Mengobati Asam Lambung

GAYA hidup dan pola makan kembali terbukti memengaruhi kesehatan lebih baik mencegah daripada mengobati asam lambung . Kehidupan dengan stres tinggi dan makan makanan berlemak diyakini sebagai pemicu penyakit refluks gastroesofageal (GERD).Penyakit dengan gejala rasa nyeri dan panas di dada dan asam lambung naik ke kerongkongan ini jika dibiarkan berlarut-larut bisa menimbulkan gangguan suara serak, batuk kronis, sesak napas, bahkan kanker kerongkongan. Gangguan ini bisa diatasi dengan obat- obatan yang tersedia pasaran. Jenis dan dosisnya dibakukan dalam Konsensus Nasional Penatalaksanaan Penyakit Refluks Gastroesofageal yang disusun Kelompok Studi GERD Indonesia.

Penyakit refluks gastroesofageal menurut definisi dalam konsensus nasional adalah kelainan yang menyebabkan cairan lambung mengalami refluks (mengalir balik) ke kerongkongan dan menimbulkan gejala khas berupa rasa terbakar di dada, kadang-kadang disertai rasa nyeri serta gejala lain seperti rasa asam dan pahit di lidah, nyeri ulu hati, perut kembung, sering bersendawa, serta kesulitan menelan. Menurut dr Ari Fahrial Syam SpPD MMB dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) pada jumpa pers simposium penatalaksanaan terkini penyakit dalam, Sabtu (4/12), semula gangguan ini dikelompokkan sebagai gangguan pada lambung. Namun dalam perkembangannya, GERD menjadi penyakit tersendiri, yaitu gangguan pada kerongkongan dengan kriteria, pemeriksaan, dan pengobatan tersendiri.

“Makanan berlemak seperti keju atau cokelat serta faktor stres menyebabkan produksi asam dan gas berlebihan dalam lambung. Makanan berlemak juga memperlemah klep kerongkongan. Akibatnya asam dan gas naik ke kerongkongan. Hal ini akan menimbulkan luka di kerongkongan,” paparnya.

Kalau terus berlangsung, hal ini akan mengganggu organ lain seperti gangguan pita suara, gatal di tenggorokan, asam yang ke paru akan menimbulkan gejala sesak napas seperti asma. Pada kerongkongan akan terjadi penyempitan, radang dan perubahan dinding kerongkongan, mula-mula berupa polip dan bisa berkembang menjadi kanker.

PREVALENSI GERD dan komplikasinya di Asia termasuk rendah dibandingkan dengan negara-negara Barat. Prevalensi di Barat berkisar 10-20 persen, sedangkan di Asia 3-5 persen, dengan pengecualian di Jepang 13-15 persen dan Taiwan 15 persen.

Penelitian tahun 1998 di FKUI/RSCM pada pasien dengan gejala dispepsia yang mendapat pemeriksaan endoskopi ditemukan kasus GERD berupa radang kerongkongan sebanyak 22,8 persen. Penelitian lain di FKUI/RSCM melaporkan dari 1.718 pasien yang menjalani pemeriksaan dengan teropong saluran cerna bagian atas dengan indikasi dispepsia selama lima tahun (1997-2002) menunjukkan peningkatan prevalensi radang kerongkongan dari 5,7 persen pada tahun 1997 menjadi 25,18 persen pada tahun 2002. Gejala GERD sering tumpang tindih dengan gejala dispepsia (gangguan pencernaan akibat tingginya asam lambung). Sering juga disangka gangguan jantung karena penderita merasa nyeri, sesak, dan panas di bagian dada sehingga ada pelbagai pemeriksaan untuk mencari kelainan pada jantung.OBAT golongan antasida memang bisa menghilangkan gejala, tetapi tidak menghentikan proses yang terjadi. Karenanya, demikian Ari, diperlukan obat antiasam yang lebih kuat berupa penghambat pompa proton (proton pump inhibitor/PPI) seperti omeprazol, esomeprazol, pantoprazol, lansoprazol.
Obat ini bekerja dengan cara menghambat pompa proton pada dinding sel parietal-yaitu sel yang memproduksi asam- sehingga terjadi penurunan produksi dan pengeluaran asam lambung. “Keasaman lambung dipertahankan pada pH 4-6 untuk memberi kesempatan tubuh memperbaiki kerusakan yang terjadi,” jelasnya.
Sebenarnya asam berfungsi membantu pencernaan dan membunuh kuman. Namun, produksi asam yang berlebihan akan merusak dinding lambung dan kerongkongan seperti pada kasus GERD. Upaya menurunkan tingkat keasaman sampai pH 4-6 sejauh ini tidak membahayakan kesehatan.

