Panduan membuat blog

membuat makalahCara membuat makalah - Makalah ini berisi informasi bagaimana cara membuat makalah yang baik dan lebih jauh lagi,bagaimana cara agar makalah tersebut dapat diterima di jurnal yang kita inginkan.Konteks dari pengolahan makalah Pengolahan makalah yang dimaksud disini mempunyai makna yang lebih tinggi daripada sekedar menulis. Yang dimaksud dengan mengolah disini adalah membuat dengan penuh perhatian, keahlian dan kecerdasan. Dalam mengolah makalah, peneliti tidak hanya harus menulis makalahnya dengan konten yang valid, tapi juga menujukannya pada konteks sosial dan intelektual yang lebih tinggi dalam bidang risetnya. Hal ini perlu dilakukan supaya makalah bisa lebih diterima publik. Meskipun begitu, jangan sampai makalah yang dibuat itu jadi kehilangan tujuan utamanya. Tujuan utama harus tetap dipegang sambil mengakali supaya makalah tersebut juga bisa diterima.Mengolah makalah Berikut ini adalah 6 aturan dalam membuat makalah yang bisa diterima dalam suatu jurnal:

1. Sang pembuat makalah harus tahu pada jurnal mana ia ingin mengajukan makalahnya.
2. Pembuat makalah harus mencoba menulis dalam sudut pandang orang-orang yang membaca isi jurnal tersebut.
3. Pembuat makalah harus tahu siapa-siapa saja yang duduk dalam jajaran editorial pada jurnal tersebut.
4. Pembuat makalah harus tetap pada orientasi yang lurus yaitu pada ilmu pengetahuan dan bukan berorientasi pada pembaca.

5. Teori harus ada dan menjadi sentral dalam setiap makalah yang diajukan ke suatu jurnal riset.
6. Pembuat makalah harus mempertimbangkan untuk mengajak kolega yang terpercaya sebagai co-author.
7. Sang pembuat makalah harus tetap berpegang pada isu-isu etika.
8. Makalah riset harus benar-benar ditulis secara bersih dan rapih.

Mengajukan makalah dan menunggu
Setelah mengajukan makalah kita ke suatu jurnal, maka hal yang sulit berikutnya adalah menunggu. Kita harus menunggu dengan sabar sampai makalah kita benar-benar di-review dan diterima. Kalau dalam jangka waktu lama, maka kita perlu menghubungi pihak jurnalnya untuk menanyakan bagaimana kabar makalah yang kita ajukan. Memperbaiki makalah untuk jurnal yang sama maupun jurnal yang berbeda Jika makalah yang kita buat ternyata ditinjau secara negatif oleh peninjau di jurnal tersebut, maka kita harus analisa terlebih dahulu kenapa hal itu bisa terjadi. - Apakah editor atau peninjau menunjukkan komentar baha dia cukup mumpuni untuk memahami riset ini?

- Apakah peninjau memberikan alas an yang baik dan justifikasi persuasive untuk rekomendasinya kepada editor?
- Apakah editor memberikan alas an yang baik dan justifikasi persuasive atas keputusannya?
- Apakah makalah yang diajukan sudah melaporkan hasil risetnya secara baik

Apakah program risetnya memang benar-benar penting?
Setelah menganalisa berdasarkan pertanyaan-pertanyaan diatas, maka selanjutnya kita bisa mulai memperbaiki makalah kita untuk diajukan ulang jika makalah kita diminta diperbaiki atau untuk diajukan ke jurnal lain jika makalah kita ditolak. Berikut ini beberapa poin yang harus dilakukan dalam memperbaiki makalah:
1. Sang pembuat makalah harus benar-benar mencari kolega yang terpercaya untukmembantu perbaikan makalah.
2. Sang pembuat makalah harus mengambil keuntungan dari editor dan peninjausebagai “uji pasar”. Tanpa peduli bagaimanapun negatifnya perasaan mereka.
3. Daripada memendam kekesalan pada editor atau peninjau, pembuat makalah lebihbaik menghabiskan waktunya secara produktif untuk membuat perbaikan-perbaikan.
4. Sang pembuat makalah harus mengecek ulang “bagian yang tidak boleh diganggu-gugat” dari makalahnya.
5. Jika editor meminta perbaikan, maka pembuat makalah juga harus menulis dokumenterpisah yang menjelaskan perbaikan-perbaikan apa saja yang dilakukan.

Kesimpulan
Dalam membuat makalah, bukan cuma konten yang baiklah yang menjadi faktor diterima atau tidaknya makalah tersebut. Ada faktor sosial yang juga sangat mempengaruhi apakah suatu makalah akan diterima atau tidak. Untuk itu, dalam membuat makalah, selain membuat konten yang berkualitas kita juga harus memperhatikan faktor-faktor sosial yang ada.

Komentar
Menurut saya makalah ini dibuat dengan terlalu bertele-tele. Terlalu banyak cerita-cerita, analogi-analogi dan penjelasan yang tampaknya tidak terlalu diperlukan. Banyak paragraf-paragraf yang tidak terlalu tajam dalam menunjukkan inti pembahasannya

Tagged As:

cara membuat makalah - cara membuat makalah yang baik dan benar - contoh pembuatan makalah - membuat makalah - cara pembuatan makalah - cara buat makalah - panduan membuat makalah - LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT MAKALAH - langkah membuat makalah - cara membuat makalah yang benar -

Related posts:

  1. Cara membuat blog 2
  2. Cara membuat website gratis
  3. Cara membuat martabak manis
  4. Cara membuat blog di wordpress
  5. Cara membuat blog multiply
  6. Blog "cara membuat blog" hilang di google


12 Responses to Cara membuat makalah

Batik

January 12th, 2011 at 2:04 am

sy ingin belajar cara membuat makalah yg bagus dan mudah di pahami

saci

January 28th, 2011 at 1:48 pm

kurang komplit nih…..
jadi bingung …………………………???????

sp aj

February 7th, 2011 at 4:53 am

kurang detail penjelasan’a jd cm bikin bingung doang aturan lebih detail lg supaya pembaca bs cpet ngerti

firoh

February 9th, 2011 at 2:17 am

pagi mas salam kenal for all by firoh

Nyach MMS

April 5th, 2011 at 4:22 pm

ini cara makalah diterima di jurnal, saya kira cara/susunan dan contoh pembuatan makalah, padahal saya pingin membuat kalah tentang metode pembelajaran

cici cuitz

May 4th, 2011 at 2:39 am

susunanx gimana ?

ahmad

June 16th, 2011 at 12:49 pm

makasih ya atas informasinya

herry bs

July 5th, 2011 at 11:38 am

bikin …..gue bingung aja..penjelasanya..

Mengenal Tentang Busana Batik

July 31st, 2011 at 2:23 am

ummm,,, makasiy yah tipsnya, keep to share maz

alphasudirman

August 10th, 2011 at 1:54 pm

tips2nya sangat bermanfaat,,salam kenl

Hariri

September 24th, 2011 at 1:21 pm

wah sip banget nih. salam kenal gan

mirsandi

November 1st, 2011 at 1:46 am

susah untuk memulainya dari mana…..

Comment Form