Penyebab global warming

Penyebab global warming – Sejak dikenalnya ilmu mengenai iklim, para ilmuwan telah mempelajari bahwa ternyata iklim di Bumi selalu berubah. Dari studi tentang jaman es di masa lalu menunjukkan bahwa iklim bisa berubah dengan sendirinya, dan berubah secara radikal. Apa penyebabnya? Meteor jatuh? Variasi panas Matahari? Gunung meletus yang menyebabkan awan asap? Perubahan arah angin akibat perubahan struktur muka Bumi dan arus laut? Atau karena komposisi udara yang berubah? Atau sebab yang lain?

Sampai baru pada abad 19, maka studi mengenai iklim mulai mengetahui tentang kandungan gas yang berada di atmosfer, disebut sebagai gas rumah kaca, yang bisa mempengaruhi iklim di Bumi. Apa itu gas rumah kaca?

Sebetulnya yang dikenal sebagai ‘gas rumah kaca’, adalah suatu efek, dimana molekul-molekul yang ada di atmosfer kita bersifat seperti memberi efek rumah kaca. Efek rumah kaca sendiri, seharusnya merupakan efek yang alamiah untuk menjaga temperatur permukaaan Bumi berada pada temperatur normal, sekitar 30°C, atau kalau tidak, maka tentu saja tidak akan ada kehidupan di muka Bumi ini.

Pada sekitar tahun 1820, bapak Fourier menemukan bahwa atmosfer itu sangat bisa diterobos (permeable) oleh cahaya Matahari yang masuk ke permukaan Bumi, tetapi tidak semua cahaya yang dipancarkan ke permukaan Bumi itu bisa dipantulkan keluar, radiasi merah-infra yang seharusnya terpantul terjebak, dengan demikian maka atmosfer Bumi menjebak panas (prinsip rumah kaca).

Tiga puluh tahun kemudian, bapak Tyndall menemukan bahwa tipe-tipe gas yang menjebak panas tersebut terutama adalah karbon-dioksida dan uap air, dan molekul-molekul tersebut yang akhirnya dinamai sebagai gas rumah kaca, seperti yang kita kenal sekarang. Arrhenius kemudian memperlihatkan bahwa jika konsentrasi karbon-dioksida dilipatgandakan, maka peningkatan temperatur permukaan menjadi sangat signifikan.

Semenjak penemuan Fourier, Tyndall dan Arrhenius tersebut, ilmuwan semakin memahami bagaimana gas rumah kaca menyerap radiasi, memungkinkan membuat perhitungan yang lebih baik untuk menghubungkan konsentrasi gas rumah kaca dan peningkatan Temperatur. Jika konsentrasi karbon-dioksida dilipatduakan saja, maka temperatur bisa meningkat sampai 1°C.

Tetapi, atmosfer tidaklah sesederhana model perhitungan tersebut, kenyataannya peningkatan temperatur bisa lebih dari 1°C karena ada faktor-faktor seperti, sebut saja, perubahan jumlah awan, pemantulan panas yang berbeda antara daratan dan lautan, perubahan kandungan uap air di udara, perubahan permukaan Bumi, baik karena pembukaan lahan, perubahan permukaan, atau sebab-sebab yang lain, alami maupun karena perbuatan manusia. Bukti-bukti yang ada menunjukkan, atmosfer yang ada menjadi lebih panas, dengan atmosfer menyimpan lebih banyak uap air, dan menyimpan lebih banyak panas, memperkuat pemanasan dari perhitungan standar.

Sejak tahun 2001, studi-studi mengenai dinamika iklim global menunjukkan bahwa paling tidak, dunia telah mengalami pemanasan lebih dari 3°C semenjak jaman pra-industri, itu saja jika bisa menekan konsentrasi gas rumah kaca supaya stabil pada 430 ppm CO2e (ppm = part per million = per satu juta ekivalen CO2 – yang menyatakan rasio jumlah molekul gas CO2 per satu juta udara kering). Yang pasti, sejak 1900, maka Bumi telah mengalami pemanasan sebesar 0,7°C.