Dalam konsensus nasional disebutkan, jika pasien yang mendapat PPI dosis ganda selama satu minggu kondisinya membaik, pengobatan harus diteruskan sampai delapan minggu agar sembuh total.
Untuk radang kerongkongan sedang dan berat perlu dilanjutkan dengan terapi pemeliharaan sesuai dengan kebutuhan (bisa sampai enam bulan).Menurut Ari, konsensus nasional didasarkan pada konsensus yang disusun pelbagai pusat penelitian di dunia, studi kasus di Indonesia, dan pengalaman empiris para pakar/praktisi medis yang menyusun konsensus ini. Konsensus diharapkan menjadi pedoman para dokter dalam penatalaksanaan GERD sehingga tercapai hasil pengobatan yang optimal.Namun, pengobatan tak akan banyak berarti jika gaya hidup dan pola makan tak diubah. Karena kedua hal itu yang sebenarnya menjadi kunci kesehatan kita.

99 comments on “Mengobati Asam Lambung

  1. yanto April 22, 2011 5:17 am

    apakah penderita asam lambung bs sembuh total

  2. yanto April 22, 2011 5:18 am

    apaka penderita asam lambung bs sembuh totl

  3. tyo April 22, 2011 8:34 am

    bisa koq,obat yg paling mujarab adalah coklat,ni dah da pnelitian lho di australi…..
    coba ja….
    jgn lupa juga jaga pola mkan,hindarin mknan trlalu pedas,terlalu byak santan….

  4. yanto May 2, 2011 4:43 am

    thank tyo..gue setuju dgn pola mkn tp dgn coklt gue agak ragu sbb bila gue mkn coklat asam gue naik sampai ketenggorakn…tlng penjelsn nya dan blh ga minum2 ronde

  5. boy rayan May 18, 2011 6:39 am

    Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,stroke,aids,miom,asma,keputihan,maag,ambeyen,kanker,diabetes,hipertensi,leukimia dsb secara alami,tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 dan 08121033414

  6. dodi sanjaya June 23, 2011 3:30 am

    saya sudah kena asam lambung selama 3 tahun,bgm mengobatinya

  7. dhonie July 5, 2011 1:45 pm

    sebenarnya obat asam lambung yg mujarab itu apa?

  8. sugeng July 7, 2011 3:48 pm

    salam kenal aku baru sembuh dari sakit asam lambung tinggi,sampai masuk rumah sakit karna nga bisa nafas dan saya kira saya mau meninggal waktu itu,tapi alhamdulillah saya sekarang udah sembuh memang benar, kalo kita makan terutama coklat saya sampe nga bisa bernafas,aku sembuh cuma dgan herbal dan saat ini aku dah sembuh jadi asam lambung bisa di sembuhkan,JANGAN TAKUT semoga bermanfaat,,,081320700331

  9. pria July 11, 2011 4:17 am

    apa obat sama lambung yang mujarab

  10. bonggas July 16, 2011 11:48 am

    sy penderita asam lambung sejak 20 thn lalu
    susah sembuhkannya, blm dapat terapi
    yg tepat, saya lebih condong dgn minum jus
    lidah buaya dan hindari alkohol yakin pasti sembuh
    yang pasti makan sesuay schedul tx

  11. kempot July 20, 2011 11:51 am

    apakah asam lambung dpt mengakibatkan daya konsentrasi berkurang dan memungkinkan terjadinya depresi…………?

