Panduan membuat blog

GAYA hidup dan pola makan kembali terbukti memengaruhi kesehatan lebih baik mencegah daripada mengobati asam lambung . Kehidupan dengan stres tinggi dan makan makanan berlemak diyakini sebagai pemicu penyakit refluks gastroesofageal (GERD).Penyakit dengan gejala rasa nyeri dan panas di dada dan asam lambung naik ke kerongkongan ini jika dibiarkan berlarut-larut bisa menimbulkan gangguan suara serak, batuk kronis, sesak napas, bahkan kanker kerongkongan. Gangguan ini bisa diatasi dengan obat- obatan yang tersedia pasaran. Jenis dan dosisnya dibakukan dalam Konsensus Nasional Penatalaksanaan Penyakit Refluks Gastroesofageal yang disusun Kelompok Studi GERD Indonesia.

Penyakit refluks gastroesofageal menurut definisi dalam konsensus nasional adalah kelainan yang menyebabkan cairan lambung mengalami refluks (mengalir balik) ke kerongkongan dan menimbulkan gejala khas berupa rasa terbakar di dada, kadang-kadang disertai rasa nyeri serta gejala lain seperti rasa asam dan pahit di lidah, nyeri ulu hati, perut kembung, sering bersendawa, serta kesulitan menelan. Menurut dr Ari Fahrial Syam SpPD MMB dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) pada jumpa pers simposium penatalaksanaan terkini penyakit dalam, Sabtu (4/12), semula gangguan ini dikelompokkan sebagai gangguan pada lambung. Namun dalam perkembangannya, GERD menjadi penyakit tersendiri, yaitu gangguan pada kerongkongan dengan kriteria, pemeriksaan, dan pengobatan tersendiri.

“Makanan berlemak seperti keju atau cokelat serta faktor stres menyebabkan produksi asam dan gas berlebihan dalam lambung. Makanan berlemak juga memperlemah klep kerongkongan. Akibatnya asam dan gas naik ke kerongkongan. Hal ini akan menimbulkan luka di kerongkongan,” paparnya.

Kalau terus berlangsung, hal ini akan mengganggu organ lain seperti gangguan pita suara, gatal di tenggorokan, asam yang ke paru akan menimbulkan gejala sesak napas seperti asma. Pada kerongkongan akan terjadi penyempitan, radang dan perubahan dinding kerongkongan, mula-mula berupa polip dan bisa berkembang menjadi kanker.

PREVALENSI GERD dan komplikasinya di Asia termasuk rendah dibandingkan dengan negara-negara Barat. Prevalensi di Barat berkisar 10-20 persen, sedangkan di Asia 3-5 persen, dengan pengecualian di Jepang 13-15 persen dan Taiwan 15 persen.

Penelitian tahun 1998 di FKUI/RSCM pada pasien dengan gejala dispepsia yang mendapat pemeriksaan endoskopi ditemukan kasus GERD berupa radang kerongkongan sebanyak 22,8 persen. Penelitian lain di FKUI/RSCM melaporkan dari 1.718 pasien yang menjalani pemeriksaan dengan teropong saluran cerna bagian atas dengan indikasi dispepsia selama lima tahun (1997-2002) menunjukkan peningkatan prevalensi radang kerongkongan dari 5,7 persen pada tahun 1997 menjadi 25,18 persen pada tahun 2002. Gejala GERD sering tumpang tindih dengan gejala dispepsia (gangguan pencernaan akibat tingginya asam lambung). Sering juga disangka gangguan jantung karena penderita merasa nyeri, sesak, dan panas di bagian dada sehingga ada pelbagai pemeriksaan untuk mencari kelainan pada jantung.OBAT golongan antasida memang bisa menghilangkan gejala, tetapi tidak menghentikan proses yang terjadi. Karenanya, demikian Ari, diperlukan obat antiasam yang lebih kuat berupa penghambat pompa proton (proton pump inhibitor/PPI) seperti omeprazol, esomeprazol, pantoprazol, lansoprazol.
Obat ini bekerja dengan cara menghambat pompa proton pada dinding sel parietal-yaitu sel yang memproduksi asam- sehingga terjadi penurunan produksi dan pengeluaran asam lambung. “Keasaman lambung dipertahankan pada pH 4-6 untuk memberi kesempatan tubuh memperbaiki kerusakan yang terjadi,” jelasnya.
Sebenarnya asam berfungsi membantu pencernaan dan membunuh kuman. Namun, produksi asam yang berlebihan akan merusak dinding lambung dan kerongkongan seperti pada kasus GERD. Upaya menurunkan tingkat keasaman sampai pH 4-6 sejauh ini tidak membahayakan kesehatan.