Lalu, jika memang terjadi pemanasan, sebagaimana disebut; yang kemudian dikenal sebagai pemanasan global, (atau dalam istilah populer bahasa Inggris, kita sebut sebagai Global Warming): Apakah merupakan fenomena alam yang tidak terhindarkan? Atau ada suatu sebab yang signfikan, sehingga menjadi ‘populer’ seperti sekarang ini? Apakah karena Al Gore dengan filmnya “An Inconvenient Truth” yang mempopulerkan global warming? Tentunya tidak sesederhana itu.

Perlu kerja-sama internasional untuk bisa mengatakan bahwa memang manusia-lah yang menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global. Laporan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) tahun 2007, menunjukkan bahwa secara rata-rata global aktivitas manusia semenjak 1750 menyebabkan adanya pemanasan. Perubahan kelimpahan gas rumah kaca dan aerosol akibat radiasi Matahari dan keseluruhan permukaan Bumi mempengaruhi keseimbangan energi sistem iklim. Dalam besaran yang dinyatakan sebagai Radiative Forcing sebagai alat ukur apakah iklim global menjadi panas atau dingin (warna merah menyatakan nilai positif atau menyebabkan menjadi lebih hangat, dan biru kebalikannya), maka ditemukan bahwa akibat kegiatan manusia-lah (antropogenik) yang menjadi pendorong utama terjadinya pemanasan global (Gb.1).

global warming

Dari gambar terlihat bahwa karbon-dioksida adalah penyumbang utama gas kaca. Dari masa pra-industri yang sebesar 280 ppm menjadi 379 ppm pada tahun 2005. Angka ini melebihi angka alamiah dari studi perubahan iklim dari masa lalu (paleoklimatologi), dimana selama 650 ribu tahun hanya terjadi peningkatan dari 180-300 ppm. Terutama dalam dasawarsa terakhir (1995-2005), tercatat peningkatan konsentrasi karbon-dioksida terbesar pertahun (1,9 ppm per tahun), jauh lebih besar dari pengukuran atmosfer pada tahun 1960, (1.4 ppm per tahun), kendati masih terdapat variasi tahun per tahun.

Sumber terutama peningkatan konsentrasi karbon-dioksida adalah penggunaan bahan bakar fosil, ditambah pengaruh perubahan permukaan tanah (pembukaan lahan, penebangan hutan, pembakaran hutan, mencairnya es). Peningkatan konsentrasi metana (CH4), dari 715 ppb (part per billion= satu per milyar) di jaman pra-industri menjadi 1732 ppb di awal 1990-an, dan 1774 pada tahun 2005. Ini melebihi angka yang berubah secara alamiah selama 650 ribu tahun (320 – 790 ppb). Sumber utama peningkatan metana pertanian dan penggunaan bahan bakar fosil. Konsentrasi nitro-oksida (N2O) dari 270 ppb – 319 ppb pada 2005. Seperti juga penyumbang emisi yang lain, sumber utamanya adalah manusia dari agrikultural. Kombinasi ketiga komponen utama tersebut menjadi penyumbang terbesar pada pemanasan global.

Kontribusi antropogenik pada aerosol (sulfat, karbon organik, karbon hitam, nitrat and debu) memberikan efek mendinginkan, tetapi efeknya masih tidak dominan dibanding terjadinya pemanasan, disamping ketidakpastian perhitungan yang masih sangat besar. Demikian juga dengan perubahan ozon troposper akibat proses kimia pembentukan ozon (nitrogen oksida, karbon monoksida dan hidrokarbon) berkontribusi pada pemanasan global. Kemampuan pemantulan cahaya Matahari (albedo), akibat perubahan permukaan Bumi dan deposisi aerosol karbon hitam dari salju, mengakibatkan perubahan yang bervariasi, dari pendinginan sampai pemanasan. Perubahan dari pancaran sinar Matahari (solar irradiance) tidaklah memberi kontribusi yang besar pada pemanasan global.

