Kehamilan Trimester Pertama

Kehamilan Trimester Pertama – Sering pasien bertanya gini : “apakah USG sering2 akan membahayakan janin?” ku jawab :”iya bisa kanker… (maksudnya kantong kering)”. Ada lagi yang bilang gini :”kata orang usg diawal kehamilan berbahaya”. Aku jawab: “bahaya buat bapak….(karena habis usg pasti langsung keluar himbauan nggak boleh melakukan hubungan seksual diawal kehamilan)”.

Ternyata banyak masyarakat ditempatku yang masih belum mengetahui manfaat USG di awal kehamilan. Malah ‘ilmu’ yang beredar dan mereka terima masih sangat dangkal. Maklumlah karena masih kota kecamatan kecil, dengan tingkat pendidikan terbanyak SLTA.

USG diawal kehamilan seperti pada paruh waktu lain dalam kehamilan tidak berbahaya. Karena USG kan bukan sinar X. Radiasi yang dihasilkan lebih kurang seperti peralatan rumah tangga lainnya seperti TV, komputer dll. USG hanya berupa suara yang ditembakkan ke jaringan lalu pantulannya di tangkap pada layar monitor. Cairan biasanya berwarna hitam dan jaringan padat berwarna putih (USG 2 D).

Beberapa parameter USG yang diukur di Trimester I kehamilan adalah GS (kantong kehamilan) biasanya berupa bulatan hitam, CRL (panjang janin), dan BPD (ukuran kepala janin).

Manfaatnya yang paling utama adalah memastikan usia kehamilan sesuai dengan haid yang di klaim oleh ibu, hari pertama haid terakhir (HPHT). Karena sering ditemukan dalam praktek sehari2 usia kehamilan tidak sesuai dengan HPHT yang di klaim. Kenapa bisa? Ilustrasinya begini : HPHT 1 Mei 2008, normal 5-7 hari, juni “haid” lagi tgl 5 sedikit2 cuma 2-3 hari. Pasien mengklaim HPHT 5 juni itu, dilakukan USG 1 juli 2008. Hasil: CRL 8 minggu. Pasien bingung….dokter ya nggak lah. Yang terjadi sebetulnya pada bulan juni itu pasien telah hamil 4-5 minggu…perdarahan yang timbul adalah gejala abortus iminens (ancaman keguguran) yang oleh pasien dianggapnya sebagai haid.

Manfaat lain USG trimester pertama adalah mendeteksi kelainan kehamilan seperti ‘missed abortus’ (=keguguran yang tertahan), Blighted Ovum (kehamilan tanpa janin dll. Apalagi ibu tidak ingat HPHT…..(banyak lho…bahkan pada kehamilan anak I ada yang ingat HPHT…) Sering akau candain gini : ” nggak ‘terasa’ ya buk….tahu2 sudah hamil”….

Awal kehamilan anda ditandai berdasarkan menstruasi terakhir anda. Banyak perubahan fisik yang akan anda alami selama trimester pertama (3 bulan pertama kehamilan). Periode ini juga merupakan periode tumbuh kembang yang cepat bagi bayi anda.

Perubahan pertama mulai terlihat pada minggu ke-4 masa kehamilan.
Rasa metal dalam mulut merupakan penanda pertama dan satu-satunya perubahan fisik yang ada.

Pada minggu ke-2, struktur dasar susunan syaraf pusat dalam kandungan mulai terbentuk.

Pada minggu ke-5, sekalipun anda hanya mengalami menstruasi atau bahkan tidak lagi mengalami menstruasi; anda akan merasakan gejala menjelang menstruasi seperti kembung, gerah, dan sakit kepala.
Payudara mulai membesar dan menjadi lebih peka.
Frekuensi buang air kecil bertambah.
Pada minggu 6, vagina dan labia mayor mulai bereaksi terhadap peningkatan aliran darah dengan berubah warna menjadi kebiru-biruan.
Mual dan muntah mulai terjadi.
Pada minggu 7, kadang-kadang anda merasa pusing dan sesak napas.
Benjolan-benjolan kecil mulai muncul di payudara, dan area seputar puting susu berubah warna menjadi lebih tua.
Pada minggu 8, rambut anda mulai sulit ditata.
Cairan vagina yang bening, putih, dan tak berbau mulai merembes keluar.