  12. BakulatZ July 22, 2011 9:41 am

    Ada yang tau ga obat asam lambung yg mujarab?

  13. obat alami jelly gamat July 25, 2011 6:49 am

    makasih atas infonya…….
    kebetulan saya sedang mencari info seperti ini…….

  14. Nunuk - 08192686496 August 4, 2011 4:08 am

    Untuk asam lambung, seperti pengalaman kami cukup dengan merubah pola makan kita terutama pada sarapan pagi kita harus terpenuhi / tercukupi gizi untuk tubuh kita. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi kami. Semoga kita semakin sehat.

  15. reza rio achmadi August 4, 2011 3:28 pm

    aku menderita asam lambung tinggi,gak sembuh2 sampe prnh munth darah ne

  16. reza rio achmadi August 4, 2011 3:30 pm

    apa obat yg baik n benr krn klo obat2an gw dah kapok n bosan

  17. bang toyib August 14, 2011 12:49 pm

    kalau obat kuat oles ada gak hehehe

  18. Mha_viend August 25, 2011 3:49 am

    .saya uda sering banget keluar masuk rumah sakit gara_gara menghidap asam lambung…………….

    tolong kasih tau dunkz obat asam lambung yg paling bagus ntuh apa yach……..

  19. ipan September 15, 2011 3:31 am

    gmna cra meengobati asam lmbung yang uda prah ..
    tlong solusi nya ..

  20. Syaifullah September 17, 2011 12:20 pm

    Tolong dinformasikan dokter yang ahli dibidang kasus ini di Sumatera Barat atau Pekan baru. Terima kasih atas infonya.

  21. ari September 29, 2011 6:39 am

    Saya penderita asam lambung,setiap pagi harus selalu muntah-muntah bahkan sampai ada darahnya. Ada gk obat yg benar2 bisa mngobati asam lambung saya tersebut. Seblmnya saya pernah dirawat drumah sakit karena gastritis. Tks

  22. Ahmad Hz September 30, 2011 7:19 am

    obat asam lambung yang paling ampuh adalah PROPOLIS produksi Melianature. caranya teteskan sepuluh tetes ke dalam 1/3 gelas air minum diminum pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur. Insya allah pasti sembuh.

  23. ronnie November 22, 2011 9:03 am

    Wah, ternyata banyak yang kena.. dulu kukira kena bronkitis karena sampe sesak dan paru2 dan sekitar dada rasanya panas.

    sekarang lagi terapi pakai jeruk lemon (jangan jeruk nipis lokal karena jeruk lemon itu sifatnya basa sedangkan nipis bersifat asam), pagi2 sewaktu perut masih kosong, beberapa puluh menit kemudian munum air hangat..

    harus rutin, nanti ku update setelah 6 bulan yaa… oh ya.. pola makan juga sangat penting..

  24. aicha November 27, 2011 3:36 am

    sbenar’y obt yg paling mujarab yg ampuh tuk mengobati asam lmbung apa sih ? Sy sudah brkali2 minum obt yg braneka ,tp kok gak smbuh2 ? Apa memang sulit tuk disembuhkan ?

