Jaringan Pada Hewan dan Fungsinya

Jaringan Pada Hewan – ada tubuh hewan tungkat tinggi (Vertebrata) terdapat berbagai macam jaringan yang dapat dikelompokkan menjadi jaringan merismatik, jaringan epithelium, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

a. Jaringan Meristematik
Jaringan meristematik adalah jaringan yang sel-selnya selalu membelah. Jaringan ini terdapat pada fase embrio. Pada tubuh manusia dan hewan vertebrata, jaringan meristematik terdapat hanya pada bagian tertentu. Misalnya, pada ujung tulang pipa yang masih muda dan pada sumsum tulang belakang yang membentuk sel-sel darah.

b. Jaringan Epitel atau Jaringan Kulit
Jaringan epitel merupakan jaringan yang menutupi jaringan lain. Jaringan ini meliputi epitel sederhana dan epitel berlapis. Jaringan epitel sederhana hanya terdiri dari satu lapis sel. Contohnya adalah jaringan epitel pipa sebelah dalam. Jaringan epitel berlapis terdiri atas beberapa lapis sel. Contohnya epitel usus dan saluran pernafasan. Jaringan epitel ada yang bersilia, misalnya pada saluran pernafasan. Silia tersebut berguna untuk menerima rangsangan dari luar, misalnya jika ada debu kita akan bersin. Epitel yang berada di luar tubuh biasanya disebut epidermis (epi = tepi, dan derm = kulit) misalnya pada kulit. Sebaiknya, epitel yang menutupi bagian dalam organ tubuh disebut endodermis.

c. Jaringan Ikat
Jaringan ikat merupakan jaringan yang menghubungkan antara jaringan yang satu dengan jaringan yang lain. Fungsi jaringan ikat antara lain sebagai berikut :

• Melekatkan suatu jaringan ke jaringan lain.
• Membungkus organ
• Mengisi rongga di antar organ.
• Mengangkut zat oksigen dan makanan kejaringan lain.
• Mengangkut sisa-sisa metabolisme kealat pengeluaran.
• Menghasilkan kekebalan.

Jaringan ikat dapat dikelompokkan menjadi jaringan ikat biasa, jaringan ikat khusus, jaringan ikat penyokong, dan jaringan ikat penghubung.

1.Jaringan ikat biasa
Jaringan ikat biasa dibedakan menjadi jaringan ikat padat dan jaringan ikat longgar. Jaringan ikat padat misalnya jaringan pada tendon otot. Tendon otot adalah ujung berkas otot yang melekat pada tulang. Jaringan ikat longgar merupakan jaringan pengisi ruangan di antara organ-organ.

2. Jaringan ikat khusus
Jaringan ikat khusus mempunyai fungsi khusus, misalnya menyimpan energi dalam bentuk lemak, menahan goncangan, dan membentuk darah. Contoh jaringan ikat khusus adalah jaringan lemak yang ada di bawah kulit.

3.Jaringan ikat penyokong
Jaringan ikat penyokong terdiri dari jaringan tulang rawan dan jaringan tulang sejati. Jaringan tulang sejati juga berfungsi
untuk menghasilkan sel darah merah (eritrosit).

4.Jaringan ikat penghubung
Jaringan ikat penghubung terdiri atas darah dan limfa. Jaringan darah terdiri atas plasma darah dan butiran darah. Butiran darah terdiri dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keeping darah (trombosit). Jaringan darah berfungsi mengangkut oksigen, karbondioksida, sari makanan, zat-zat sisa, dan hormon. Jaringan limfa terdiri dari cairan limfa yang beredar pada pembuluh limfa. Cairan limfa berfungsi untuk mengangkut lemak.

d.Jaringan Otot
Jaringan otot terdiri atas otot rangka, otot polos dan otot jantung. Jaringan otot berfungsi sebagai penggerak. Jaringan otot rangka terdiri atas sel-sel otot yang apabila diamati dengan mikroskop memiliki garis gelap dan terang berselang-seling. Karena itu sel otot rangka dikenal pula sebagai sel otot lurik atau sel otot bergaris melintang. Sel otot rangka mempunyai banyak inti. Sel otot lurik bekerja karena pengaruh kehendak kita. Sel otot polos terdapat pad organ dalam,
misalnya di usus dan pembuluh darah. Serabut kontraktil otot polos tidak memiliki garis gelap dan terang. Sel otot polos berbentuk gelondong dan berinti satu. Kerja otot polos tidak dipengaruhi kehendak kita. Otot jantung terdiri dari sel-sel yang memiliki garis gelap dan terang seperti otot lurik, tapi bekerja di luar kehendak kita.

e.Jaringan Saraf
Jaringan saraf terdiri dari sel-sel saraf (neuron) dan serabut saraf. Jaringan saraf berfungsi sebagai penghantar rangsang, yakni membawa rangsang dari alat penerima rangsang (reseptor) ke otak kemudian diteruskan ke otot. Jaringan saraf hanya dimiliki hewan dan manusia

42 comments on “Jaringan Pada Hewan dan Fungsinya

  1. Nurul Hidayah May 28, 2010 7:56 am

    Gambarnya mana? Pasti lebih oke kalo ada gambarnya.

