Melihat bumi dari satelit

bumi satelit

Melihat bumi dari satelit – Seiring dengan berkembangnya dunia Teknologi, sudah selayaknya kita mengikutinya, seperti yang sekarang sedang di release Oleh Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang, Terkait dengan di Bangunnya Portal Pengamatan Angkasa melalui Teropong Bintang dengan kendali jarak jauh (Internet), Maka perlu kita mengetahui apa saja yang ada dibalik penyusunan portal ini, Salah satunya adalah GPS.

Mungkin jika anda mendengar GPS anda akan teringat dengan sebuah alat canggih yang dapat menentukan posisi kita, letak kemacetan yang ada dikota, yang mana alat ini sudah di implementasikan pada beberapa mobil keluaran terbaru dari pabrik-pabrik raksasa Mobil.

1. Apa itu GPS?
GPS (Global Positioning System) merupakan sistem navigasi satelit yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US DoD = United States Department of Defense). GPS memungkinkan kita mengetahui posisi geografis kita (lintang, bujur, dan ketinggian di atas permukaan laut). Jadi dimanapun kita berada di muka bumi ini, kita dapat mengetahui posisi kita dengan tepat.

GPS terdiri dari 3 segmen: Segmen angkasa, kontrol/pengendali, dan pengguna., dimana :

Segmen angkasa: terdiri dari 24 satelit yang beroperasi dalam 6 orbit pada ketinggian 20.200 km dan inklinasi 55 derajat dengan periode 12 jam (satelit akan kembali ke titik yang sama dalam 12 jam). Satelit tersebut memutari orbitnya sehingga minimal ada 6 satelit yang dapat dipantau pada titik manapun di bumi ini. Satelit tersebut mengirimkan posisi dan waktu kepada pengguna seluruh dunia.

Segmen Kontrol/Pengendali: terdapat pusat pengendali utama yang terdapat di Colorodo Springs, dan 5 stasiun pemantau lainnya dan 3 antena yang tersebar di bumi ini. Stasiun pemantau memantau semua satelit GOS dan mengumpulkan informasinya. Stasiun pemantau kemudian mengirimkan informasi tersebut kepada pusat pengendali utama yang kemudian melakukan perhitungan dan pengecekan orbit satelit. Informasi tersebut kemudian dikoreksi dan dilakukan pemuktahiran dan dikirim ke satelit GPS.

Segmen Pengguna: Pada sisi pengguna dibutuhkan penerima GPS (selanjutnya kita sebut perangkat GPS) yang biasanya terdiri dari penerima, prosesor, dan antena, sehingga memungkinkan kita dimanapun kita berada di muka bumi ini (tanah, laut, dan udara) dapat menerima sinyal dari satelit GPS dan kemudian menghitung posisi, kecepatan dan waktu.

2. Bagaimana cara kerja GPS ?
Setiap satelit mentransmisikan dua sinyal yaitu L1 (1575.42 MHz) dan L2 (1227.60 MHz). Sinyal L1 dimodulasikan dengan dua sinyal pseudo-random yaitu kode P (Protected) dan kode C/A (coarse/aquisition). Sinyal L2 hanya membawa kode P. Setiap satelit mentransmisikan kode yang unik sehingga penerima (perangkat GPS) dapat mengidentifikasi sinyal dari setiap satelit. Pada saat fitur ”Anti-Spoofing” diaktifkan, maka kode P akan dienkripsi dan selanjutnya dikenal sebagai kode P(Y) atau kode Y.

Perangkat GPS yang dikhususkan buat sipil hanya menerima kode C/A pada sinyal L1 (meskipun pada perangkat GPS yang canggih dapat memanfaatkan sinyal L2 untuk memperoleh pengukuran yang lebih teliti.

Perangkat GPS menerima sinyal yang ditransmisikan oleh satelit GPS. Dalam menentukan posisi, kita membutuhkan paling sedikit 3 satelit untuk penentuan posisi 2 dimensi (lintang dan bujur) dan 4 satelit untuk penentuan posisi 3 dimensi (lintang, bujur, dan ketinggian). Semakin banyak satelit yang diperoleh maka akurasi posisi kita akan semakin tinggi. Untuk mendapatkan sinyal tersebut, perangkat GPS harus berada di ruang terbuka. Apabila perangkat GPS kita berada dalam ruangan atau kanopi yang lebat dan daerah kita dikelilingi oleh gedung tinggi maka sinyal yang diperoleh akan semakin berkurang sehingga akan sukar untuk menentukan posisi dengan tepat atau bahkan tidak dapat menentukan posisi.