  25. Raja Sirait17 November 29, 2011 12:51 pm

    salam Sejahtera semuanya… saya melihat lebih banyak menawarkan jasa di sini dari pada membantu teman-teman yang sakit Maag.. saya pun mengalami hal yang sama yaitu Maag Akut kata dokter.. dan obat yang d minum pun sudah obat paten dari dokter specialis.. tp hanya mengurangi saja.. Ada beberapa org yang menyarankan untuk rajin makan sinkong muda ujungnya saja dan itu di buktikan di beberapa daerah jawa barat sana.. tapi ada juga yg menyarankan untuk minum salah satu product dari Malaysia tetapi begitu saya Lihat Komposisi nya tenyata dari Kedelai Hitam dan harganya cukup mahal walau pun ada Jaminan uang kembali, tetapi saya coba beralih product Lokal dengan alasan bahwa kedelai Hitam itu paling bagus dari Indonesia dan ahirnya saya memilih Minum MDL 525 hasilnya sampe sekarang saya tidak merasakan lagi asam yang sering bikin bersendawa. awalnya 2 kali 1 hari dan sekarang cukup tiap pagi saja minum 200ml dan jam 10 baru sarapan nasi. semoga teman-teman bisa mencobanya dan tetap Berdoa karena Kuasa Tuhanlah yang paling Ampuh.

  26. ditha December 12, 2011 12:13 am

    apa gejala asam lambung berlebih tu salah satunya menyebabkan pusing dan badan panas ya??
    tolong solusinya… aku pengen cepet sembuh… :’(

  27. saiful December 14, 2011 1:01 pm

    Saya juga ingin sedikit berbagi……saya jg Sakit Asam Lambung sejak 8 bln yg lalu tp Alhamdulillah skrg agak berkurang Obat yg saya gunakan klo Herbal : Minum Air Kelapa Hijau, Rebusan Tiga Daun Sirih, Parutan Kunyit dan Temulawak,Agar-Agar serta Kukusan Labu Parang.semuanya Obat untuk Lambung tetapi klo Obat saya Gunakan Fucosid 100mg diminum sesudah sarapan dan Sesudah makan mlm….semua adalah Obat Asam Lambung tetapi diimbangi juga dengan Pola makan dan Pikiran agar selalu TENANG dan juga HINDARI makanan/miniman yg dpt menaikan Asam Lambung Kita…..Semoga dpt bermanfaat….Amin

  28. rudi hermawan January 9, 2012 3:49 am

    bener yang telah dipaparkan di atas karena yang saya rasakan seperti yang dipaparkan diatas, kemudian tindakan apa yang di gunakan untuk mencegah dan mengobati secara alami bahkan tanpa obat? thanks…..

  29. yuyul January 12, 2012 9:46 am

    Ada yg tau, apakah asam lambung naik dpt menyebabkan bau mulut? Apa solusinya supaya asam lambung bs sembuh? Saya sudah mencoba berbagai macam cara dari parutan temulawak, kunyit, lidah buaya dll tp asam lambung tetap naik dan bau mulut masih ada………. Tolong bantuannya…….. trims

  30. sugiiarto January 14, 2012 6:20 am

    sebener.a obat yang bisa bikn penyakit asm lambung itu benr” sembuh itu appa,tollong kasii tau secepat.a,inii penting banget buatd saiia,

    terimakasiih ..

  31. ugiie January 15, 2012 4:54 am

    obatt paling mujarab buat sakit asam lambung,kira_kira apa iiaa ..
    adda yag ttau ngga,yang sekira.a bissa bikin sembuh total ..
    dan ngga sakit laggii,klo adda yng tauu ksii ttauu iiab ..

  32. bungong kaye January 16, 2012 4:19 am

    ada yang tau cara ngobatin sakit gerd dengan herbal ? pliz gw pengen tau nich.

  33. Andri January 27, 2012 2:08 pm

    Saya mengalami asam lambung dada sakit,tengorokan serak sesak mulut asam perasaan nga nyaman deh..apa obatnya..sementara ini hanya dengan dzikir perasaan mulai agak mendingan gitu

  34. liliz handayani January 30, 2012 12:22 pm

    gmna cra menyembuhkan pnyakit asam lmbung?emang pnyakit asam lmbung suka ad sesak?tolong pnjelasannya.

