Pengertian gaya hidup

Pengertian Gaya Hidup – Gaya hidup menurut Kotler (2002, p. 192) adalah pola hidup seseorang di dunia yang iekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

Gaya hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam beraksi dan berinteraksi di dunia. Menurut Assael (1984, p. 252), gaya hidup adalah “A mode of living that is identified by how people spend their time (activities), what they consider important in their environment (interest), and what they think of themselves and the world around them (opinions)”.

Secara umum dapat diartikan sebagai suatu gaya hidup yang dikenali dengan bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas), apa yang penting orang pertimbangkan pada lingkungan (minat), dan apa yang orang pikirkan tentang diri sendiri dan dunia di sekitar (opini). Sedangkan menurut Minor dan Mowen (2002, p. 282), gaya hidup adalah menunjukkan bagaimana orang hidup, bagaimana membelanjakan uangnya, dan bagaimana mengalokasikan waktu. Selain itu, gaya hidup menurut Suratno dan Rismiati (2001, p. 174) adalah pola hidup seseorang dalam dunia kehidupan sehari-hari yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapat yang bersangkutan. Gaya hidup mencerminkan keseluruhan pribadi yang berinteraksi dengan lingkungan.

Dari berbagai di atas dapat disimpulkan bahwa gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapatnya dalam membelanjakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu. Faktor-faktor utama pembentuk gaya hidup dapat dibagi menjadi dua yaitu secara demografis dan psikografis. Faktor demografis misalnya berdasarkan tingkat pendidikan, usia, tingkat penghasilan dan jenis kelamin, sedangkan faktor psikografis lebih kompleks karena indikator penyusunnya dari karakteristik konsumen.

2.2.2. Gaya Hidup AIO (Activity, Interest, Opinion)

Psikografik (Psychographic) adalah ilmu tentang pengukuran dan pengelompokkan gaya hidup konsumen (Kotler, 2002, p. 193). Sedangkan psikografik menurut Sumarwan (2003, p. 58), adalah suatu instrumen untuk mengukur gaya hidup, yang memberikan pengukuran kuantitatif dan bisa dipakai untuk menganalisis data yang sangat besar. Analisis psikografik biasanya dipakai untuk melihat segmen pasar. Analisis psikografik sering juga diartikan sebagai suatu riset konsumen yang menggambarkan segmen konsumen dalam hal kehidupan, pekerjaan dan aktivitas lainnya. Psikografik berarti menggambarkan (graph) psikologis konsumen (psyco).

Psikografik adalah pengukuran kuantitatifgaya hidup, kepribadian dan demografik konsumen. Psikografik sering diartikan
sebagai pengukuran AIO (activity, interest, opinions), yaitu pengukuran kegiatan, minat dan pendapat konsumen. Psikografik memuat beberapa pernyataan yang menggambarkan kegiatan, minat dan pendapat konsumen. Pendekatan psikografik sering dipakai produsen dalam mempromosikan produknya, seperti yang dinyatakan oleh Kotler bahwa psikografik senantiasa menjadi metodologi yang valid dan bernilai bagi banyak pemasar (2002, p. 193). Solomon dalam Sumarwan (2003, p. 59) menjelaskan studi psikografik dalam beberapa bentuk seperti diuraikan berikut.

1. Profil gaya hidup (a lifestyle profile), yang menganalisis beberapa karakteristik yang membedakan antara pemakai dan bukan pemakai suatu produk.

2. Profil produk spesifik (a product-specific profile) yang mengidentifikasi kelompok sasaran kemudian membuat profil konsumen tersebut berdasarkan dimensi produk yang relevan.

3. Studi yang menggunakan kepribadian ciri sebagai faktor yang menjelaskan, menganalisis kaitan beberapa variabel dengan kepribadian ciri, misalnya kepribadian ciri yang mana yang sangat terkait dengan konsumen yang sangat memperhatikan masalah lingkungan.

4. Segmentasi gaya hidup (a general lifestyle segmentation), membuat pengelompokkan responden berdasarkan kesamaan preferensinya.

5. Segmentasi produk spesifik, adalah studi yang mengelompokkan konsumen berdasarkan kesamaan produk yang dikonsumsinya.

Orang-orang yang berasal dari sub-budaya, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama dapat memiliki gaya hidup yang berbeda. Gaya hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi dengan lingkungannya. Pemasar mencari hubungan antara produknya dengan kelompok gaya hidup konsumen. Contohnya, perusahaan penghasil komputer mungkin menemukan bahwa sebagian besar pembeli komputer berorientasi pada pencapaian prestasi. Dengan demikian, pemasar dapat dengan lebih jelas mengarahkan mereknya ke gaya hidup orang yang berprestasi.

40 comments on “Pengertian gaya hidup

  1. Lanang Suprayogi August 18, 2010 10:00 am

    Minta semua referensi bukunya dong…
    Judul buku sama pengarangnya yah…
    Trims…
    :)

  2. rico September 30, 2010 4:34 pm

    makasih..
    very helpfull :)

  3. Tiara October 3, 2010 11:58 am

    Boleh minta judul buku dan pengarangnya ga?
    Need it so much utk bahan skripsi.
    :)

  4. michelle October 13, 2010 7:35 am

    halo, minta judul buku dan nama pengarang kutipan2 diatas dong. :) thx before.