3. Bagaimana GPS digunakan ?
Perangkat GPS menerima sinyal dari satelit dan kemudian melakukan perhitungan sehingga pada tampilan umumnya kita dapat mengetahui posisi (dalam lintang dan bujur), kecepatan, dan waktu. Disamping itu juga informasi tambahan seperti jarak, dan waktu tempuh. Posisi yang ditampilkan merupakan sistem referensi geodetik WGS-84 dan waktu merupakan referensi USNO (U.S. Naval Observatory Time).

4. Siapa yang dapat menggunakan GPS?
GPS dipergunakan pada berbagai bidang antara lain, sistem navigasi pesawat, laut dan darat, pemetaan dan geodesi, survei, sistem penentuan lokasi, pertanian, eksplorasi sumber daya alam, dan masih banyak lagi.

5. Apakah GPS itu gratis ?
Teknologi GPS dapat digunakan oleh siapa saja, yang kita butuhkan hanya membeli perangkat penerima GPS dan selanjutnya informasi posisi dapat kita dapatkan tanpa membayar apapun.

6. Bagaimana akurasi GPS ?
GPS memiliki dua tingkat ketelitian:

Sistem posisi standar (standard positioning system / SPS)
SPS merupakan yang disediakan untuk umum (sipil). Tingkat akurasi yang dihasilkan adalah 100 m untuk posisi horisontal dan 150 meter untuk posisi vertikal.

Sistem posisi presisi (precision positioning system / PPS)
PPS digunakan oleh Departemen Pertahanan AS dan tidak disediakan untuk umum.

Sejak Mei 2000, Pemerintah AS telah meningkatkan akurasi untuk SPS dengan menon-aktifkan SA (selective availability) hingga 20 meter untuk posisi horisontal.

7. Apa saja perangkat GPS itu ?
Perangkat GPS ada bermacam-macam dan umumnya tergantung dari tujuan dan aktivitas yang akan kita lakukan. GPS untuk udara (aviation GPS) akan berbeda arsitekturnya dengan yang akan kita gunakan untuk navigasi di darat/mobil. Secara umum perangkat GPS dibagi menjadi 3 (tiga) fungsi yaitu navigasi udara (aviation), laut (marine) dan darat (land).

8. Apakah GPS juga Kompas ?
GPS itu bukan Kompas magnetik, kecuali disebutkan bahwa perangkat GPS tersebut memiliki fungsi sebagai kompas magnetik sehingga anda tahu dimana arah Utara. Namun demikian GPS dapat memberitahu arah mana kita BERGERAK, sehingga kita dapat mengetahui dimana arah Utara. Apabila anda tidak bergerak, maka arah yang ditunjukkan kemungkinan benar SALAH.

9. Perangkat GPS apa yang cocok buat saya ?
Mulai saja dengan perangkat GPS yang sederhana. Selain harganya terjangkau dan anda bisa membiasakan diri menggunakan GPS dan mengerti kebutuhan anda yang sebenarnya. Ada beberapa vendor GPS yang tersedia, diantaranya Garmin , Magellan , Trimble , dan Leica . Hal yang paling penting adalah, apapun perangkat GPS yang anda beli, pastikan bahwa perangkat tersebut memiliki 12 channel penerima untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

10. Hal apakah yang mesti saya perhatikan sebelum membeli GPS ?
Membeli sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dana yang ada adalah hal utama yang mesti diperhatikan Berbagai tipe GPS telah banyak tersedia di pasaran dengan berbagai varian untuk memenuhi segmen-segmen (kebutuhan) tertentu. Jika pilihan anda jatuh pada tipe GPS yang bisa menampilkan peta secara visual, pastikan dulu apakah telah ada peta pendukung yang memadai untuk wilayah dimana perangkat GPS tersebut akan anda pergunakan.

11. Mengapa peta yang ada pada perangkat GPS saya tidak akurat ?
Kemungkinan faktor yang menyebabkannya adalah peta tersebut memang bukan merupakan peta yang akurat atau anda berada disuatu tempat dimana penerimaan sinyal dari satelit GPS kurang bagus/terhalang, sehingga tingkat kesalahan saat kalkulasi penentuan posisi menjadi tinggi. Sebagai informasi, peta dasar WorldMap yang ada pada GPS Garmin merupakan peta skala kasar yang tidak bisa dijadikan sebagai acuan untuk penentuan posisi yang sebenarnya.

