Kelenjar getah bening

kelenjar getah beningKelenjar getah bening – Limfoma adalah kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal, seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada bebagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang, darah ataupun organ lain.

Limfoma adalah kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal, seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada bebagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang, darah ataupun organ lain.

Ada dua jenis kanker sistem limfotik yaitu penyakit hodgkin dan limfoma non-hodgkin (NHL). Kanker kelanjar getah bening atau limfoma adalah sekelompok penyakit keganasan yang bekaitan dan mengenai sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.

Cairan limfatik adalah cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limfatik. Ada dua macam sel limfosit yaitu sel B dan T. Sel B berfungsi membantu melindungi tubuh melawan bakteri dengan membuat antibodi yang memusnahkan bakteri. Gejala dan penyakit kanker kelenjar getah bening meliputi pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, ketiak atau pangkal paha.

Pembengkakan kelenjar tadi dapat dimulai dengan gejala penurunan berat badan secara gratis, rasa lelah yang terus menerus, batuk-batuk dan sesak napas, gatal-gatal, demam tanpa sebab dan berkeringat malam hari. Seringkali penderita tidak menunjukkan gejala khas hanya memiliki semacam benjolan atau pembengkakan kelenjar getah bening pada leher. Karena tidak ada keluhan khas banyak pasien baru berobat saat masuk stadium lanjut sehingga sel kanker sudah menyebar dan sulit diangkat dengan operasi.

WHO memperkirakan sekitar 1,5 juta orang di dunia saat ini hidup dengan NHL dan 300 ribu orang meninggal karena penyakit ini tiap tahun. Sekitar 55 persen dari NHL tipenya agresif dan tumbuh cepat. NHL merupakan kanker tercepat ketiga pertumbuhannya setelah kanker kulit dan paru-paru. Angka kejadian NHL meningkat 80 persen dibandingkan tahun 1970-an. Setiap tahun angka kejadian penyakit ini meningkat 3-7 pesen. NHL banyak terjadi pada orang dewasa dengan
angka tertinggi pada rentang usia 45-60 tahun. Makin tua usia makin tinggi risiko terkena limfoma karena daya tahan tubuhnya menurun.

Hingga kini penyebab limfoma belum diketahui secara pasti. Ada empat kemungkinan penyebabnya yaitu faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus atau bakteri dan toksin lingkungan (herbisida, pengawet, pewarna kimia). Penyebabnya multifaktor. Terdapat lebih dari 30 subtipe NHL (90 persen dari jenis sel B) yang dapat diklasifikasikan
dengan pertimbangan beberapa faktor, penampakan di bawah mikroskop, ukuran, kecepatan Waspadai Benjolan Di Leher Pertanda Awal Kanker Kelenjar Getah Bening tumbuh dan organ yang kena.

Limfoma indolen (derjat rendah) tumbuh lambat sehingga diagnostik awal lebih sulit. Pasien dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun tetapi belum ada pengobatan yang menyembuhkan. Pasien biasanya memberi respon baik pada terapi awal, tetapi sangat mungkin kambuh lagi. Penderita limfoma indolen bisa mendapat terapi hingga enam kali
sepanjang hidup, tetapi makin lama responnya menurun. Limfoma agresif (derjat keganasan tinggi) cepat tumbuh dan menyebar. Jika dibiarkan tanpa pengobatan dapat mematikan dalam enam bulan. Angka harapan hidup rata-rata lima tahun
dan 30-40 persen sembuh. Pasien yang terdiagnosa dini langsung diobati lebih mungkin meraih risiko sempurna dan jarang kambuh, karena ada proteksi kesembuhan, biasanya pengobatan lebih agresif

40 comments on “Kelenjar getah bening

  1. vie January 14, 2011 8:51 am

    aku punya kelenjar getah bening di leher , itu turunan dari mamah aku .

    jumlahnya sekitar 4 -5 buah dan satu diantara nya agak membesar .

    tadinya hanya satu , sekarang ber tambah banya k.

    kira2 , apa pengobatan yang di lakukan harus operasi ???

    dan kiranya saya harus bagaimanaa ?

    saya juga mengalami penurunan berat badan yang drastis , batuk2 , sesak nafas , dan kadang panas dingin dengan panas yang lumayan tinggi .

    thanks buat solusinya , di tunggu balasanyya .

