Pengertian internet dan intranet

Pengertian internetPengertian internet – Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks.

Dunia dewasa ini menjadi semakin terhubung (interconnected) satu dengan lainnya. Dengan kata lain kita dapat menggunakan telepon genggam untuk menghubungi teman yang berada dibelahan dunia lain. Kita dapat menonton siaran langsung pertandingan bola piala dunia yang berlangsung di benua lain. Atau bahkan kita dapat berinvestasi dalam ekonomi dunia karena pasar modal di Tokyo, London dan New York terhubung secara elektronis selama 24 jam sehari. Keterhubungan inilah yang disebut Interconnected Network atau lebih populer dengan sebutan internet.
Satu hal terbesar tentang internet adalah bahwa tak seorangpun yang benar-benar memilikinya. Internet adalah kumpulan global dari orang-orang dan jaringan komputer besar dan kecil, dimana semuanya tersambung oleh ribuan kilometer kabel dan line telepon yang semuanya dapat saling berkomunikasi. Beberapa fungsi internet antara lain: menemukan dan mengakses informasi, kursus/sekolah jarak jauh, saling bertukar informasi dengan rekan bisnis dan hobi, atau mendapatkan pekerjaan secara on-line dan lainnya.

PENGERTIAN INTRANET
Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.Keuntungan menggunakan Internet dan Intranet saat ini banyak sekali sampai saya gak bisa nuliskan satu-persatu. Contohnya adalah yang sedang Anda lakukan saat ini yaitu mencari informasi, mendapatkan informasi, bertukar informasi lewat Internet.

60 comments on “Pengertian internet dan intranet

  1. selera wisata August 24, 2010 7:51 pm

    gila manstab betul…. pake bahasa indonesia rangkingnya Topofblog 7 lage… salut bgt nih ma blog ini…

  2. informasi teknologi February 4, 2011 8:56 pm

    postingan yang penting, sekedar referensi
    keep post jangan lupa berkunjung ke blog ku yah

  3. Pingback: widyartyz
  4. Pingback: martinazeska31
  5. Amu July 21, 2011 4:47 am

    thanks ………….. bwat info-nya … :))

  6. nieyzha September 12, 2011 3:45 am

    I LIKE IT …………

  7. Pratama October 4, 2011 6:47 am

    Wah ane termotivasi gan.. mantabs dah.. nice

  8. eni yarmawati November 30, 2011 2:37 pm

    saya suka

  9. xamthone February 2, 2012 6:44 am

    owh ternyata pengertian internet itu kaya gtu,makasihnya buat infonya

  10. Pingback: KKPI « hyeonzoen
  11. Pingback: melisafuji

Leave a Reply

Your email address will not be published.


1 × = four

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>