Minggu 5, embrio dapat dilihat dengan mata telanjang.Minggu 6, jantung berdegup; kepala, dada, serta perut mulai terbentuk.Minggu 7, terbentuk lekukan-lekukan yang menandai tempat dimana jari tangan dan jari kaki akan tumbuh.

Minggu 8, sekalipun panjang janin baru sekitar 2.5 cm (1 in), semua organ bagian dalam sudah ada pada tempatnya dan sendi-sendi utama seperti pundak dan pinggul sudah terlihat dengan jelas.

Minggu 9, kulit anda mengalami perubahan. Gusi mulai melunak sehingga memerlukan perawatan lebih. Untuk keterangan lebih lanjut, lihat Perubahan Fisik Lainnya.
Kelenjar tiroid/ gondok disisi leher bagian depan membesar.
Minggu 10, ukuran uterus anda sudah sebesar buah grapefruit (buah sejenis jeruk)
Payudara sudah lebih besar dari ukuran bra normal anda.
Minggu 11, rasa mual, muntah dan morning sickness mulai hilang.
Volume darah bertambah banyak, dan anda dapat mengalami mimisan.
Minggu 12, akhir dari trimester pertama, uterus sudah tumbuh lebih tinggi dari tulang panggul dan terasa bila diraba dari luar.

Minggu 9, mulut dan hidung sudah kelihatan; kedua lengan pun tumbuh dengan cepat.Minggu 10, bentuk jari tangan dan jari kaki sudah kelihatan, walaupun satu sama lainnya masih tersambung oleh selaput kulit.Diakhir minggu 11, semua organ bagian dalam sudah berbentuk dan berfungsi.

Minggu 12, atau akhir trimester pertama- kelopak mata, kuku jari tangan dan kaki telah kelihatan, persendian bisa bergerak, bayi mampu mengisap dan menelan.

Semua sistem dalam tubuh bayi telah berkembang dengan baik dan banyak organ yang bentuknya hampir sempurna. Meskipun dalam 12 minggu janin tumbuh dengan cepat, janin masih belum mampu hidup di luar rahim.

Download aplikasi alquran terjemah indonesia GRATIS! DOWNLOAD

31 comments on “Kehamilan Trimester Pertama

  1. rina February 10, 2011 6:13 am

    halo dok, sy mau tanya nih..dua minggu yg lalu saya cek ke dokter kandungan.tgl 22 januari sy haid tp hanya sedikit dan berlangsung 3 hari.biasanya haid sy banyak dan berlangsung 7 sampai 8 hari.setelah di usg ternyata sudah terlihat kantong anak,menurut dikternya usianya baru 2 minggu.
    tp yg sy bingung sy coba test pack di rumah ko hasilnya negatif ya?

  2. mirna February 10, 2011 6:18 am

    halo dok, sy mau tanya nih..dua minggu yg lalu saya cek ke dokter kandungan.tgl 22 januari sy haid tp hanya sedikit dan berlangsung 3 hari.biasanya haid sy banyak dan berlangsung 7 sampai 8 hari.setelah di usg ternyata sudah terlihat kantong anak,menurut dikternya usianya baru 2 minggu.
    tp yg sy bingung sy coba test pack di rumah ko hasilnya negatif ya?

  3. tuty August 1, 2011 6:44 pm

    mau nan’y nieehh aq lom telat haid tp tanda2 kehamilan kya yg buku aq baca tuh dah da,apa y aq hamil?