  2. ceka April 21, 2011 5:43 am

    @vie
    bokap g jg terserang kanker jns itu dr awal januari 2011 kmrn , hny 1 benjolan.dokter menawarkan kemoterapi, tp krn kondisi tubuh bokap g ga memungkinkan utk di kemo yg di krnkan selain kanker bkp g jg ginjal kronis dan darah tinggi yg akut.makanya g dan keluarga memutuskan utk tdk menjlni kemoterapi, krn kemo hny bs mempercepat jarak kematian bkp g. yg d lakuin skrg cm berserah sm tuhan, sll menyemangati bokap dan mengkonsumsi obat herbal dr dr.chris. y intinya adalah iman, ttg umur cm tuhan yg ngatur kl kita berpikir dan sll percaya kl kita bakal sembuh, itu bakal terjadi. smg loe, bkp g, dan seluruh manusia yg terkena kanker cepat sembuh dan bs menjlni aktvts sprt org normal lainnya. gbu

  3. annisa rahmany May 21, 2011 6:46 am

    diupayakan jgn mengambil keputusan untuk kemo,
    saya ada solusinya, insyaallah sangat membantu,
    silakan via email

  4. deden November 16, 2011 3:54 pm

    bpk saya sudah lama terkena kelenjar bening pada awal.a penyakit itu tdk bisa d rasakan tetapi jalan 1 thun penyakit itu mulai tumbuh..
    gmna cra.a untk menyembuh khan.a ?
    trima ksh

  5. Julianita Armi December 6, 2011 2:01 pm

    Saya juga mengalami penyakit yang sama, apakah operasi jalan satu-satunya??

  6. Lia Nurhadiah December 14, 2011 9:22 am

    saya mengalami sbuah bnjolan di pangkal leher,benjolan itu lunak klo dipegang seperti ada cairan didalamnya….selama sebulan saya coba berobat ke alternatif tp tiada hasil hanya memperparah benjolan itu dan akhirnya saya periksakan k dokter dan saya di diagnosa kelenjar limfosit yang akan kemungkinan menjadi tuberkolis…selama itu saya menjalani pengobatan dan alhamdulilah sudah ada kemajuan benjolan itu mulai mengecil…untuk teman2 atao saudara2 jika ada yang punya gejala seperti saya..segerahlah diperiksa karena qt tdak tau benjolan itu termasuk kategori yg membahayakan ato tdak,,,,,,semangat ya!harapan itu pasti ada selama qt mw berusaha,,,,

  7. ina December 22, 2011 1:59 pm

    saya punya teman sekelas yang terkena kleenjar getah bening ..saya bingung harus gmana..sayang sama dia
    dia sering bgt pusing,bhkan pingsan,mual jg
    saya hanya bs berdoa..tp sebenarnya saya ingin membantu lebih dr itu
    saya harus bgaimana?mhon saran :’(

  8. Intan Dwinov December 29, 2011 9:36 am

    Sy sudah sebulan merasakan ada benjolan dileher sebelah kanan dan kalo disentuh terasa sakit, kadang wajah n rahang sebelah kanan pun ikut sakit. Apakah yang sy alami ini termasuk gejala penyakit getah bening? Gmana pengobatan sebaiknya yang sy lakukan? TQ.

  9. yaya December 31, 2011 8:14 pm

    tept”y hr ini saya difonis tlh trjdi pembengkakan kelenjar getah bening di leher yg sudah lumayan besar. apa yg harus saya lakukan?? seberapa jauh bahayanya?? apa yg harussaya hindari? ju2r saya sangat shock mendengar’y rn 2bln yg lalu saudara saya meninggal krn penyakit ini jg. mohon penjelasannya pula mngenai penyakit ini dan apakah dia salah satu penyakit menular?? Tq

  10. nanda January 27, 2012 1:01 pm

    ada nih benjolan di sekitar leher dan kepala , kadang2 sakit . apalagi pas mau tidur kepala jadi pusing . apa ini juga kelenjar getah bening ? kalo iya obatnya apa selain operasi ?

