kenapa langit berwarna biru

Tahukah anda kenapa langit berwarna biru? pada dasarnya langit tidak berwarna , namun karena efek dari matahari maka langit pun berubah menjadi kebiruan.Matahari memancarkan gelombang cahaya dengan memancarkan frekuensi tertentu. Bagian dari frekuensi tersebut merupakan frekuensi cahaya tampak yang dapat ditangkap oleh mata manusia, Jika spektrum cahaya matahari yang mengenai mata kita masih terdiri atas seluruh spektrum cahaya tampak, matahari akan terlihat putih dan spektrum cahaya tampak ini akan menyinari atmosfer bumi.

Atmosfer bumi terdiri atas gas-gas yang mengandung bermacam-macam partikel dan unsur. Dua unsur pertama yang terkandung dalam atmosfer bumi adalah oksigen dan nitrogen. Kedua unsur ini sangat efektif untuk manghamburkan spektrum cahaya tampak yang mempunyai frekuensi tinggi atau panjang gelombang yang pendek. Akibatnya, atmosfer bumi dengan mudah menghamburkan spektrum warna biru, ungu, dan nila yang mempunyai frekuensi tinggi. Mata manusia lebih sensitif terhadap warna biru dari pada warna nila dan ungu sehingga langit berwarna biru.

Sementara itu, hanya ada sedikit cahaya tampak dari matahari dengan frekuensi lebih rendah yang dihamburkan oleh atmosfer bumi. Cahaya dengan warna kuning, merah dan jingga memiliki frekuensi yang lebih rendah dibanding dengan warna yang lainnya. Warna tersebut akan menembus atmosfer bumi dan terlihat oleh mata kita. Tetapi, intensitas ketiga warna tersebut tidak sama dan warna kuning lebih mendominasi sehingga matahari terlihat berwarna kuning sampai dengan siang hari. Tampilan cahya matahari yang terlihat oleh mata kita berubah dari waktu ke waktu dan berwarna jingga saat matahari akan terbenam. Mengapa ?

Karena saat matahari berada di horizon (saat terbit dan terbenam), lintasan yang ditempuh cahaya matahari semakin jauh sehingga jumlah kuning yang dihamburkan relatif lebih besar daripada warna jingga. Hal ini mengakibatkan intensitas warna jingga yang sampai di mata kita lebih dominan sehingga matahari terbenam terlihat jingga.

8 comments on “kenapa langit berwarna biru

  1. Ridwan Idris September 15, 2010 5:25 am

    lalu knapa suhu pada siang hari lebih panas dari pada pagi dan sore hari……????

  2. rhyno December 22, 2010 8:06 am

    Izinkan sy menjawab pertanyaan Mas Ridwan..
    Ini berkaitan dg sudut datang dan sudut pantul dr cahaya matahari..
    kalau pd pagi n sore, sudut dtg n sudut pantul dr garis vertikal besar sehingga cahaya matahari datang dan pergi begitu saja..
    beda halnya dengan pada siang hari, sudut datang dan pantul kecil, sehingga terjadi pemantulan terus-menerus dr bumi – atmosfer – bumi – dst yg menyebabkan udara di permukaan bumi kita panas..
    sy pikir seperti itu Mas,

  3. hidayat May 14, 2011 3:42 pm

    terus kenapa matahari kalau di lihat di pantai seperti masuk ke dalam laut…???????????????

  4. ba June 4, 2011 8:03 am

    sebenarnya tidak hanya dari laut saja bumi terlihat terbenam
    tetapi karena bumi bulat laut itu luas dan di antara laut tidak ada daratan gedung dan semacamnya sehingga kita bisa melihat matahari yang terbenam dengan jelas yang sebenarnya lmatahari tidak tenggelam tetapi saat bumi berputar dan daerah itu sudah waktunya berganti malah jadi titik bumi dengan daerah itu menjauh dan apabila di liat dari laut terlihat tenggelam

  5. fat/wawak November 12, 2011 8:28 am

    ya karena takdir yang maha kuasa lah itu semua terjadi kan
    dah di jelaskan waktu sd…hahahahah

  6. nurhadi February 28, 2012 7:18 pm

    kita sepakat bahwa bumi mengelilingi matahari. tapi realitas dari mata kita adalah matahari lah yang mengelilingi bumi. seperti halnya bulan yang mengelilingi bumi dan realitas nya memang demikian. mengapa keduanya ini terlihat sama sama mengelilingi bumi?

  7. aulia March 29, 2012 11:41 am

    sebanarnya bumi yg berputar mengelilingi matahari dan bulan . tapi karena adanya gaya gravitasi bumi , jadi kita tidak merasakan kalau bumi itu berputar dan terlihat seperti apa yang anda katakan

  8. Jko April 5, 2012 7:11 am

    Sungguh ilmu yang tak kan pernah mati…
    - jika matahari terbit,,langit pun berwana Biru,
    - jika Matahari tenggelam (SUNSET) Maka langit akan berubah menjadi jingga,or merah kekuning2an,
    - Jika Langit berada di bawah Bumi or sedang mengitari bumi,maka Langit berwarna Hitam (MALAM)
    dan langit akan berwarna biru pada NEGARA2 Lain,yang perbedaan waktu nya dengan INDONESIA.
    sungguh PERPUTARAN Yang HEBAT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


one × 6 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>