  4. Tya August 2, 2011 8:56 am

    Sore Dok, saya mau nanya nih…Kemungkinan besar usia kandungan 5 minggu kalau di USG pasti sudah kelihatan kan???tapi kok pas saya periksa dan USG blm kelihatan sama sekali…Apakah hasil USG bisa terjadi kesalahan???Saya jadi ragu apakah saya hamil??sedangkan pada saat saya tes urin hasilnya positif…dan saya jg merasakan gejala menjelang menstruasi seperti kembung, gerah, dan sakit kepala.
    Payudara mulai membesar dan menjadi lebih peka, sakit,Frekuensi buang air kecil bertambah.

  5. linda September 26, 2011 6:12 am

    Dok, saya mau nanya ya, saya udah telat 2 minggu lebih, tapi waktu di tes urin hasilnya negatif, mau USG rasanya ragu kalau – kalau negatif juga. apa perluya saya USG untuk memastikan hamil apa tidak, karna tanda tanda awal kehamilan sudah terlihat. mohon diberikan sarannya.

  6. allyn October 25, 2011 3:54 am

    dok,saya sudah lewat 1 minggu,tapi saya try test urin negatif..selalunye piriod saya teratur..patut ke saya ke klinik untuk pemeriksaan lebih awal..

  7. yetnie November 21, 2011 10:00 am

    hai dok mau tnya jg,,,bagaimana jika wanita yg belum telat mens tapi udh ad tnda2 mual n pusing,,hamil kah atau ada pnyakit lain??

  8. rafi January 11, 2012 2:42 am

    halo dok,istri saya sedang hamil kira2 dah menginjak usia 6-7 minggu.saya sudah usg 2 x.trakhir usg tgl 10 januari.tapi masih terlihat kantong kehamilan saja.saya usg karena dapat rujukan dari klinik setelah istri saya selama 2 hari keluar darah yang kadang kaya darah mens.sebelumnya keluar flek-flek terus.padahal istri saya sudah bedrest 1 minggu tapi tetap aja keluar darahnya.apakah hal ini termasuk abortus imminens.mohon penjelasannya?apakah mesti di kuret soalnya kata dokter saya nunggu satu minggu lagi..untuk melihat apakah janin berkembang dengan normal apa tidak….terima kasih

  9. dwi January 20, 2012 9:36 am

    hay dok, saya mau tanya nih. istri saya bilang kalau tanda tanda hamil sudah ada contohnya pinggang terasa sakit, pusing pusing, putingnya membesar, perut kram, apakah itu ciri ciri orang hamil atau bukan sebetulnya sih mens nya masih 2minggu lagi,, terima kasih

  10. desi January 26, 2012 11:02 am

    sore dok, saya mmg blm telat haid (haid saya 1 minggu lg), tp kenapa mulut saya terasa pahit saat ini dan perut saya udah 2 minggu ini sering keram/tenggang dan juga sering sakit dibawah kedua payudara saya, apakah saya mmg hamil dok? mksh atas jawabannya

  11. alya February 3, 2012 8:54 am

    sore dok, saya mau tanya… saya baru nikah tgl 14 Januari 2012 kemaren. saya belum telat haid, krna belum tanggalnya. tapi perubahan yang saya alami, mudah capek, sesak nafas, payudara terasa sakit, gatal dan lebih besar, perut terasa keram seperti mau haid, kaki juga keram, emosi labil dan cenderung melow. apakah itu menandakan saya hamil ?? trimakasih buat jawabannya dok..

  12. dhona February 4, 2012 11:32 pm

    Slm knl dok,sy mau tnya terkhir sy dpt haid tgl 27 nov dan smpai skrg sy blm haid,sy mrskn tanda2 hamil itu cm sy tdk sadari stlh telat 2bln ini br sy sadar smggu yg lalu sy cb check pkai tespack tp hslnya negatif,sblmnya sy tdk prnh telat seandainya mundur plg hny 2-7hari begitu jg jk haidnya maju,kpn sy hrs test lg biar bs psti positif atau sy hrus melakukan usg,apa pengaruh faktor kegemukan jd sulit mendptkan hasil dr tespek.trmksh atas jwbannya

