

  47. mawar July 16, 2011 3:41 am

    apakah fungsi dari lisosom n apakh yang di hasilkan oleh lisosom.

  48. iqbal July 18, 2011 1:55 pm

    makasih ya tugas gua udah selesai…..
    Thx ya,.

  49. chika July 21, 2011 6:51 am

    sebut kan organel-organel sel disertai gambar dan keterangan nya

  50. chika July 21, 2011 7:07 am

    thanxzz iiia , tugas na dh dpt,, tinggal ngeprinn jha nii,,

  51. akbar July 23, 2011 3:03 am

    makasi……^_^

    ilmu ini sangat bermanfaat bagi anak indoneasia…..

    saya segenap pelajar indonesia mengucapkan terima kasi atas blog nya gan…….

  52. adi July 24, 2011 12:36 pm

    apa peranan air pada sel

  53. Ty-kha July 25, 2011 2:40 pm

    siiiPh,., Cukup JeLaS,.,
    saya jadi Lebih mengerti :-)

  54. rabiatul adawa\iah July 25, 2011 5:11 pm

    tolong jlasin gi mana cara pengangkutan oksigen melalui membran sel pada peristiwa respirasi.?
    mksih sblum.a
    salam.

  55. aeontpalescha July 27, 2011 8:29 am

    asiik, jwban tgas biologi’ku ada d sni . . . :D

  56. Dhana August 5, 2011 4:51 am

    ajari saya ngeblog dong

  57. aini August 5, 2011 5:40 am

    saya mau nyk pa yg di maksud dngan sel prokariotik??????
    di tunggu ya jwban nya. . .

  58. eni humauroh August 10, 2011 7:00 am

    saya mo nnya klu sel mnusia toe trdpt d bgian mna yh ya d tngn, pruttw dmna yh????

  59. Balqies Camilla August 11, 2011 1:32 pm

    terimakasih infonya, :D
    harus aku catat itu.. :)

  60. cecilia liong August 18, 2011 11:54 am

    tlong donk,,,,,,,,,

    cba apa-apa struktur sel,,,,,,,,?

    tlong xg btul sangad inhi.

  61. iindee August 26, 2011 12:17 am

    alhamdulillah tugas saia sudah selesai :D

  62. Hanang September 5, 2011 4:44 am

    alhamdulillah.. ‘sesuatu’ … dapat membantu tugas saya :D

  63. FAza September 6, 2011 10:32 am

    huftt,,,,!!! dpet catatab bru !! thanks :)

  64. LUCY ANDRIA September 10, 2011 7:04 am

    kenapa sentrosom hanya ada pada sel hewan?

  65. Nurul Oktaviani Karimun September 11, 2011 8:41 am

    alhamdulillah yang saya cari ada di sini..Thanks :-)

  66. ECCA September 13, 2011 12:41 pm

    KK APAKAH VIRUS TERMASUK SEL??

  67. sizka September 25, 2011 8:51 am

    saya mau tanya mengenai jenis-jenis sel yg bergerak secara pseudopoida,flagela dan secara cilia…..
    trimakasih sebelum dan sesudahny………

  68. susi September 25, 2011 10:51 am

    thanks

  69. sri wedari September 26, 2011 10:31 pm

    perfect,,,,, thanks,,,,,,,,,,,,,,,

  70. wiji yanti September 28, 2011 3:42 am

    thanks,,verry good

  71. khotib September 29, 2011 6:37 am

    jangan pernah berhenti untuk memberikan pengetahuan pd kami

  72. reni raditiya September 29, 2011 9:24 am

    mau tanya kalau mikro tubuh fungsinya untuk apa ya????

  73. vita September 30, 2011 3:55 am

    tolong dong sebutkan jenis-jenis sel pada tubuh manusia beserta fungsinya, coalx ini pnting skali bwat tgasq bsok,

  74. dianhaa October 13, 2011 8:07 am

    tlong carikan fungsi sel tumbuhan sel hewan

  75. wardha October 17, 2011 1:34 am

    apakah yang membedakan antara sel tumbuhan dan sel hewan?

  76. robin November 1, 2011 1:30 am

    apa yang di maksud tentang sel, struktur dan fungsi sel serta organel-organel dalam sel

  77. Sherliana Christabella November 4, 2011 10:49 am

    fungsi sentriol itu apa sich ?

  78. Sehatispensased November 7, 2011 11:50 am

    Kalok bisa dibahasa inggrisin ya ,…..

  79. Luunnnculun November 7, 2011 11:54 am

    :( :) :D :P ,,,,,, ada suka … tapi kurang lengkap … di lengkapin ya ,,,.. :)

  80. DeAL November 7, 2011 11:58 am

    Baguszz :P

  81. NagaKo piE November 7, 2011 12:00 pm

    Aku bisa ngerjain PR nih …. makasih ya ,

  82. Country,T M November 7, 2011 12:03 pm

    Betul betul betul .. setuju belak tuh …..

