Kapan Anak Mulai Bicara

Kapan Anak Mulai Bicara – Apa yang bayi ucapkan pertama kali saat berbicara? Yang jelas, sebelum bayi bisa berbicara bayi akan mulai dulu bermain dengan suara-suara celotehannya. Lalu kapan bayi mulai bisa mengucapkan kata pertamanya?

Waktu yang penting untuk bayi belajar berbicara terjadi selama 3 tahun pertama kehidupannya. Karena saat itu otak bayi sedang berkembang pesat. Bayi akan mudah mengerti apa yang dibicarakan oleh orangtuanya, tapi belum bisa mengucapkannya dengan baik.

Kemampuan bayi dalam mengucapkan kata pertamanya sangat bervariasi tergantung dari masing-masing individu. Ada beberapa tahapan yang bisa dijadikan petunjuk dalam mengetahui kemampuan berbicara bayi.

1. Bayi usia 3 bulan
Saat usia ini bayi mendengarkan kata-kata yang ucapkan orang lain dan memperhatikan mimik wajahnya. Terkadang bayi lebih banyak menyukai suara perempuan dibandingkan laki-laki. Tidak ada salahnya untuk merangsang vokalisasi bayi dengan lebih sering mendengarkan suara musik.

2. Bayi usia 6 bulan
Pada usia ini bayi mulai mengoceh dengan suara yang berbeda, seperti berkata ‘ba-ba’ atau ‘da-da’. Saat usia 6 bulan akhir, bayi bisa menanggapi namanya sendiri, mengenali bahasa ibunya dan menggunakan nada suara untuk memberitahu jika bayi sedang bahagia atau sedih. Ocehan yang terjadi saat usia ini masih terdiri dari suku kata yang acak tanpa ada makna.

3. Bayi usia 9 bulan
Setelah berusia 9 bulan, bayi mulai dapat memahami beberapa kata dasar seperti ‘tidak’, ‘iya’ atau ‘bye-bye’. Selain itu, bayi juga mulai menggunakan huruf konsonan lebih banyak.

4. Bayi usia 12 bulan
Rata-rata bayi bisa mengucapkan beberapa kata sederhana seperti ‘mama’ atau ‘dada’ pada akhir usia 12 bulan serta mengerti apa yang dikatakannya. Pada usia ini bayi mulai bisa menanggapi atau paling tidak mengerti apa yang dibicarakan orang lain.

5. Bayi usia 18 bulan
Bayi pada usia ini mulai bisa mengatakan minimal 10 kata-kata sederhana, menunjuk ke orang atau benda serta mulai mengenali nama dari bagian tubuhnya. Saat usia ini bayi sering mengulangi kata dengan hanya mengucapkan suku kata terakhir.

6. Bayi usia 2 tahun
Pada usia ini bayi mulai bisa mengucapkan dua sampai empat kata dalam pengucapannya serta sudah lebih jelas maksud dari ucapannya.

7. Bayi usia 3 tahun
Bayi yang berusia 3 tahun kosa katanya semakin berkembang dengan cepat dan bisa mengucapkan beberapa kata, meskipun struktur kalimatnya belum terlalu benar.

Seperti dikutip dari Parenting sekitar 1 dari 4 anak mengalami keterlambatan dalam hal berbicara dan kurang dari setengahnya membutuhkan bantuan terapi agar bisa membantunya berbicara.

Menurut Leslie Rescorla, PhD direktur dari Child Study Institute di Bryn Mawr College, waktu yang tepat bagi anak untuk mendapatkan pertolongan profesional adalah saat usianya 2,5 tahun. Karena jika di usia tersebut anak sudah mendapatkan bantuan, maka anak masih bisa mengejar ketinggalan.

Tanda-tanda anak mengalami keterlambatan berbicara adalah:

1. Anak masih berbicara dalam satu suku kata atau konsonan akhirnya saja.
2. Anak tidak menggunakan dua kata dalam satu kalimat yang diucapkannya.
3. Anak jarang mengucapkan kata atau frekuensi berbicaranya sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


3 × three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>