Dengan demikian, maka dapat dipahami bahwa memang manusia yang berperanan bagi nasibnya sendiri, karena pemanasan global terjadi akibat perbuatan manusia sendiri. Lalu bagaimana dampak Global Warming bagi kehidupan? Alur waktu prediksi dan dampak dari perspektif sains dapat dibaca pada bagian kedua tulisan ini.

Download aplikasi alquran terjemah indonesia GRATIS! DOWNLOAD

46 comments on “Penyebab global warming

  1. jasmine August 4, 2010 8:05 pm

    seringkali kita tak pernah mempedulikan bagaimana kondisi bumi nantinya karena tindakan kita yang berdalihkan atas kemajuan teknologi

  2. Inaya nopitri August 19, 2010 3:40 am

    yaaa duniaa skrg smakin memanas dng ada nya global worming .
    dunia tag sprti dlu lagi cuaca dpt d perkirakan .sedng kn jaman skrg tag tentuu .
    cuacaa yg tag memadaii ..
    itu smua krna ulah manusia yang tag mau pengertian dng tepat tinggl nya .
    seharus nya pihak yg bersangkutan harus memberantas org2 yg usil .
    jangan lalai .
    krna kelalaian itu laaah dunia HANCUR !! :(.

  3. erha October 19, 2010 1:05 pm

    - apa hubungannya climate change dan global warming dan
    mengapa dibedakan antara global warming dan climate
    change?
    - apa kontribusi CO2,CH4,NOx,HFC,PFC,SF6 pada terjadinya
    global warming?
    - bagaimana mengendalikan global warming?

  4. ansarullah November 24, 2010 8:58 am

    go green jag ye,,,,,,
    stop global warming.

  5. ansarullah November 24, 2010 8:59 am

    go green jag ye,,,,
    stop global warming,,,,,

  6. widya nurul rahma February 8, 2011 3:55 am

    disini terlalu banyak hal-hal yang tidak menonojolkan langsung ke isi pertanyaan-pertanyaan,coba lebih singkat dan padat tapi berisi.

  7. justkid February 16, 2011 6:33 am

    thank’s guys….
    bisa buat bahan artikel dah :D

  8. wantho February 24, 2011 9:18 am

    Maaf bila mengkritik, seharusnya diulas secara lebih sederhana dan dapat dipahami secara mudah oleh khlayak umum dan awam.

    terima kasih

  9. kha March 6, 2011 6:41 am

    Jadi Penyebabnya ; perubahan jumlah awan, pemantulan panas yang berbeda antara daratan dan lautan, perubahan kandungan uap air di udara, perubahan permukaan Bumi, baik karena pembukaan lahan, perubahan permukaan, atau sebab-sebab yang lain, alami

  10. adji putri March 13, 2011 2:17 am

    apa yang disebut efek rumah kaca,beserta kaitannya dengan kadar CO2 di udara dan pemanasan global warming ?

  11. samuel hamonangan aritonang April 14, 2011 10:27 am

    percuma kali tu crita ttng global warning
    mulai sekarang stop pemakaian yang mempengaruhi global warning..lkukan penghijauan.menanam phon key.jangan tbang pohon2..hampir sebagian rakyaat indonesia law da phon bsar kta nya bnyak hantu nya..lcu ya bangsa kta hehehehhhheh..tmn2 mli skrng lkukan penghijaun ya …

  12. uyan April 16, 2011 7:15 am

    dunia semakin tua, dan manusia semakin serakah, tanpa menghargai hakikat alam dan fungsi alam sebanarnya.

  13. aprilian natasya May 10, 2011 11:42 am

    stop global warming ,, dunia makin gak nyaman ..
    mari kita gerakan bumi sehat , setidaknya dengan cara kecil yaitu menanam pohon di sekitar jalan dan tanah kosong , kurangi pemakaian listrik yg berlebihan ,, matikan listrik jika tidak di perlukan ..
    dan lestarikan bumi kita ,, ayooooooooooooo kapan lagi …
    semua dari diri kita sendiri ..