  13. tiwi February 13, 2012 5:56 am

    halo dok,saya sedang hamil 9 minggu tp koq saya gak pernah merasakan detak jantung janin saya lg ya knp?wktu hamil 8minggu saya sering merasakan detak jatung si janin walau pun cuma sebentar2 tp skrg sdh gk lg?apa kandungan saya ada masalah?terimakasih

  14. murni March 21, 2012 2:59 am

    dok, saya udah test positif hamil, saya bawa ke dokter saat usia 6 minggu di usg blum kelihatan,setelah itu saya di usg ulang 2 minggu lagi ternyata kelihatan kantung kandungannya, tp janinnya blum kelihatan,saya di suruh usg ulang klagi 2 minggu lagi, kira2 ada masalah gak ya dok dengan kehamilan saya???

  15. ika March 27, 2012 2:42 am

    sya ada riwayat mens ga teratur,,,3 bln yang lalu saya periksa kedokter ,dan dokter menyarankan saya minum pil kb,kemudian sya minum,selepas saya minum pil kb tersebut mes teratur,sampai2 2 bln yg lalu sya tidak mendapat mens..hampir 2 bulan,saya cek lagi ternyata ga hamil,kemudian mens keluar,,dan sekarang sya kluar bercak merah / flek kurang lebih seminngu tp sedikit….tp payudara saya terasa nyeri,,dok apa saya hamil ya dok sya bingung klo kedokter pasti bilangnya hormon,,,giman dok saya ini biar mens lancar dan ketahuan klo saya hamil.

  16. selly April 10, 2012 12:22 am

    Pagi dok,,saya uda telat 9 hari lalu saya taspak hasilny ada garis 2 yg 1 tapi masih samar-samar,lalu saya USG disana hanya terdapat kantung nya saja,katanya usia kantungnya sudah 4minggu,nah dok yg saya mau tanyakan kenapa hanya kantungny saja yang terlihat y,sementara teman sy ada yg sudah terlihat embriony,terimakasih

  17. wina May 8, 2012 9:16 am

    sore dok,saya sudah positif hamil 2 bulan
    yang mau saya tanyakan apakah di umur saya yag tergolong masih muda 17th
    bisa melahirkan secara normal dok?

  18. jasmine October 9, 2013 8:18 am

    Hai dok,aq mau tanya..aq udh telat 2 bulan tp test pack hasilnya negatif dan di USG juga blm kelihatan ada tanda2 hamil..tp sy sering merasakan kepala pusing dan puting payudara dan perut terasa gatal sekali..apakah saya hamil dok ?

  19. Ajeng October 10, 2013 5:30 pm

    Salam dokter saya sangat takut sekali terakhir mens Tgl 5 Augustus 2013, Tgl 2 oktober 2013 saya beli alat test hamil hasil nya garis 2 walaupun yg 1 garis blm jelas , hari ini keluar darah tapi tidak banyak sedikit , apa saya keguguran dokter mohon infonya

  20. erna October 16, 2013 3:31 am

    dok saya mau tanya sya kmarin USG k dr kandungan tgl 3-10-2013 hasilny crl:1.21cm,G.A:7w3d,EDD:19-05-2014 trus saya USG tgl 16-10-2013 hslny crl:1.18,G.A:7w2d,EDD:02-06-2014 yg sya mau tnyakan kenapa hslny og smakin menurun za dok CRLny ap it berpengaruh buat janin ap tdk… trima kasih atas jwabanny.

  21. Chica Adhariesman October 24, 2013 11:56 am

    Dear Dokter,
    Saya sedang hamil 5 minggu, tp tiba2 hari ini keluar flek tapi tidak ada rasa sakit pd perut, saya konsul ke bidan katanya saya harus bed rest dan klo masih kluar lg fleknya disarankan USG, sebelum saya USG, saya mau tanya apakah flek itu berbahaya untuk kehamilan saya? Karna ini kehamilan pertama saya jadi agak2 cemas

  22. angel November 6, 2013 5:56 pm

    Saya telat haid 13 hari,tp test pack negatif sebelumnya siklus haid normal 28-30 hari,yang saya rasakan sekarang sakit pinggang,kembung,susah tidur,perut bawah suka tegang,keluar cairan bening tak berbau.tapi payudara cuma sedikit membesar dan puting tidak sakit.apakah saya hamil?