12. Saya telah memiliki GPS tapi saya tidak menemukan peta yang sesuai untuk GPS tersebut, dimanakah saya bisa memperolehnya ?
Menanyakan langsung pada penjual GPS tersebut adalah hal yang harus anda lakukan. Khusus untuk Indonesia, hingga saat ini belum ada peta GPS yang memadai dan mencakup seluruh wilayah RI. Beberapa vendor lokal telah mulai membuat peta GPS terutama untuk kota-kota besar di Indonesia. Tentunya peta-peta yang dihasilkannya hanya cocok dengan aplikasi perangkat lunak yang mendukung jenis atau merk GPS tertentu saja. Bila kebetulan GPS anda bermerek Garmin, anda bisa menggunakan peta GPS yang disediakan secara gratis di situs ini.

13. Saya pemilik GPS non Garmin, bisakah saya menggunakan peta GPS yang ada di situs ini ?
Ya dan tidak “Tidak”, bila anda berharap bisa menggunakannya semudah proses pasang dan pakai. Bila anda bisa mengolah peta sedemikain rupa sehingga bisa bekerja dengan baik pada perangkat GPS tersebut, maka jawabannya adalah “Ya”. Hal ini bisa dilihat pada bagian artikel situs ini dimana terdapat ulasan yang cukup detil untuk mengolah format data peta yang ada menjadi format lain yang bisa dikenali oleh GPS bermerek Magellan.

14. Saya memiliki GPS dan saya tetap tersesat !!
Masalahnya bukan pada GPS-nya, tetapi cara anda menggunakannya. Anda harus memahami cara kerja perangkat GPS anda dengan baik. Luangkan waktu untuk membaca manual dan petunjuk pemakaian.

15. Saya memiliki PDA, apakah dapat memiliki fungsi GPS juga ?
Anda dapat menambahkan perangkat GPS pada PDA anda. Anda dapat memilih perangkat GPS-CF atau Bluetooth GPS, atau bahkan perangkat GPS biasa. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Silahkan googling aja dech kalo mau tau banyak . Intinya, PDA anda ditambahkan perangkat GPS dan instalasi perangkat lunak yang mendukung dan selanjutnya silahkan bergembira dengan GPS anda. Bagaimana menyambungkan perangkat tersebut dengan PDA anda, semuanya diterangkan dengan jelas dalam manual perangkat GPS yang bluetooth atau CF yang anda beli.

16. Apakah Ponsel (Hand Phone) bisa ditambahkan perangkat GPS ?
Beberapa ponsel sudah dilengkapi dengan GPS, contohnya Garmin NavTalk dan HP IPAQ hw6515. Beberapa ponsel bisa ditambahkan perangkat GPS antara lain SE P910i, Nokia beberapa tipe.

17. Apakah saya bisa mengetahui jalan mana saja yang macet saat ini dengan menggunakan perangkat GPS ?
Tidak, perangkat GPS hanya bisa menampilkan informasi posisi dimana berada saat itu berdasarkan perhitungan sinyal satelit GPS yang diterimanya. Meskipun demikian, penggabungan dengan berbagai media teknologi lain tidak menutup kemungkinan hal ini bisa terwujud suatu saat nanti.

18. Apakah saya bisa menggunakan teknologi GPS untuk memantau lokasi kendaraan yang saya miliki ?
Bisa. Teknologi ini dikenal dengan nama Vehicle Tracking System (VTS), dimana pada kendaraan yang ingin dipantau dipasang sebuah perangkat GPS yang dihubungkan dengan teknologi komunikasi (wireless/radio/phone) untuk kemudian secara periodik mengirimkan data posisi kendaraan tersebut kesebuah stasiun pengamat. Pada stasiun pengamat, data tersebut diolah untuk kemudian ditampilkan secara visual diatas sebuah peta, sehingga keberadaan kendaaran tersebut mudah diketahui dimana lokasinya.

19. Keuntungan apa saja yang bisa saya peroleh dengan pemanfaatan teknologi GPS ini ?
Untuk artikel ini, panjang, jadi saya sarankan anda menuju ke pertama dan kedua, disana anda akan mendapatkan artikel “Apakah kita perlu GPS”.

20. Saya telah memiliki peta yang telah terpasang pada GPS saya, apakah jika saya upload peta dari situs ini maka akan menimpa peta yang telah ada ?
Ya, setiap anda upload peta ke perangkat GPS maka peta yang ada akan tertimpa dengan peta yang diupload. Namun untuk GPS yang digabungkan dengan PDA, terdapat kemungkinan untuk menginstallnya pada media memory yang berbeda (SD/CF/nternal memory PDA) sehingga tidak menghapus peta yang telah ada.