Dalam konsensus nasional disebutkan, jika pasien yang mendapat PPI dosis ganda selama satu minggu kondisinya membaik, pengobatan harus diteruskan sampai delapan minggu agar sembuh total.
Untuk radang kerongkongan sedang dan berat perlu dilanjutkan dengan terapi pemeliharaan sesuai dengan kebutuhan (bisa sampai enam bulan).Menurut Ari, konsensus nasional didasarkan pada konsensus yang disusun pelbagai pusat penelitian di dunia, studi kasus di Indonesia, dan pengalaman empiris para pakar/praktisi medis yang menyusun konsensus ini. Konsensus diharapkan menjadi pedoman para dokter dalam penatalaksanaan GERD sehingga tercapai hasil pengobatan yang optimal.Namun, pengobatan tak akan banyak berarti jika gaya hidup dan pola makan tak diubah. Karena kedua hal itu yang sebenarnya menjadi kunci kesehatan kita.

Tagged As:

asam lambung - obat asam lambung - asam lambung naik - asam lambung tinggi - gejala asam lambung - mengobati asam lambung - mengatasi asam lambung - ciri-ciri asam lambung - obat asam lambung tinggi - gejala asam lambung tinggi -

Related posts:

  1. Asam lemak
  2. Asam amino
  3. Sistem pencernaan manusia


32 Responses to Mengobati Asam Lambung

yanto

April 22nd, 2011 at 5:17 am

apakah penderita asam lambung bs sembuh total

yanto

April 22nd, 2011 at 5:18 am

apaka penderita asam lambung bs sembuh totl

tyo

April 22nd, 2011 at 8:34 am

bisa koq,obat yg paling mujarab adalah coklat,ni dah da pnelitian lho di australi…..
coba ja….
jgn lupa juga jaga pola mkan,hindarin mknan trlalu pedas,terlalu byak santan….

yanto

May 2nd, 2011 at 4:43 am

thank tyo..gue setuju dgn pola mkn tp dgn coklt gue agak ragu sbb bila gue mkn coklat asam gue naik sampai ketenggorakn…tlng penjelsn nya dan blh ga minum2 ronde

boy rayan

May 18th, 2011 at 6:39 am

Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,stroke,aids,miom,asma,keputihan,maag,ambeyen,kanker,diabetes,hipertensi,leukimia dsb secara alami,tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 dan 08121033414

dodi sanjaya

June 23rd, 2011 at 3:30 am

saya sudah kena asam lambung selama 3 tahun,bgm mengobatinya

dhonie

July 5th, 2011 at 1:45 pm

sebenarnya obat asam lambung yg mujarab itu apa?

sugeng

July 7th, 2011 at 3:48 pm

salam kenal aku baru sembuh dari sakit asam lambung tinggi,sampai masuk rumah sakit karna nga bisa nafas dan saya kira saya mau meninggal waktu itu,tapi alhamdulillah saya sekarang udah sembuh memang benar, kalo kita makan terutama coklat saya sampe nga bisa bernafas,aku sembuh cuma dgan herbal dan saat ini aku dah sembuh jadi asam lambung bisa di sembuhkan,JANGAN TAKUT semoga bermanfaat,,,081320700331

pria

July 11th, 2011 at 4:17 am

apa obat sama lambung yang mujarab

bonggas

July 16th, 2011 at 11:48 am

sy penderita asam lambung sejak 20 thn lalu
susah sembuhkannya, blm dapat terapi
yg tepat, saya lebih condong dgn minum jus
lidah buaya dan hindari alkohol yakin pasti sembuh
yang pasti makan sesuay schedul tx

kempot

July 20th, 2011 at 11:51 am

apakah asam lambung dpt mengakibatkan daya konsentrasi berkurang dan memungkinkan terjadinya depresi…………?

BakulatZ

July 22nd, 2011 at 9:41 am

Ada yang tau ga obat asam lambung yg mujarab?

obat alami jelly gamat

July 25th, 2011 at 6:49 am

makasih atas infonya…….
kebetulan saya sedang mencari info seperti ini…….

Nunuk - 08192686496

August 4th, 2011 at 4:08 am

Untuk asam lambung, seperti pengalaman kami cukup dengan merubah pola makan kita terutama pada sarapan pagi kita harus terpenuhi / tercukupi gizi untuk tubuh kita. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi kami. Semoga kita semakin sehat.

reza rio achmadi

August 4th, 2011 at 3:28 pm

aku menderita asam lambung tinggi,gak sembuh2 sampe prnh munth darah ne

reza rio achmadi

August 4th, 2011 at 3:30 pm

apa obat yg baik n benr krn klo obat2an gw dah kapok n bosan

bang toyib

August 14th, 2011 at 12:49 pm

kalau obat kuat oles ada gak hehehe

Mha_viend

August 25th, 2011 at 3:49 am

.saya uda sering banget keluar masuk rumah sakit gara_gara menghidap asam lambung…………….

tolong kasih tau dunkz obat asam lambung yg paling bagus ntuh apa yach……..

ipan

September 15th, 2011 at 3:31 am

gmna cra meengobati asam lmbung yang uda prah ..
tlong solusi nya ..