  23. nurhamidah November 21, 2013 4:25 pm

    dok,saya udah telat lebih dari seminggu,haid saya teratur mundur 2 hari dari haid sebelumnya,baru2 ini saya kram diperut,pikir mens mau datang ternyata tidak,tapi,PD saya bengkak ,dan sakit kalau diraba,badan saya pegal2 semua macam mau demam,apa saya hamil atau hanya telat mens ya dok,saya jadi bingung

  24. Dwi November 30, 2013 11:05 am

    S0re d0k.
    Sy mw tny.
    Blan kmrn trakhir haid tgl 27 0kt, periode rata2 28 hri.
    Kn aturan na tgl 24 n0v dtng haid na, tp smpy tgl 30 n0v bl0m muncul uga.
    Nah, pas td pgi sy selesai BAK, ad lendir c0klat gitu, tp dikit.
    S0re na, pas mw mandi, ad keluar darah wrna htam, g bnyak.
    Tu petanda apa, y d0k?
    Wkt telat 5 hri sy ke bidan, dtespeck hasil na samar, dan sy dkasih CALFERA MULTIVITAMIN kta na, utk penyubur gitu.

  25. yuni December 2, 2013 11:57 pm

    Pagi dok,saya mo nanya
    terakhir saya haid tgl 22 oktober smp skrng sya blm haid,saya telat dah 11 hari,bru skrng saya telat sebelumnya saya ga pernah telat haid.dah 2x tes pacK 2x hslnya negatif.dah seminggu lebih saya kram perut,pinggang sakit,tp payudara agak sakit sedikit membesar dan puting tdk sakit.pas mau mandi keluar lendir coklat gitu tp dikit.apakah saya hamil atau cuma telat haid ya dok!!!,saya bingung dok,udah pngn bngt pny baby dah 8 thn lamanya menantikan sang buah hati.mohon solusinya ya dok.thanks

  26. wustia December 6, 2013 3:25 am

    pagi dok, tanggal 18 oktober 2013 saya berhubungan intim dgn suami,setelah itu saya minum pil kb. Tanggal 7 november 2013 saya haid selama 6 hari. Tapi perut saya jd buncit kembung keras, dan bulan ini saya belum haid, sudah d tespek hasilnya negatif, apakah saya hamil? Terimakasih dok , tolong di jawab.

  27. miftah December 9, 2013 9:12 am

    sore dok.
    saya mau tanya, haid saya tgl 6 dec ini. saya telat mengalami beberapa gejala awal kehamilan perut kembung, mual dan sakit kepala. subuh tadi saya TP hasilnya negatif. nah tadi siang, awalnya keluar bercak. trus sampe sekarang darah masih keluar. dan perut terasa keram.
    mohon bantuan penjelasannya ya dok.
    terimakasih dok.

  28. mia December 10, 2013 5:50 am

    Ciank dok, aq mau nanya, aq bulan kmrn dapet haid tgl 25 nov tp cmn 1 hari bnyk, abz tuh berhenti, knp ya

  29. harni December 17, 2013 6:14 pm

    malam dok.sy hamil 7 minggu 4 hari tp kok sy tdk merasakan apa2 y.

  30. dwi susanti December 20, 2013 10:13 am

    Dok, saya mau nany? Kmrn saya TP hasilny negatif, tp saya menny disertai flek warna coklat? Ap say hamil tp badan saya lemah n keseringan buang air kecil! Saya berharap banget hamil

  31. siti January 2, 2014 2:51 am

    dok…saya hamil 8 w….kenapa sejak saya USG dan minum obat vioxy.fm dan hystolan selalu keluar darah hitam sedikit tanpa ada rasa nyeri di perut??
    tapi kalo obat it tdak saya minum gak ada kluar darah…menurt dokter gmna??
    termaksh…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


+ three = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>