21. Saya ingin membackup peta yang telah terpasang pada GPS, bisakah saya mendownload peta tersebut ke komputer ?
Program untuk mendownload peta dari GPS Garmin ke komputer, tidak disediakan oleh Garmin. Tujuannya untuk menghindari “pencurian” peta. Namun ada situs internet yang menyediakannya, meskipun tidak menjamin bahwa peta yang dihasilkannya sesuai seperti saat peta tersebut diupload.

22. Dimakah saya bisa membeli aksesoris tambahan untuk GPS saya, atau jika GPS tersebut mengalami kerusakan dimana tempat (indonesia) untuk memperbaikinya ?
Coba anda hubungi toko dimana anda membeli GPS tersebut, bila mereka tidak memiliki barang yang anda cari atau tidak bisa memperbaiki GPS rusak, coba kunjungi situs www.jasamarine.co.id .

23. Mengapa saat didalam mobil susah sekali menerima sinyal GPS ?
Saat didalam mobil, perangkat GPS hanya menerima sinyal GPS dari sisi kaca jendela mobil saja. Bila anda menggunakan kaca film yang didesain untuk menolak UV/panas matahari biasanya sinyal GPS akan ikut terblok juga. Untuk mengatasinya bisa menggunakan reradiating antena, yakni sebuah alat yang akan memancarkan ulang sinyal GPS ke dalam mobil dari sinyal yang ditangkap oleh antena penerima yang diletakkan diluar mobil. Sebaiknya pilih re-radiating antena yang memiliki daya pancar ulang 1-3 meter (misal: RA46), dengan demikian seluruh bagian dalam mobil masih bisa menerima sinyak GPS dengan baik.

71 comments on “Melihat bumi dari satelit

  1. hosting murah indonesia May 24, 2010 12:43 pm

    kunjungan sobat, infonya bagus :D673

    terima kasih atas informasi nya.. informasi ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas saya..

  2. Golordi neotama hendra June 13, 2010 3:08 am

    bagaimana caranya supaya bisa melihat kota Bau-Bau, secara langsung. bisa melihagt orang berjalan, kendaraan berlalulalang di jalanan

  3. mastegar June 13, 2010 3:11 am

    Sepertinya kalau melihat lgung dan berjalan tidak bisa , tapi kalau anda ingin melihat kota anda , mungkin bisa dengan menggunakan google earth, :)

  4. Enzus Atjeh August 16, 2010 4:46 pm

    Apakah google earth bisa dilengkapi dengan gps, gimana caranya biar kita juga bisa melihat posisi kita? trimakasih

  5. firman iswato August 28, 2010 7:04 pm

    saya ingin lihat bumi secara langsung melalui satelit

  6. firman iswato August 28, 2010 7:05 pm

    saya ingin melihat bumi secara langsung melalui satelit

  7. ponti September 7, 2010 12:36 am

    Bagaimana caranya saya bisa melihat seluruh kota di dunia delalui satelit?

  8. rudi September 10, 2010 1:24 pm

    saya ingin belajar &bisa menggunakan gps agar bisa tahu di mana letak yang saya inginkan tanpa da yang bisa menyadari

  9. tommy September 12, 2010 5:00 pm

    mas, saya mau tanya, apakah ada program yang bisa melihat bumi secara langsung (live) jadi dapat ngeliat orang berjalan gitu? kalok ada tolong beritahu saya dimana saya dapat menemukan program tersebut dan langsung saya download, trimakasi

  10. mastegar September 12, 2010 10:01 pm

    Untuk saat ini yang langsung live hanya dimiliki oleh satelit mata mata dan tidak terbuka untuk umum , yang gratis hanya bisa menggunakan google earth :)

  11. tommy September 14, 2010 1:17 am

    o begitu ya, trimakasi atas informasinya

  12. tommy September 14, 2010 1:19 am

    tetapi kalau membeli program, itu bisa? kalau bisa kira2 beli dimana dan berapA HARGANYA?