  83. NagaKo piE November 7, 2011 12:06 pm

    Semua jawaban ada disini :P ,,,, hehehehehehehe….. :)

  84. Alida Rek Spensased November 9, 2011 1:07 am

    Macam-macam sel , aku sek ra mudeng , hehehehe ….. :P

  85. Rinanda Mega Putri November 15, 2011 1:58 am

    mksih yaa, bbntu pelajaran biologi aku bngt untuk presentasi

  86. ayu November 18, 2011 6:35 am

    mksih sebelum’a..
    Oy.. Mw nnya donk..
    1. Apa perbedaan’a sel prokariotik dan eukariotik secara mendalam,,??
    2. Selain ithuh adkh sel-sel yg lain,,
    Jwbn’a secpt’a y..
    Mksh…

  87. niksi theririn quen November 19, 2011 7:36 am

    thanks.a
    semua. Yg saiia perlu adda d sini .. :* :) ;)

  88. NiksietheRiriEnQueen November 19, 2011 7:43 am

    sya moe nnya,
    fungsi sel tubuh bakteri pha ea,Bn6un6 nee…

  89. Hafiz Lagi Single November 21, 2011 6:52 am

    Waaaah…lengkap bener neng!
    Tapi gambarnya mana nih???
    Dikasihgambar dunk biar lebih jelas dan pasti pas!
    :) :O :P :D

  90. denu November 24, 2011 3:09 am

    mana organel penyusun sel tumbuhan dan sel hewan nya…???

  91. Boedy Einstein November 27, 2011 5:43 am

    Add FaceBook_A ya..??

    “Boedy EinsteinRankapdua”

  92. ahmad adi muzaki November 30, 2011 8:24 am

    fungsi sel hewannya belum lengkap……….!

  93. Pingback: SEL « Sifronul
  94. evin cuy December 8, 2011 5:33 am

    coba anda tuliskan bagian bagian tumbuhan serta fungsinya dalam bahasa inggris

  95. venny indriany December 29, 2011 11:49 am

    yang saya ingin pertanyakan disini, apakah tahap perkembanganbiakan tumbuhan dan hewan ??????????????

  96. venny indriany December 29, 2011 11:50 am

    yang saya ingin pertanyakan disini, apakah tahap perkembangbiakan tumbuhan dan hewan ??????????????

  97. MyEGhAch I2 Imwwut January 12, 2012 10:52 am

    mkaciehch yw kak,, ak jdi bza ngrjain tgas qw dg baek… da cdikiet sran niech bwt ka2k,, ak4N lbieh baek lgi low d kcieh gmbar spya lbiech jlas,,, mkciech yw kak…………,,,,,!!!!!!!!!!!!

  98. martinigsih sakinah January 13, 2012 12:29 pm

    mngpa dnding sel hx dha pdhA tumbuhan ?

    dan knp tdk dha pdha hewan ?

  99. yoga ramadhan January 14, 2012 3:58 am

    yang lengkaplah

  100. tas January 17, 2012 8:33 am

    tolong jelaskan fungsi sel hewan dan sel tumbuhan??????????????

  101. AL January 17, 2012 12:56 pm

    yayaya

  102. rustam January 18, 2012 3:40 am

    Saya mau nanya neh. Di dlm biologi
    Terdpt be2rp materi slh satu di antarax:
    Pembelahan sel, keanekaragaman hayati,
    Sistem reproduksi,sistem respirasi,
    Sistem ekskresi dan peredaran darah.
    Nah pertayaan saya.
    Ada yg tau kh pertanyaan/soal yg msk
    Pd uas semister satu di perkuliahan/sma.
    Di antara materi2 di atas.
    Please donk jawabanx. Soax aq lg
    Uas biologi dini hari.

  103. alfi January 19, 2012 5:38 am

    thanksssssssss bwangt, dengan blog ini aku bisa terbantu.

  104. ResTu aNgeLo January 20, 2012 2:12 pm

    Tolong jelaskan,,
    apa yg di maksud dengan fungsi struktur sel hewan??

  105. RoNaLdO January 20, 2012 2:18 pm

    aku pun lgi nyari

  106. Tiya Raflatahugs Rezaalways January 24, 2012 12:42 am

    tlg dong ksi tau fungsi2 sel tumbuhan+hewan.. lgi butuh bgt .. >.<

  107. dacosta February 2, 2012 2:15 am

    faktor-apa saja yang menghambat dalam invitro maturasi dalam media kulitur

  108. Sindy February 13, 2012 1:21 pm

    Tanya dong
    ????sebutkan 5 cara sel mendapatkan energi

  109. gugun February 28, 2012 3:24 am

    Hey sim knurig alumni SMA PGRI Ciamis lulusan tahun 1986, manawi aya rerencangan anu tiasa nyambung silaturahmi. kangen pisan euy ., dimarana nya .???????????

