Cara mengetahui kehamilan

Cara mengetahui kehamilan – Harus diketahui!! : Bahwa metoda/alat kontrasepsi tidak seharusnya digunakan oleh perempuan yang sedang hamil. Alat kontrasepsi yang dimaksud, antara lain: Pil kombinasi, pil progesteron, suntikan Depo-progesteron, suntikan kombinasi (estrogen dan progesteron), implant (6, 2, atau 1 batang), IUD dan MOW. Sebaliknya kondom dapat digunakan selama kehamilan untuk pencegahan infeksi menular seksual (IMS). Bahwa melalui pertanyaan kepada klien perempuan, seorang tenaga kesehatan (NAKES) atau tenaga lapangan KB dan kader dapat mengetahui apakah perempuan yang bersangkutan sedang hamil atau tidak. Dengan jawaban klien yang dapat dipercaya, mungkin test kehamilan dan pemeriksaan fisik tidak diperlukan.

Jika seorang perempuan mempunyai beberapa tanda tanda kehamilan atau tanda-tanda kepastian hamil — anjurkan ibu tersebut untuk melakukan asuhan antenatal dan menjalin hubungan emosional dengan Nakes terlatih untuk persiapan persalinan yang aman dan bersih di fasilitas pelayanan kesehatan yang terdekat. Apabila tanda-tanda tersebut masih sangat meragukan, maka dianjurkan untuk melakukan test kehamilan atau menunggu sampai waktu haid berikutnya.
Sebelum yakin ada tidaknya kehamilan, NAKES dapat memberikan anjuran penggunaan kondom yang disertai dengan penjelasan yang lengkap tentang cara menggunakannya yang benar.

Seorang perempuan dapat dikatakan tidak hamil apabila :
Seorang perempuan juga dapat dikatakan tidak hamil, apabila: Waktu haidnya dimulai dari 7 hari yang lalu Telah melahirkan dalam waktu 4 minggu,Telah melakukan aborsi/ mengalami keguguran,7 hari yang lalu Telah melahirkan 6 bulan yg lalu, memberikan ASI serta belum/ tidak mendapatkan haid. Tidak melakukan hubungan seks sejak haid terakhir Tapi jika melakukan dan haid terakhirnya kurang dari 5 minggu, serta pada saat melakukan hubungan seks tersebut menggunakan alat/obat kontrasepsi dengan cara yang benar. Kemungkinan hamil tidak bisa dihindari meskipun ia menggunakan kontrasepsi. Jika perempuan yang bersangkutan melakukan hubungan seks pada saat haid terakhirnya lebih dari 5 minggu yang lalu.

Apakah perempuan yang bersangkutan mengetahui tanda-tanda dini kehamilan? Bagaimana Tanda-tanda kehamilan lebih dari 12 minggu sejak haid terakhirnya? Apakah tanda–tanda kehamilan dini ?
Tanda-tanda kepastian hamil antara lain :

  • Terlambat haid
  • Buah dada besar dan mengencang
  • Mual
  • Muntah-muntah
  • Perubahanberat badan
  • Mudah capek
  • Perubahan emosi
  • Perubahan kebiasaan maka

10 comments on “Cara mengetahui kehamilan

  1. Ini ibu Budi August 26, 2010 11:18 pm

    kok bisa hamil gmana bang ??

    ak blom pernah masukin

  2. putri December 26, 2010 12:26 pm

    klo mlakukan hbngan seks sblm wktu haid, tetapi ktika haid pd bulanya lancar, kmudian bulan brikutnya trlambat atw tidak haid sm sekali, itu bisa d’pastikan hamil atw tidak…??

  3. quenny December 28, 2010 1:24 pm

    putri : bisa ada kemungkinan put… coba di tespek aja annisaerwan@ymail.com

  4. eva nawi June 12, 2011 1:56 pm

    dok, biasanya saya setiap mens maju 5-6 hari. bulan mei saya dapet tgl 15 mei, berartikhan bulan juni skitar tgl 10 juni. maka saya telat 3 hari….apa itu dah ada kmungkinan hamil Dok ? masalhnya saya ngeluarin lendir pada vagina saya yg biasanya g pernah terjadi, perut terasa keram, pinggang sakit dan perut terasa guncang-guncang dan kadang sakit kepala..apakah itu termasuk ciri2 hamil Dok…?
    terimakasih ya Dok

  5. SANTHA August 24, 2011 2:43 pm

    hai doc,i 1 2 no bulan ni i tak dtg bulan,sudah 9 hari,so i test my urin but its show negatif,sudah 1 tahun i tak mengandung,so doc u wil help me………..10q

  6. vieta December 21, 2011 5:39 am

    siank dok, blan n0p.xmrn q haid tgl 14 n biasax klo blan dpnx dt6 gy mndur 2hr..
    tp blan des. ni mpe tgl 21 kq q g haid2 z dok. apakah aku hamil?
    biasax haidq lncar tiap blnx.
    smpat xmrn 2hr mrsa mual n mnth, cpek blbih mpe krang 5sh trasa cpekx, n pusing2.

  7. indah January 6, 2012 3:12 am

    pagi dok,blan november q haid tgl26 tyuz blan desember qhaid tgl5,
    tp blan januari tgl3 q sempet tespeck ternyata q positif!
    ud sempet k dokter tp dibilang blm hamil,,,n dibilang rahim’nya terlalu tebal?apakah saya pasti hamil dok???

  8. noy nurul hidayat March 24, 2012 11:16 pm

    aku selalu terlambat datang bulan dan kalau lg datang bulan perut rasanya sakit banget.apakah hubungan saya sama suami saya mempengaruhi siklus menstruasi saya?!?

  9. Sucy Octario April 8, 2012 6:12 am

    dok ,saya mau tanya . . . bisakah mengetahui kehamilan tanpa harus menunggu menstruasi ????
    seperti mencoba mengecek dengan tespek , setelah 7 hari melakukan hubungan seksual . . . bisa apa nggak ??

  10. wita wiken madara August 2, 2013 8:19 am

    doc saya mw tanya…perut sy kog buncit payu darah saya jg sakir klw di pegang sy jg sering bgt pusing…apakah saya hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published.


− five = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>