  13. ridho November 28, 2010 11:31 am

    mas, saya mau tanya, apakah ada program yang bisa melihat bumi secara langsung (live) jadi dapat ngeliat orang berjalan gitu? kalok ada tolong beritahu saya dimana saya dapat menemukan program tersebut dan langsung saya download, trimakasi

  14. Barakatax December 17, 2010 3:16 am

    Kedepan, akan lahir banyak, jenius-jenius…yang mampu mengembangkan teknology secara individu…bahkan mulai memanfaatkan saluran telephon secara suka-suka, sampai memata-matai behahan bumi lain, dengan memanfaatkan perngkat yang sudah ada…sebenarnya perangkat-perangkat mediator teknology ini sudah banyak….cuma hanya orang agent tertentu yg bisa memanfaatkannya….tapi semuanya bukan berarti tidak bisa di TEROBOS……..tunggu tanggal mulai lahirnya jenius-jenius independent dimuka Bumi ini……

  15. andry January 15, 2011 10:45 pm

    yaelah.
    gue mau melihat bumi dari satelit nih/.

  16. inots March 28, 2011 6:55 pm

    adakah cara y tuk hack supaya kita dapat lihan bumi secara langsung dan bergerak….hanya ingin sekesar tau..

  17. yakazap March 29, 2011 4:18 pm

    sssssssssssssssss

  18. eddy zein May 3, 2011 8:15 am

    tp mas…sy prnah dngar informasi dan bahkan mngalamix langsung.sy pnya sudra yg skrang brd di riyadh/timur tngah.ia krja dsana….bbrapa ktu lalu ia nlpon sy dan ia blang ia bs mlhat lngsung lwt pswat internet yg tlah dkmandokan olh majikanx.jd ia bs mlhat lngsung kmpong hlamanx scr live…jd tlong mas….gemna cra tuk sy bs lhat k’ad’anx jg dsna dngn live.

  19. achmad riyadi May 6, 2011 3:13 pm

    lama2 mungkin banyak orang jual bakso di bulan…

  20. iqbal May 14, 2011 5:13 am

    peace

  21. heriiiii June 28, 2011 3:58 pm

    sep di coba

  22. heriyanto June 28, 2011 4:03 pm

    okewlah di cubo

  23. resa July 2, 2011 4:38 am

    mas, saya mau tanya, apakah ada program yang bisa melihat bumi secara langsung (live) jadi dapat ngeliat orang berjalan gitu? kalok ada tolong beritahu saya dimana saya dapat menemukan program tersebut dan langsung saya download, trimakasi

  24. nugroho September 7, 2011 6:06 pm

    apa ada alpikasi cara melihat orang via satelit? atau kalo ada harganya berapa gan? tx

  25. Oktaavianus September 18, 2011 5:55 pm

    mas , gmn carannya supaya aku , bisa melihat oorang melalui satelit ? terima kasih ..

  26. ade October 4, 2011 1:27 pm

    hmm. mudah ngerjain tugas dech!
    mksih ya..

  27. sesa gustaf octaviani October 16, 2011 5:43 am

    saya mau lihat kampung nenek saya bisa gk ya???

  28. feny November 7, 2011 6:41 am

    he’enmmmm

  29. hahahihi November 15, 2011 7:53 am

    iya mas, supaya saya bisa jualan barang haram, ntar ta kuntit dari atas agar aman dan terkendali hehehehe

  30. rizzz November 21, 2011 11:34 pm

    klo liat bumi dari satelit secara langsung g bisa ke cuali pigi ke as amerika tyak am presiden y pasti tw

  31. antonius baskoro December 1, 2011 2:02 pm

    bagainan cara melihat bumi?? klo melihat bumi di indonesia kayak apa ya gambarnya ?? :D :) :( XD

  32. antonius baskoro December 1, 2011 2:05 pm

    “.” ^.^ (^^^)

  33. Alas December 4, 2011 11:41 pm

    Artikel yg bagus gan!

  34. Abzz Christin January 4, 2012 8:33 am

    Kalo netbook pake GPS bisa nggak?

  35. isfan fajar January 6, 2012 10:32 am

    bagai mana supaya kita melihat seperti orang sedang berjalan mobil sedang berjalan????
    bagai mana caraya ?

  36. marselinus ferry January 7, 2012 9:31 am

    iya nih gimana aku pengen liat bumi dari satelit biar kita tahu keadaan diluar sana baik atau tidak?

  37. dika January 7, 2012 6:51 pm

    gimana cara kita biar saya (jogja) bisa liat adik saya (ternate) scara langsung?

