Fungsi protein

Fungsi protein di dalam tubuh kita sangat banyak, bahkan banyak dari proses pertumbuhan tubuh manusia dipengaruhi oleh protein yang terkandung di dalam tubuh kita

Sebagai enzim
Hampir semua reaksi biologis dipercepat atau dibantu oleh suatu senyawa makromolekul spesifik yang disebut enzim, dari reaksi yang
sangat sederhana seperti reaksi transportasi karbon dioksida sampai yang sangat rumit seperti replikasi kromosom. Protein besar peranannya terhadap perubahan-perubahan kimia dalam sistem biologis.

Alat pengangkut dan penyimpan
Banyak molekul dengan MB kecil serta beberapa ion dapat diangkut atau dipindahkan oleh protein-protein tertentu. Misalnya hemoglobin mengangkut oksigen dalam eritrosit, sedangkan mioglobin mengangkut
oksigen dalam otot. Pengatur pergerakan Protein merupakan komponen utama daging, gerakan otot terjadi karena adanya dua molekul protein yang saling bergeseran.

Penunjang mekanis
Kekuatan dan daya tahan robek kulit dan tulang disebabkan adanya kolagen, suatu protein berbentuk bulat panjang dan mudah membentuk serabut. Pertahanan tubuh atau imunisasi Pertahanan tubuh biasanya dalam bentuk antibodi, yaitu suatu protein khusus yang dapat mengenal dan menempel atau mengikat benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti virus, bakteri, dan sel- sel asing lain.

Media perambatan impuls syaraf
Protein yang mempunyai fungsi ini biasanya berbentuk reseptor, misalnya rodopsin, suatu protein yang bertindak sebagai reseptor
penerima warna atau cahaya pada sel-sel mata.

Pengendalian pertumbuhan
Protein ini bekerja sebagai reseptor (dalam bakteri) yang dapat mempengaruhi fungsi bagian-bagian DNA yang mengatur sifat dan karakter bahan

8 comments on “Fungsi protein

  1. Nova Imoet March 1, 2010 3:48 pm

    tulisan yg bagus, yg aku tau sh protein bermanfaat banget untuk kita…

  2. wanee June 26, 2011 11:26 am

    wahh artikelnya bagus tapi sayang g ada sumber refensinya jadi g bisa di pakai untuk ref ilmiah ya.. sukses dan tanks ya bro

  3. Click Dapat Duit August 8, 2011 5:24 am

    katanya protein berfungsi juga untuk mempertajam daya ingat…bener ngk sih ???

  4. najwa convent August 25, 2011 8:36 am

    bagus gak fungsi protein yg nie

  5. Muio July 11, 2012 4:57 am

    Yes. We had the same question about our son for putitng on weight. As long as you follow the instructions for the powder it should be okay.GNC is a great place to get your needs met, be sure to talk to the store employees there, they are knowledgable and will be able to help you find the right products for you. Be prepared to spend a lot of $ , some of the supplements are expensive.Be sure to eat other healthy foods, get those muscle building exercises in place and drink plenty of water.Good luck!

  6. aulia September 16, 2012 10:01 am

    numpang nanya dong.. kalo peran protein di dalam darah itu apa yah?

  7. tobit September 2, 2013 1:56 pm

    lagi ngerjain pr . bingung juga nih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


6 − = five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>