Syaifullah

September 17th, 2011 at 12:20 pm

Tolong dinformasikan dokter yang ahli dibidang kasus ini di Sumatera Barat atau Pekan baru. Terima kasih atas infonya.

ari

September 29th, 2011 at 6:39 am

Saya penderita asam lambung,setiap pagi harus selalu muntah-muntah bahkan sampai ada darahnya. Ada gk obat yg benar2 bisa mngobati asam lambung saya tersebut. Seblmnya saya pernah dirawat drumah sakit karena gastritis. Tks

Ahmad Hz

September 30th, 2011 at 7:19 am

obat asam lambung yang paling ampuh adalah PROPOLIS produksi Melianature. caranya teteskan sepuluh tetes ke dalam 1/3 gelas air minum diminum pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur. Insya allah pasti sembuh.

ronnie

November 22nd, 2011 at 9:03 am

Wah, ternyata banyak yang kena.. dulu kukira kena bronkitis karena sampe sesak dan paru2 dan sekitar dada rasanya panas.

sekarang lagi terapi pakai jeruk lemon (jangan jeruk nipis lokal karena jeruk lemon itu sifatnya basa sedangkan nipis bersifat asam), pagi2 sewaktu perut masih kosong, beberapa puluh menit kemudian munum air hangat..

harus rutin, nanti ku update setelah 6 bulan yaa… oh ya.. pola makan juga sangat penting..

Avatar

aicha

November 27th, 2011 at 3:36 am

sbenar’y obt yg paling mujarab yg ampuh tuk mengobati asam lmbung apa sih ? Sy sudah brkali2 minum obt yg braneka ,tp kok gak smbuh2 ? Apa memang sulit tuk disembuhkan ?

Raja Sirait17

November 29th, 2011 at 12:51 pm

salam Sejahtera semuanya… saya melihat lebih banyak menawarkan jasa di sini dari pada membantu teman-teman yang sakit Maag.. saya pun mengalami hal yang sama yaitu Maag Akut kata dokter.. dan obat yang d minum pun sudah obat paten dari dokter specialis.. tp hanya mengurangi saja.. Ada beberapa org yang menyarankan untuk rajin makan sinkong muda ujungnya saja dan itu di buktikan di beberapa daerah jawa barat sana.. tapi ada juga yg menyarankan untuk minum salah satu product dari Malaysia tetapi begitu saya Lihat Komposisi nya tenyata dari Kedelai Hitam dan harganya cukup mahal walau pun ada Jaminan uang kembali, tetapi saya coba beralih product Lokal dengan alasan bahwa kedelai Hitam itu paling bagus dari Indonesia dan ahirnya saya memilih Minum MDL 525 hasilnya sampe sekarang saya tidak merasakan lagi asam yang sering bikin bersendawa. awalnya 2 kali 1 hari dan sekarang cukup tiap pagi saja minum 200ml dan jam 10 baru sarapan nasi. semoga teman-teman bisa mencobanya dan tetap Berdoa karena Kuasa Tuhanlah yang paling Ampuh.

ditha

December 12th, 2011 at 12:13 am

apa gejala asam lambung berlebih tu salah satunya menyebabkan pusing dan badan panas ya??
tolong solusinya… aku pengen cepet sembuh… :’(

saiful

December 14th, 2011 at 1:01 pm

Saya juga ingin sedikit berbagi……saya jg Sakit Asam Lambung sejak 8 bln yg lalu tp Alhamdulillah skrg agak berkurang Obat yg saya gunakan klo Herbal : Minum Air Kelapa Hijau, Rebusan Tiga Daun Sirih, Parutan Kunyit dan Temulawak,Agar-Agar serta Kukusan Labu Parang.semuanya Obat untuk Lambung tetapi klo Obat saya Gunakan Fucosid 100mg diminum sesudah sarapan dan Sesudah makan mlm….semua adalah Obat Asam Lambung tetapi diimbangi juga dengan Pola makan dan Pikiran agar selalu TENANG dan juga HINDARI makanan/miniman yg dpt menaikan Asam Lambung Kita…..Semoga dpt bermanfaat….Amin

rudi hermawan

January 9th, 2012 at 3:49 am

bener yang telah dipaparkan di atas karena yang saya rasakan seperti yang dipaparkan diatas, kemudian tindakan apa yang di gunakan untuk mencegah dan mengobati secara alami bahkan tanpa obat? thanks…..

yuyul

January 12th, 2012 at 9:46 am

Ada yg tau, apakah asam lambung naik dpt menyebabkan bau mulut? Apa solusinya supaya asam lambung bs sembuh? Saya sudah mencoba berbagai macam cara dari parutan temulawak, kunyit, lidah buaya dll tp asam lambung tetap naik dan bau mulut masih ada………. Tolong bantuannya…….. trims

sugiiarto

January 14th, 2012 at 6:20 am

sebener.a obat yang bisa bikn penyakit asm lambung itu benr” sembuh itu appa,tollong kasii tau secepat.a,inii penting banget buatd saiia,

terimakasiih ..

ugiie

January 15th, 2012 at 4:54 am

obatt paling mujarab buat sakit asam lambung,kira_kira apa iiaa ..
adda yag ttau ngga,yang sekira.a bissa bikin sembuh total ..
dan ngga sakit laggii,klo adda yng tauu ksii ttauu iiab ..

bungong kaye

January 16th, 2012 at 4:19 am

ada yang tau cara ngobatin sakit gerd dengan herbal ? pliz gw pengen tau nich.

Comment Form