  2. mastegar May 28, 2010 9:37 am

    Gambarnya nyusul nanti…..

    wkwkwkwkwk

  3. intan July 19, 2010 7:01 am

    gambarnya mana lg ada pr neh penting.?

  4. rikrisya July 19, 2010 1:47 pm

    ad yg bentuk ppt nya nggak?

  5. mr.snts July 25, 2010 3:59 am

    klo aja ada picture nya pasti lebih ok dooong.

  6. DEVIASTRIDHEA August 3, 2010 9:47 am

    hormonnya mana tho?
    kok cman jaringan

  7. fab3r 2905 September 16, 2010 7:42 am

    bgaimna bljar biologiyg baikk?

  8. Mutiara September 17, 2010 9:56 am

    Koq Cma Ni SicH,,,,,,,,

  9. bambinoissa September 21, 2010 12:26 pm

    padahal bahasannya udah lengkap , sayang gak ada gambarnya . :(

  10. lenni September 22, 2010 10:43 am

    hmm,,,
    mna ciri-ciri khusus pda jaringan ikatny nich????
    koq g’ ada sich,,,,,,,,,,,

  11. wayan dini October 21, 2010 12:12 pm

    mna nich letak2 jaringannya pda hewan????

  12. Pingback: Unnisak's Blog
  13. novita November 1, 2010 8:01 am

    gak lengkap nih…..

  14. Istinsyaq November 1, 2010 9:48 am

    gambarnya mana neeh…???? PR nie waktunya guru killer lagi……!!!

  15. indra ajah December 6, 2010 2:05 pm

    lw ada gambarna pasti ok

  16. abdul rahman February 5, 2011 8:49 am

    silahkan diintip barang x ada ilmunya

  17. liaa lialia lpy September 11, 2011 10:57 am

    ciri-ciri dn gambar ny mana pd jaringan hewannn ?????????

  18. liaa lialia lpy September 11, 2011 10:57 am

    ciri-ciri dn gambar ny mn pada jringan hwann ??

  19. fitra nagk smk 2 September 21, 2011 11:56 am

    susahnya mhoooo dii cariii letaknya jaringan ikat ampe ampe zaya dan kawan” ketiduran di warnet

  20. nella cuet September 25, 2011 1:10 pm

    fungsi n gmbar na mna nh?????

  21. vitry October 5, 2011 2:57 am

    hmmmm meskipun ga lengkap tp yg penting adalah….ilmu jg kan..

  22. hafni pachalibuy October 17, 2011 10:32 am

    gaMBAr na mNa nieeeeehhhhhhhh …………….

  23. hafni pachalibuy October 21, 2011 8:00 am

    hmmmzzzz ……
    blm adha” ugha ea gmbr na …………….
    smpe kpan negh ……….

  24. ay saNank December 2, 2011 1:44 pm

    g da gaMbaR na….!!!!
    hmmmmmm…
    parahhhhh…….

  25. haidarali December 8, 2011 9:58 pm

    gambarnya mana niiiih…..ga ok!!

  26. yulianti December 14, 2011 4:29 am

    postingnya sangat bermanfaat kalau perlu di tambah lagi yack

  27. icut January 24, 2012 1:33 pm

    tambah lagiiii dounkzz,,,

  28. nurul aminah February 19, 2012 1:00 pm

    walau pun gak ada gambar tapi tetep bagus kokkkkkkk………….

  29. dhini putri February 24, 2012 6:15 am

    gmnaa nihhhh kurang lengkap dan ngk ad gambarnya
    tugas jdi lma bikinnya

  30. azhadee March 10, 2012 1:52 pm

    yg Q btuh khan gmbar na…….
    tlong lh……

  31. @Dekabeliebers March 28, 2012 11:01 am

    GAMBARNYA COYYY !!!!

  32. abibabi April 8, 2012 11:13 am

    ni goblok ga sih..

  33. abibabi April 8, 2012 11:14 am

    goblok amat

  34. yudi pratama April 11, 2012 2:10 pm

    lah kok gk dha gmbrnyaa

  35. cuachdha July 20, 2012 4:00 am

    hormon dan fungsinya mana? tolong tampilin dong,dapet tugaz niih !!!

  36. rosari angeline July 31, 2012 6:13 am

    mna gambarnya ,,n!ch …mna prnya bnyak lagi ..???

  37. ayha muzakkir October 9, 2012 11:37 am

    Gambarnya mana?ad tgas nich……

  38. Syakira Lyra Aprilia October 25, 2013 3:22 am

    aduh pdhl udh lengkap tp, syng gmbr nya gk da…

  39. Syakira Lyra Aprilia October 25, 2013 3:23 am

    pdhl udh lengkap tp syng gk da gmbr ny!!

  40. Zahratun Nadhirah October 29, 2013 11:54 pm

    kalau jaringan pengangkut lemak itu apa sih??

  41. Tyas November 10, 2013 9:31 pm

    Kok cma sgni sich … tpi ngomong2 mkasih

  42. umbu.windy November 12, 2013 12:16 am

    tolonggg ksh lengkapp dgan fungsi dan contoh dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published.


5 − = two

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>