  35. penderita maag akut February 3, 2012 4:23 pm

    Sakit maag/tukak lambung bnyk sebab,gejala berbeda2, tp rata2 gas asam naik sehingga menekan ke paru,jantung,kemana2,ke syaraf gigi,lidah,tenggorokan,badan nyeri,ulu hati nyut2an. Obat2 bebas hanya sesaat sj,krn sifatnya menghilangkan gas nya tdk menyembuhkan luka,atau penyebabnya.
    Anda cek dl di USG itu dada,bs juga krn hati atau empedu ada lemak,pasir,dll..itu pun gejala nya sama.
    Obat dari semua nya adalah terapi penenangan pikiran… Pergi aja ke dokter spesialis kejiwaan,minta obat utk ketenangan. Jika anda tenang maka tdk ada produksi gas asam lagi,sambil terapi yg sumber sakitnya. Sumber sakit bs krn luka lambung,luka tukak,empedu,hati.. Makanya tes USG dulu. Kalo ada yg mampu bs nahan dgb zikir,pasti agak berkurang. Makanya perasaan sll resah krn empedu nya yg di dorong oleh gas tsb. Itu obatnya, herbal,dan segala rupa,itu buat yg blm akut,kadang tdk pengaruh. ???(y)[??o????]??[???????]??[??e????]??(y) ??

  36. sukarwanto February 13, 2012 1:28 am

    ikuti saran ustad danu. bahwa orang yang kena penyakit asam lambung karena emosi yang disimpan. ayo sama sama latihan bertindak lemah lembut dan sabar. jangan menyimpan dendam.

    rutinkan minum madu, kunyit, temulawak, nanas dan obat herbal lainnya. moga kita sembuh dengan mendapat ridlonya

  37. mokza February 17, 2012 10:42 am

    Minum jelly gamat gold G alhamdulillah gw udah agak mendingan,jgn dibiarin penyakit maag ini dapat menyebabkan kanker..

  38. ipan lubis February 18, 2012 8:48 am

    apakah gelisah & debar jantung keras bagian dari penyakit lambung dan menjadi lemas

  39. Aisyah Noor February 19, 2012 6:03 am

    Salam kenal
    Menurut Sy sakit jaman skrg ini disebabkan oleh polusi udara dan makan2an yg tercemar,
    lama kelamaan akan terjadi penumpukan racun didalam usus nah,, inilah yg menyebabkan
    kawan2 sakit di usia muda,jika kawan2 ingin mendapatkan kesehatan yg luar biasa racun2
    yg menumpuk tersebut harus dikeluarkan,pertanyaannya bagaimana dan menggunakan apa agar
    penumpukan racun2 tersebut bisa dikeluarkan,sedikit sharing aja,dulu Sy jg pernah
    sakit asam lambung bertahun2 tdk kunjung sembuh,alhamdulillah setelah Sy terapi detox
    menggunakan minuman organik yg mengandung tumbuh2an yg alami Sy sudah bisa beraktifitas
    seperti biasa.
    Info lebih lanjut hub Sy di 082125830366 atau 087886806224,semoga bermanfaat Tks

  40. nurul aminah February 19, 2012 1:46 pm

    bagus juga imformasinya makasih ya

  41. Dimas aditia February 24, 2012 12:37 pm

    penyakit yg qu rasain saat ini,ulu hati kadang sakit trus nafas sesak.apakah itu ciri2 penyakit asam lambung jg..trus bagaimana cara mengobatinya? Klo ada yg tau bleh call atau sms ke no 083815150459

  42. IGN Kompyang Putra February 29, 2012 7:07 am

    AISYAH NOOR Kok nongol dmna mana? jual GFO sama melilea ya?

  43. gta March 3, 2012 11:55 am

    mas putra ada dsini jga…msh mncari kesembuhan y mas?sama kaya aku :(

  44. andra/gerd/hati & empedu berlemak March 13, 2012 6:16 am

    halo semua. sy penderita hal yg sama,ini bukan MAAG biasa,oba maag yg di warung spt promag,dsb nya itu,hanya utk maag biasa,dan TDK MENYEMBUHKAN.