  110. nina March 5, 2012 12:56 am

    koq nggak ada gambar nya sih????

  111. ari March 8, 2012 9:45 am

    ya lumayan juga

  112. wahyu March 8, 2012 9:45 am

    gumpes

  113. lastri March 10, 2012 7:37 am

    saya mau tanya, bagian sel yang termasuk komponen protoplasma dan tidak termasuk dalam komponen protoplasma apa aja? dan bagaimana karakteristik dan fungsi dari bagian-bagian sel tersebut???

  114. Anisyah Marmoet March 17, 2012 10:20 am

    Bagus banget kata2nya dan lengkap trus mendidik…. i like this!!!

  115. vidiany savitri March 18, 2012 11:28 am

    hmm kok yg nuclear pores gg ada,bagus bngtt tpi syang;a yg itu gg ada,, :)

  116. dodok April 3, 2012 6:28 am

    q mau tanx bagaimana cara kerja sel orang yg terkena sayatan pisau pada kulitx………………..tlng jelasin

  117. sakina amaliah pratiwi April 4, 2012 8:05 am

    waw, asiekkk skali. krn bsa nambah pengetahuan kami sebagai seorang siswa

  118. rajawali April 7, 2012 4:17 am

    Bis gak dibedakan vakuola berdenyut sama vakuola makanan?? tolong jelasin ya.

  119. Hyun Sun April 11, 2012 12:31 pm

    Thank’s :)

  120. Sherliana Christabella April 14, 2012 11:53 am

    Thank’s for your information ^_^

  121. Rani April 17, 2012 9:00 am

    Kalau cilia itu pa?

  122. muhammad abdullah April 25, 2012 1:57 pm

    Cairan pada sel disebut apa ? mohon infoo

  123. echye geun seok July 22, 2012 1:02 pm

    makasiie atas informasinya yah ..
    jadinya saya bisa mengerjakan tugas dgn baeg ,,

  124. johar, August 5, 2012 5:28 am

    mau tanya nih. tolong sebutkan sel hewan. 10 hewan.tolog ini buat tugas besok.

    tapi sebelumnya makasih ……………

  125. fatimala ulfarida (mala) August 8, 2012 7:48 am

    thanks infonya ,
    akhirnya tugas beres juga :D

  126. RIZKHA August 23, 2012 9:39 am

    mw nanya nhie
    1. jelaskan perbedaan struktur dan fungsi pada dinding sel dan membran sel
    2.jelaskan fungsi membran plasma berkaitan dengan fungsinya dalam menjaga kehidupan sel

  127. Aicha chimeng August 28, 2012 1:26 pm

    lengkap banget ya ..

    jadi bisa menambah pengetahuan dehh ^_^

  128. Aicha chimeng August 28, 2012 1:29 pm

    lengkap banget ya ..

    jadi bisa menambah pengetahuan dehh ^_^

    jadi berezz deh tugasku .. :D

  129. whana she poetrhy bhawel August 29, 2012 6:10 am

    mksih yha ats info.x….

  130. whana she poetrhy bhawel August 29, 2012 6:13 am

    bagaimana mengamati struktur sel dan awetan sel hewan n tumbuha….:) :)

  131. whana she poetrhy bhawel August 29, 2012 6:15 am

    maw nanya lgi nhi????? bagaimna menggambrkan struktr sel hewan dan tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan???????
    #thankz yha……:) :)

  132. enal November 16, 2012 5:37 am

    Mw nanya nie
    1.Gambar dan jelaskan bagian – bagian sel
    2.Gambar dan jelaskan bentuk sel mati
    4.Macam – macam sel
    5.Bentuk – bentuk organel sel dan fungsinya

  133. enal November 16, 2012 6:29 am

    Tlong jawab sy punya soal secepatnya lalu klau kita mau liat jawaban yg anda kasih kita harus liat di mana

  134. enal November 16, 2012 7:18 am

    Maaf ya,,,Sy minta tlong bisa jawab sy pertanyaan secepatnya krna besok mau di kumpul tugasnya
    Bru sy skrng ad d warnet nie tlong cepat takut sy byar mahal

  135. enal November 16, 2012 1:56 pm

    Gambar dan jelaskan bentuk sel mati

  136. enal November 16, 2012 1:58 pm

    Gambar dan jelaskan bentuk sel mati

    Jawab secepatnya

  137. riici April 24, 2013 4:41 am

    dii tambahin lg dung kurangk banyak

    hehehehe :)

  138. riici April 24, 2013 4:44 am

    fungsi dri badan sel ny mana?????????

  139. nunu April 24, 2013 4:46 am

    tolongk kash tau gambar sel ny dungk

  140. aini January 5, 2014 6:49 am

    mksih,, mksih mksih,,, bleh d,nmbhin lgi??

Leave a Reply

Your email address will not be published.


8 × = forty eight

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>