  5. Ardi October 16, 2010 4:34 am

    wah bagus tulisannya,minta izin d’utip y mas

  6. bond November 4, 2010 3:07 am

    bagus banget nih artikel.
    aq juga minta info referensi bukunya donk mas, lagi butuh buat baha tugas akhir juga nih. please n thx

  7. yogo November 10, 2010 1:37 pm

    Minta judul buku please..i need for my life

  8. Titus Cahya Primadian December 13, 2010 5:29 pm

    Thanks untuk bagi-bagi informasinya… Sangat membantu!!

  9. Greyhaseo December 15, 2010 7:43 am

    Minta referensi terkait gaya hidup TKI dund bisa engga … hehehhe

  10. Hendro January 26, 2011 4:57 am

    minta referensi bukunya donk..

  11. Ritna February 25, 2011 7:48 am

    Q juga minta referensi bukUnya.^_^

  12. Kathleen March 15, 2011 9:53 am

    bisa minta referensi bukunya? thanks

  13. odet April 7, 2011 6:54 am

    trims yah.. buat nanbah teori buat skripsi gw. maskih banyak masbro atau mbasis :D

    semoga di bales sama Tuhan, hehehe

  14. dinda April 9, 2011 3:33 pm

    good article! blh minta referensi bukunya ga mas? makasi..

  15. estik April 21, 2011 5:13 am

    Boleh minta judul buku dan pengarangnya ga?
    mhn info dan bantuannya ya, u/ bahan TA..
    trims b4

  16. saddam April 24, 2011 10:00 pm

    sama kaya beberapa koment diatas. minta referensinya untuk skripsi donk ;) btw nice infonya :)

  17. herlina June 20, 2011 3:51 pm

    ak juga minta referensinya donk :)

  18. ragib fahlevi July 24, 2011 1:34 pm

    Boleh minta referensi bukunya mas?. Terimakasih sebelumnya :)

  19. sara sahrazad August 3, 2011 5:32 am

    minta refrensinya donk, butuh tuk bahan thesisqu nie.. thx before

  20. prata September 23, 2011 1:38 pm

    boleh minta judul bukunya g untik skripsi ni?? thanks…

  21. bernadus November 17, 2011 5:53 am

    sama kaya beberapa koment diatas. minta referensinya untuk skripsi donk btw nice infonya

  22. miko November 25, 2011 11:48 am

    Thanks artikelnya :)

  23. Diah December 18, 2011 9:15 am

    Boleh minta referensiny juga? demi kelancaran tugas kuliah. hehe. btw, kok belum ada yg dibales sm penulis artikelny ya? plis bales ya. terima kasih :)

  24. maria January 12, 2012 10:22 am

    minta referensi bukunya dong, judul, nama pengarangnya dan penerbitnyaa
    untuk bahan referensi TA
    tengkyu :)

  25. meand April 9, 2012 4:49 am

    Gua juga dong referensi judul bukunya,, terimakasih sebelumnya…

  26. Mohammad Syaiful Bahri May 1, 2012 10:41 pm

    Mohon bantuannya : referensi judul bukunya,, terimakasih sebelumnya…semoga Tuhan yang membalas

  27. nursanti May 5, 2012 5:20 pm

    assalamua’alaikm

  28. dewi May 11, 2012 3:29 am

    aslmkummm…,
    minta referensinya donk!!
    artikelnya bagus,, dapat dimanfaat oleh smua orang..
    mmoga makin menambah wawasan tiap insan..

  29. evita June 2, 2012 11:13 am

    sori..artikelnya bagus.. boleh minta referensinya? saya juga lagi cari buku buku ini.. mohon batuannya ya..

  30. pity June 22, 2012 12:43 pm

    minta referensinya juga dong

  31. Nadiaananda September 21, 2012 9:08 am

    Makasihhh,, akhirnya aku tahu juga deh se sangat bermanfaat,, thanks

  32. anne September 25, 2012 1:25 am

    referensinya mana aja nihh???

  33. Rama December 20, 2012 9:06 pm

    minta referensinya donkkk …

  34. bell January 27, 2013 9:09 am

    minta referens nya..thanx

  35. desi February 20, 2013 2:01 pm

    kok ngga ada yang di balas””””””ya aku punya sama seperti mereka semua,,mohon bantuannya,,,pleassssssss

  36. SILVI PRATIWI March 20, 2013 2:13 pm

    makasih ya bang/mas/kakak/mba. akhirnya saya bisa menjawap pertanyaan di LKS. :)

  37. leidy K April 8, 2013 9:35 pm

    nice info,,bisa minta referensi bukunya,,makasih

  38. yuli May 28, 2013 11:12 pm

    kak mhon bantuan y ya untuk mengirimkan refrensi y untuk kperluan skripsi,trimakasih.

  39. tebe April 12, 2014 11:50 pm

    Permisi, boleh minta referensinya gak? untuk keperluan tugas akhir saya. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


seven − = 1

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>