    HERBAL??? ITU dagangan aja,spt : tahitian,jelly gamat,propolis,yg semuanya MLM itu,sdh sy coba,gak efektif.

    sagu,lidah buaya,madu,singkong mentah,bengkoang,dsbnya juga sdh,dan tdk efektif

    yg msh mendingan pakai lidah buaya murah,agak adem.

    semua udah,nasehat2 spt hindari makanan : kol,pedas,yg mngandung asam,sudah ( tpi kadang kena juga melanggar )

    kok gk smbuh?? cek USG tnyata ada lemak di empedu dan hati dan ini susah juga bedain krn kena GERD juga..

    yg dibilang oleh diatas bener (dari penderita maag akut)

    caranya adalah :

    terapi PPI dan H2 reseptor minum aja omeprazole 2 x 1,klo parah tambain.

    Ranitidin 2×1 utk sakit ulu hatinya

    klo mual pakai domperidon (klo mual saja)

    plussssss

    obat penenang spt : frisium 2 x 1 jika dibutuhkan,klo pas timbul resahnya,spt org mau mati saja…

    krn gejalan tsb mirip jantungan,betul?? angin duduk lah,dsbnya

    obat tsb setelah digunakan merasa sdh baik,jangan di putus hingga 8 minggu,ko parah terus…hingga bener2 ilang.. bnykin minum air putih tambahin oxy klo perlu

    olahraga deh dan thinking positiveeeeee..

    begitu..

    yg lain2 ?? tinggalin aja dulu, ngabisin duit doanggggg…

    semoga bermanfaat dan sembuh.

    amin

  45. andra/gerd/hati & empedu berlemak March 13, 2012 6:25 am

    oh ya, bedakan antara GERD dengan MAAG, seperti judul diatas membahas GERD… cari tau dulu, anda masuk pnykit maag atau gerd.

    gerd gejalanya mirip lemak di hati/empedu :

    gelisah tiba2,jantung berdebar kencang tiba2,gas naik hingga sulit bernafas,menderita cemas yg luar biasa….

    ada mual,kadang krn dorongan gas balik keatas dr lambung,bisa ke syaraf wajah, GIGI, urat leher, punggung,seputar jantung di pegang nyeri klo di tekan,kadang dada kanan juga…. itu tandanya.

    beda dgn maag biasa yg hanya nyeri lambung,bisa krn bakteri,atau luka saja,air liur berbusa bnyk…

    kalo maag sih gk tll risau..bs dgn herbal

    krn bnyk nya obat masuk, kita cuci juga sekali2 dgn air kelapa hijau itu… oke

    siiip

  46. anita kurnia March 13, 2012 4:10 pm

    Salam kenal.
    Sy sdh menderita penyakit asam lambung akut selm hampir 5 thn sampai skr,penyakit sy ini sering bngt kambuh nya,pdhal sy sdh pantang smua makanan pencetus asam lambung naik. Klo sdh kambuh,rasanya skt bngt,spt sekarat dan mau mati sj,saking skt nya. smua obat kimia dan Herbal sdh sy minum smua,tp ga ada jg perubahan nya. Sy ingn bngt sembuh total,sy sdh pts asa dg penyakit kronis yg sdh sy derita selm berthn2 ini,sy sering mengalami depresi akibat terlalu memikirkan penyakit sy yg tdk jg kunjung sembuh. Pliiiiisss. Bantu aku dong. Obat2an apa aja yg hrs sy konsumsi dan Terapi spt apa sj yg hrs sy lakukan,mengingat penyakit sy ini sdh sngt parah. Sy sdh 3x di Opname di RS,kata Dokter sy menderita Asam Lambung akut dan Maag Kronis. Lambung sy sering skt,ulu ht jg skt dan nyeri,dada nyeri,nafas rasanya sngt pendek dan sesak skali,mulut rasanya asam dan pahit,klo asam lambung sy sdh naik,maka tenggorokan sy lgsng skt,asem,pahit dan muntah2,bdn sy sering gemetaran dan keluar keringat dingin klo telat makan,berpuasa pun sdh tdk sanggup,krn tdk sanggup menahan perut kosong. Yg paling parah nya lg,setiap aku mau naik Escalator,asam lambung ku lgsng naik,bdn ku lgsng lemas,rasanya kayak mau jth dan pingsan gitu,jantung ku pun jd deg degan dan gemetaran bngt. Tolongin aku dong. Aku hrs gmn lg cara mengobatinya,aku sdh pts asa. Pliiiiis bantuin aku dong. Txs bngt ats smua masukan nya. Makasih bnyk.