  11. Vicky January 28, 2012 11:40 am

    Saya ada benjolan kecil di belakang telinga, awalnya agak senut-senut dan memerah.. lalu makin membengkak tetapi tidak sakit, tapi bengkaknya tidak kunjung hilang. apa ini termasuk penyakit kelenjar getah bening?Kira-kira berbahaya atau tidak? pengobatan yang paling cepat apa saja? terima kasih

  12. nike March 7, 2012 6:40 am

    kalo benjolan di ketiak bisa di bilang penyakit kelenjar getah bening gak?

  13. YULHENDRI March 15, 2012 8:36 am

    Apakah Kalau benjolan disebelah kanan leher bayi umur 10 bln se ukuran kelereng kecil dan kalau diraba bisa jalan disebut kelenjar getah beningt?mohon bantuan jawabannya,terimakasih

  14. yuli May 4, 2012 1:04 am

    Sya punya adik dan sjak 3 thn dia trkena kanker klnjar getah bning, kmi skeluarga sdh brupya utk mnjlani pngobatan mnrut anjuran dokter. Dr mulai di operasi, kemo I (6 kali), sinar (25 kali) dan terakhir dibiopsi. Awal’y kanker ini tumbuh didalam rongga paru, krna trmasuk kanker ganas dokter hnya mngambil sbgian dr kanker tsb utk dikeluarkn dan sisa’y melalui jalur kemo dan sinar. Akn ttpi kanker ini tumbuh lgi diketiak, mnurut saran dokter hrus di biobsi. Tetapi stelah dibiobsi kanker ini tumbuh lgi ditempat yg sma bahkan skrg sudah merembet ke bekas jahitan operasinya. Dan pengerasan salah satu payudara. Lgi2 dokter menyarankan utk dikemo lgi ttpi dgn obat yg lebih dahsyat. Kami dsuruh pikir2 dlu smpai kami siap, mengingat kondisi adik sya secara fisik sdh mulai lemah, dan ini yg mnjdi kekhawatiran kluarga. Kami takut adik kami tdk snggup utk mnjalani kemo tahap 2. Kira2 apa yg hrus kami lakukan yah? Txs

  15. shera May 7, 2012 10:35 am

    saya merasakan ada benjolan pada leher saya tetapi tidak trasa skit bla dpgang saya juga ngga mngrtii ,,tapi bnjolan itu sllu brtmbah ap yg hrs sya lakukan slain oprasi…
    trmakasi

  16. laras May 18, 2012 12:55 pm

    kalau benjolan di leher sampai membuat leher bolong dan nanah kadang2 keluar dari lubang tersebut, dan sekarang badan mulai terasa lemas dan mulai sesak napas, itu bisa dikategorikan dalam kelas yg rendah, sedang, atau parah ya? terus kalau sudah begitu bagaimana cara penyembuhannya yg baik ya? terima kasih, salam kenal. tolong dijawab yaa :)

  17. wiza June 1, 2012 7:49 am

    saya berusia 24 th , blm menikah. ada pembengkakan kelenjar getah bening dileher sebelah kanan, awalnya tumbuh di diatas tulang leher dan hanya satu, sakit tetapi skrg benjolan itu sdh mulai mengecil namun ada tumbuh lagi beberapa benjolan dan yg paling sakit di pabgkal rahang tepatnya dibawah telinga sebelah kanan. mohon kira2 solusi apa yg bs sy lakukan selain operasi, krn mengingat resikonya besar sekali.

  18. Aan Amirudin June 6, 2012 7:15 am

    Diperhatikan ,kalau sudah membengkak, penyakit kelenjar getah bening kok mirip gondok ya,, kalau sama kan tidak mungkin, nah kalau beda. apa yang membedakan??