  38. jojon January 11, 2012 1:31 pm

    waw is my good

  39. nhovie January 12, 2012 1:04 pm

    aku pengen lihat bumi dari dekat., pengen banget

  40. bryn January 26, 2012 5:46 pm

    mana juga peta bumi ny….kebanyakan bohong :(

  41. rizky January 31, 2012 8:38 am

    bagus klau ada satelit biar kita bisa lihat bumi

  42. rizky ramadhan January 31, 2012 8:39 am

    saya mau lihat kampung

  43. Edwin February 1, 2012 6:54 pm

    Nhovie kan uda di atas bumi,jngnkn mau lihat lebih dekat,masuk ke perut bumi juga bisa…..ha ha ha ha “canda ,nhov ” sory” ……….klw mau lht bumi dari dekat download aja software google earth, .

  44. sudek February 14, 2012 5:52 am

    caranya gmana pake satelit nie,,bingunk gue

  45. bunk February 22, 2012 7:00 am

    gan
    gps ntu bs gak ngecek k beradaan no HP…
    misal HP yg ilang
    soalnya ane suka lupa narok
    gak tau d kantor atau d rumah

  46. diler wae cllucyk February 22, 2012 4:47 pm

    kota jakarta

  47. wasi February 23, 2012 3:50 am

    aku pengen liat kota palu langsung, bisa nggak ya?

  48. andri permana February 24, 2012 2:10 pm

    aku pengen liha sungai amazon bisa gaya….?

  49. zo February 26, 2012 1:03 am

    Bang, pengen liat peta satelit kaya di pilem enemi op de stet
    bisa ga ya ?….. : D

  50. azies March 1, 2012 4:27 pm

    Keren jga

  51. awang March 17, 2012 4:02 am

    melihat orang jalan atau motor jalan

  52. muhammad robbani March 21, 2012 4:34 pm

    mas’bisa g” lihat orang2 melalui satelit,klu ada kbari y mas di tunggu….@

  53. diler wae cllucyk March 26, 2012 5:36 am

    gmana ya suasana kmpung saya..

  54. Irgie April 14, 2012 4:32 pm

    Kalau bisa lihat orang jalan2, lama kelamaan bisa lihat orang mandi dipinggirsungai kali ya hahaha…

  55. abie maulana April 17, 2012 2:52 pm

    Apa bisa ngelihat secara langsung kegiatan manusia melalui internet,?

  56. JATHIA May 1, 2012 6:16 am

    COBA JJ BISA KE LUAR ANGKASA

  57. achmad June 6, 2012 8:12 am

    aku pingin lht rumahku di malang soalnya aku da lama gag plng jd aku kgn ma ortu ku..gmn ya caranx bz lht ortu ku di sana ya..

  58. victor July 20, 2012 11:44 am

    mau tanya mas …???
    gimana sih cara nya ngeliat bumi lewat internet ???
    dan gimana caranya ngaktifin lewat netbook ????

  59. vilobi July 30, 2012 6:32 am

    gimanah sih caranya ngeliat bumi dari satelit
    tok yoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

  60. boy August 27, 2012 10:02 am

    mcm mna mau tngok bumi mngunakn internet……

  61. boy August 27, 2012 10:07 am

    ??????????

  62. bang umar September 18, 2012 2:38 am

    cmana cara liat”a

  63. guntur December 10, 2012 6:22 pm

    bagaimana cara melihat kegiatan orang di bumi atau di dalam gedung melalui gps

  64. okto June 6, 2013 7:15 am

    Boleh tau ngak?cara yg bisa lihat detail orang atau kendaraan yg lalulalang.
    Kalau ada tlng dong dikasi tau biar sy download.tenk

  65. arnadhy December 6, 2013 7:14 am

    gmn crax bisa mlihat smua negara,,,,????

  66. mr.x December 31, 2013 11:23 am

    semua bisa kok liat streaming real time,
    yg di butuhin :
    -peralatan cpu + server yg canggih dan di dukung dgn bandwith yg gede (masih di jual bebas)
    -pengetahuan di bidang it (master)
    -iq di atas rata” dan pantang putus asa biar bisa bobol nasa(usa)
    banyak kok hacker” indonesia yg di akui oleh dunia sayangnya di perkerjakan bekerja di luar negeri karena pemerintah indonesia hanya memandang mereka sebelah mata :)

  67. Susilo January 5, 2014 4:18 am

    Saya ingin sekali melihat dirikita melalui satelit

  68. Susilo January 5, 2014 4:19 am

    Mana cara nya

  69. angeline June 4, 2014 2:22 am

    waktu itu saya pernah dilihatkan dosen saya live streaming ….jadi kita bisa ngeliat mobil2 yang lagi jalan juga dari atas….
    tapi saya kurang tau beliau menggunakan software apa….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


+ 5 = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>