  47. dik March 22, 2012 6:52 pm

    Halo mas ANDRA,, yg mas andra tulis di atas itu benar sekali yg suka sy alami sering cemas berlebihan.. Mohon mas info lebih lanjut nya mohon sms no hp mas andra ke hp sy no sy 021 96111516..semoga mas tidak keberatan ya mas karan sy sangat mengharapkap kan.sebelum nya sy ucapkan trimakasih.

  48. Atang April 9, 2012 1:04 am

    sudah lama saya perih lambung. setelah makan bersantan, pedas, kol, buah buahan, obat mag selalu saya sediakan. karena jarang makan buah buahan bibir selalu pecah pecah, satu hari, udara begitu panas saya bikin air es saat itu ada jeruk lalu peraskan, oo segarnya sampai 3 hari dilakukan, dan ad keanehan makan sayur bersantan lambung ko tidak perih. dan saya minum air jeruk tiap hari + gula pasir sedikit perubahanya luar biasa, saya bisa makan sambal pedas, kol , buah buahan dll yang jelas tidak ada pantang, obat mag berhenti total , syukur pada Tuhan, jeruk itu hanya jeruk nipis moga pengalaman saya berguna untuk yang perih lambung.

  49. evanora harley April 16, 2012 12:49 pm

    2 tahun yg lalu saya,terkena asam lambung yang parah…… sembuh… setelah diberitahu teman, makan adonan tepung sagu disedu dengan air panas ditambahkan gula aren, karna tak suka manis saya makan adonan tepung sagu dua sendok dan menggigit gula aren, u sementara berpantang makanan pedas, terlalu panas, asam, alkohol tentunya….. terkadang kalo bosan makan adonan tersebut, saat asam lambung kumat sy seduh sbungkus agar2 dg air panas 1 gelas , lalu setelah agak dingin saya minum, sekarang Alhamdulillah asam lambung tidak pernah muncul lg setahun ini

  50. novita April 19, 2012 8:19 am

    Dear Mas Andra,

    Mama saya skrg sgd opname ke 3 kalinya dalam 2 bulan ini,gejala yg dirsakan sama persis dgn yg mas ungkapkan,kemarin sdh melakukan endoskopi dan ditemukan banyak luka di lambung,juga usus.
    Selama ini saya pikir mama saya sakit maag ,sepertinya lebih ke arah GERD ya ??
    Sedangkan bila hati/empedu berlemak juga bisa mengakibatkan gejala yg sama ya?
    Mohon informasinya langkah apa sebaiknya yg hrs saya lakukan berikutnya.?

    Terima kasih banyak sebelumnya..

  51. andy widjaya May 20, 2012 12:13 pm

    temen2 semua, sy juga menderita maag kronis dan asam lambung tinggi, tapi sekarang sdh berangsur sembuh dengan mengkonsumsi kunyit, skrng sdh ada kunyit yg dijual di century dng merk sari kunyit , keluaran sido muncul. sy bukan promosi suatu merk, sy cuma mau berbagi dengan kawan2 yg mempunyai masalah sama dengan saya. semoga info ini bermanfaat buat kawan2, God bless all of u

  52. delly June 13, 2012 2:21 pm

    makasih atas info nya

  53. delly June 13, 2012 2:24 pm

    benar gak sih klo lidah buaya itu bisa nyembuhin asam lambung, mohon informasinya ya?