  19. decha June 9, 2012 1:36 am

    apa kelenjar getah bening sangat berbahaya ? 3 stngh bulan yang lalu telah menjalankan operasi . apa seseorang yang telah melakukan operasi tsb sudah sembuh ?
    berapa persentase harapan untuk masih bisa bertahan hidup ?

    tolong segera berikan saran dan jawaban . .
    terimakasih

  20. sinox June 11, 2012 8:37 am

    q juga mempunyai pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak,,kurang lebih udah 10 bulan saya tidak menjalani pengobatan. apakah itu akan memperburuk keadaan saya ya???? kadang saya juga merasakan sesak nafas jikalau saya berada di tmpat yg sirkulasi udaranya kurang bgus,,n batuk2 yg dtang dg sndrinya,,tetapi saya tetap gndut ya???

  21. lintang yuli June 14, 2012 5:11 am

    mamaku sakit limfoma berada di leher, sekarang lagi di rawat di rumah sakit, sudah di kemo 1x, lehernya juga sudah kempes, tapi sekarang kondisi mamaku menurun, kata dokter ada cairan di paru2 mamaku yang mengakibatkan mamaku sulit utk menerima oksigen, apakah ini ada hubungannya dengan leukosit ya,terus apa yang harus saya lakukan, tolong segera berikan saran dan jawabanya, terimakasih banya. .

  22. desi aldhyla July 17, 2012 8:48 am

    aku ada benjolan di bawah telinga, semakin lama semakin besar. udah beberapa tahun menderita benjolan itu. aku mohon informasi untuk pengobatannya. tapi jangan dengan jalan operasi karena aku takut. kalau bisa yang tradisional aja.

  23. ronna July 18, 2012 11:59 am

    Ade ku sakit kelenjar tapi kami sekeluarga takut menjaani operasi bagaimana cara yg tepat tampa operasi

  24. Aries July 23, 2012 7:13 am

    siang. .
    Nama saya ARIES usia 19 taun,
    saya mu tanya apakah penyebab penyakit kelenjar?
    .1taun 1/2 yang lalu,saya menjalani operasi kelenjar,tapi knapa skarang penyakit kelenjar itu tumbuh lagi di bekas operasian yg dulu,saya gak mau masuk ke ruang operasi untk yg ke 2 kali nya,
    adakah obat untk menghilang kan kelenjar,tanpa operasi?
    Terima kash

  25. dois August 2, 2012 2:48 pm

    Halo… Saya dois, ia nih saya punya kelenjar getah bening udah lumayan banyak di leher banyak dan membesar, di ketiak & pangkal paha juga ada :(. Setiap ada benjolan yg tumbuh pasti sakit. Walaw sudah minum obat dari Dokter kok masih ada yg tumbuh ?ªª…

  26. Bagus August 3, 2012 8:45 am

    saya juga mengalami hal yg sedemikian rupa,
    trdpt benjolan di belakang telinga kiri saya,
    Awalnya hanya 1 tpi setelah 3 hari benjolan tsb bertambah smpai kesluruh leher ada 9 benjolan.
    Dan aku sudah menjalani operasi untuk diambil sample , dan di check di lab, tinggal nunggu kabar dr dokter, agar diketahui apakah ada obatnya atau nggak,
    Dan saya mau tanya apakah benjolan trsebut bisa kmbuh lgi? Dan apa penyebabnya?
    Mohon solusinya.

  27. Cecilia August 17, 2012 3:36 pm

    Saya mempunyai info bagus untuk therapy pengobatan kanker getah bening, sudah diteliti pihak kedokteran.Yang berminat bisa sms / telp ke 0819.7780.4589

  28. Yuliastuti. September 1, 2012 5:49 am

    Kebetulan suami aku jugs mengalami Hal yang sama dan karena menurut kami pengobatan herbal lebih aman, jadi kami mencari pengobatan alternatif, dengan menggunakan jus manggis+sirsK, lumayan Ada hasilnya. Yang may tau information lbh jelasnya email saya di nsyuliastuti@yahoo.com

  29. dina November 12, 2012 4:06 am

    kata dokter saya terkena infeksi kelenjar saya merasakan mual dan pusing apakah seperti itu