  14. Irvan August 6, 2011 1:14 pm

    Apa dengan memunguti sampah yang masih berguna itu bisa sedikit mengurangi global wo0rming !

  15. Gracia Sunur August 7, 2011 12:01 am

    aku mau berty apa sich arti atau maksd dari variasi matahari

  16. tya August 19, 2011 1:06 pm

    semoga para manusia bisa sadar akan perbuatan mreka

  17. Vivian feronica September 11, 2011 1:02 pm

    aku harap orang bisa lebih memperhatikan keadaan lingkungan..

  18. Nency Diana Putri September 13, 2011 5:21 am

    jangan tingkatkan globa worming karna negara kita adalah dimna kta hidup sekarang….
    paara manusia harusnya mengerti atas kesalahan yang mereka buatt ssssaaaaaddddaaaaarrrrr kalian salah………….

  19. Alumi September 27, 2011 12:40 am

    This website not good. I can’t understand what the meaning.

  20. agoestanto September 30, 2011 4:10 am

    tugas sekolah , atas nama Deria Anatasia Agustina

  21. arman October 2, 2011 9:50 pm

    apakah dampak dari kotoran hewan d perternakan dapat menyebabkan global warming?

  22. wika' October 6, 2011 11:27 am

    thank’s bgt..
    iNi saNgad membaNtu..!!

  23. sidiq November 15, 2011 7:24 am

    berapa ppm batas aman konsentrasi gas metana ?

  24. Lia Amelia November 16, 2011 5:13 am

    Stop GLOBAL WARMING
    Manusia adalah p’nyebab utamax,,,,,,,,,,,,,

    GO GREEN

  25. lenisuhaini December 24, 2011 1:15 pm

    maka dr itu kita yg paham akan penyebab global warning ini,jgn cuma ingin tau aja atau sekedar buat ilmu tp qta hrs rajin tanamm pohon,sosialisasi mengenai global warning,mengajak bersama2 utk memelihara dan menumbuhkembangkan lingkungan seluruh indonesia.

  26. cara menghilangkan ketombe December 27, 2011 5:34 am

    Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

  27. obat ketombe December 27, 2011 5:39 am

    Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

  28. tips menghilangkan ketombe December 27, 2011 5:47 am

    cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

  29. cara cepat memanjangkan rambut December 27, 2011 6:22 am

    Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

  30. cara memanjangkan rambut December 27, 2011 6:33 am

    Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

  31. ratu langsing December 27, 2011 6:40 am

    Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

  32. obat sarang semut December 27, 2011 6:57 am

    Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

  33. Lara Ola January 15, 2012 10:56 am

    kapan sih terjadi Global warming..?

  34. nurul aminah February 19, 2012 1:55 pm

    kalau menurut aku penyebab global warming itu sih karna sudah menipis nys lapisan ozon di troposfer dan sudah bangak nya yg melakukan penebangan liar. betul gk ya tentu betul ya………………

  35. nadhila hana March 4, 2012 5:25 am

    stop global warming ang go green :)

  36. love March 14, 2012 8:58 am

    say ” stop ” to global warming
    and please keep our earth !

  37. _nndach_ March 14, 2012 9:08 am

    lumayan

  38. lestari apriyanti March 23, 2014 1:20 am

    tapi katanya penyebab global warming juga karena MEMAKAN DAGING SAPI YANG BERLEBIHAN, emang apa hubungan nya??

  39. IFFANI RESA FERDINA August 12, 2014 8:47 am

    Setelah membaca tentang global warming, manusia harus mengerti atas kesalahan yang mereka buat dan saya jg beruntung karna tugas saya bisa selesei…….,trimssss

Leave a Reply

Your email address will not be published.


nine − = 6

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>