  30. dina November 12, 2012 4:10 am

    saya mohon dijawab sekarang karena saya menunggu benar apa tidak kalau merasakan pusing dan mual

  31. risky February 11, 2013 5:13 am

    Saya ada benjolan di leher 3 benjolan. Dah lama si udah 4 tahunan.rasa sakitnya itu, pegel2 gitu.apa itu penyakit klenjar gtah bening.apa yg harus saya lakukan. Apakah harus di oprasi ? Mhon jwabnya .. Makasihhh

  32. rei February 11, 2013 9:10 am

    tahun 2006 saya terdeteksi kanker kelenjar getah bening.waktu itu kondisinya cukup parah,karena benjolan di leher sudah banyak,dan yg terbesar sudah melebihi ukuran telur ayam.kemudian saya melakukan kemo(6 sesi).ketika kemo yg pertama,benjolan langsung hilang,tapi utk cleansing,dokter tetap menyarankan untuk melanjutkan sampai 6kali.sampai sekarang alhamdulillah tdk terdpt gejala kekambuhan.ketika pengobatan dan sampai sekarang,saya lebih menjaga makanan dan olahraga teratur. dan rajin berkonsultasi dgn ahli gizi untuk asupan nutrisi yg diperlukan tubuh saya.hal ini saya lakukan karena dari yg saya baca dr buku survivor kanker,nutrisi yg bagus akan membantu kita melawan kanker tersebut.karena sifat kanker kelenjar getah bening melemahkan sistem kekebalan tubuh,karena itu logikanya tubuh harus kita bekali nutrisi yg bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh

  33. anna June 5, 2013 8:15 am

    Bapaku skrg d diagnosa kelenjar getah bening. Yg dokter sarankan saat ini, hrs di operasi & dilihat apakah ini kelenjea getah bening ato bkn. Yg saya takutkan saat ini adalah apakah pasca operasi kelenjar getah bening tersebut akan semakin ganas? Krn sebagian org byk yg bilang, setelah operasi malah memicu keganasan kanker. Apakah ada jln lain selain operasi? Terima kasih

  34. ndah June 12, 2013 9:08 am

    adikku kata dokter kena pembengkakan kelenjar getah bening, apa otu sudah pasti kanker??

  35. Robi July 23, 2013 12:29 am

    Umur saya 16 tahun dan saya di diagnosa terkena kanker kelenjar getah bening stadium 4 pada awal maret lalu . Sampai sekarang saya masi menjalani kemoterapi(6sesi) di mana skrg sudah sesi ke 5 . Ttpi saya masih bingung knp benjolan itu masih ad di leher saya .

  36. hanes October 12, 2013 11:42 am

    saya ada benjolan d ketiak seblah kanan,tp berat badan saya tdk menurun tp mala menaik. sayang nya kelenjar ini membesar terus-menerus???????????

  37. cunliana November 6, 2013 10:50 am

    adakah jalan lain selain mengikuti prosedur standar dokter ?

  38. tri November 29, 2013 1:04 pm

    dileher sebelah kiri saya .tepatnya di sebelah tulang leher ada benjolan keras .dulu tdk ada ..tp 1th ini muncul dan tdk kunjung mengecil .tdk ada efek ap2 slain kepala yg sKit klo dipegang ..apakah ini brbahaya

  39. mi December 25, 2013 1:32 pm

    sktr 10 thn yg lalu istri saya di operasi karena ada kelenjar di bagian leher,setelah operasi selesai dan berhsasil mengangkat kelenjar itu istri saya kembali sehat. tetapi 2 hari yg lalu istri saya merasakn ada benjolan di bwh telinga dan skr efek dari benjolan itu terasa sakit bahkan terasa smp ke tulang belakang kepala.sy takutkn apkh kelenjar it tmbuh lg.
    mhn info nya.thanks

  40. Mentari January 8, 2014 6:38 pm

    Ass. Saya punya benjolan di ketiak kri, kemudian benjolan nya terasa sakit, tpi benjolan nya seperti dari dalam sehingga dari luar tidak ada apa2 tapi ketika di pegang terasa ada benjolan, kira2 it apa ya dok?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


− 2 = three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>