  54. adellia August 11, 2012 2:44 am

    mohon infonya
    obat herbal yang paling ampuh untuk menangani maag akut apa saja? apa benar air kelapa hijau dan lidah buaya bisa membantu proses penyembuhan.
    kira2 harus dikonsumsi berapa lama agar bisa sembuh total?

  55. RUDDI August 11, 2012 7:47 am

    gan sya punya cranya bisa dcoba,,,ada bebrpa hal yang perlu dketahui
    1.asam lmbung kluar sesuai kebiasaan kta mkan (magh terjadi karena kebiasaan mkan kta tdak tratur…paktor pendukungnya bsa dkrenakn paktor stres/pikiran) yng perlu dktahui gan,,,hampir dsiap pnyakit paktor stres ini bsa ikutn…mknya gk salh tu USTAD bsa nyembuhin mpasien hnya dngn mnyuruhnya minta maaf kpda orng lain dan kp TUHAN…
    sca medisnya sekresi asam lmbung 1x dlam 2 jam artinya gan bisa mkan cemilan untk mncgah kprah maghnya jka gan sdah trkna magh. krna jika tdak ada mkan yg dlmbung mka lpisan lmbung gan smkin trkikis krna sfat dri cairanx brsifat iritan….
    untuk obatnya,,,coba susu kedelai gan,ini pernah sya coba alhamduliilah tersa kasiatnya. smg bermampaat. inget pola makan/diet gan jga sngat mndukug???

  56. ian chayank April 20, 2013 12:01 pm

    temen2 semua…
    saya menderita penyakit ini dah menjelag 5 thn. awalnya dikira trserang sihir karena jika ke dokter cuma dikasih obat maag padahal yang saya rasakan sensasinya macem2. dan jawaban dokter setia sy bertanya penyakit sy jawabannya tdk pernah memuaskan. tapi setelah sya baca keluhan teman2 yang semua hampir sama dengan yang saya rasakan saya menjadi yakin saya terserang asam lambung alias GERD. saat ini udah agak mendingan. saya minum ritun kunyit + madu sama kalo lagi nggak enak banget perutnya sy minum larutan kanji.

  57. aliya...08129888743 July 15, 2013 4:29 pm

    aduh pusing sama asam lambung ga sembuh2….minum obat perut&dada panas…..ada yang tahu ga ya pengobatan yg bagus dimana.

  58. aba July 17, 2013 5:17 pm

    saya baru 2 hari sakit yg terasa spt tean teman ini, ini sdg beberapa pengalaman diatas sy coba ya minum kunyit madu, krn pas puasa sehari kemrin puasa sy batalkan nggak tahan sama melilitnya, minum larutan kanji jg dicoba, propolis ini sdg sy coba jg

  59. DWI August 2, 2013 9:53 am

    saya penderita asam lambung mohon infoormasi pengobatannya karena saya dudah bolak balik ke dr dan rs sampai banyak jenis obat yang di berikan oleh dr brmacam” mohon infonya tks

  60. irma purwati August 22, 2013 9:06 am

    halo sy jg penderita asam lambung kronis lho.sdh mpe ngnap di rmh skit krn luar biasa mngganggu ny skit yg sy derita.gjalany sama sprti di atas.jntung brdebar2 ssak..panas dan perih..mlah klo lg kmbuh di dada kiri terasa menekan.dan trs terang tdk byk org yg tggal dsekitar sy mengerti ap yg sy rsakan.sgla obt ud sy mnum tp nhil.kunyit temulak ato kunyit putih jg nhil mlah brtamba parah hingga kndisi tbuh sy sprti menguning..akhirny sycb trapi saraf di dkt tmpt tggal sy..dsna obtny hnya jhe merah dan mnum mnyak kelapa..dan alhmdulillah..ad prubahanny..asm lmbung sy yg sdh mmbuat luka2 di lmbung dan dikerongkongn kni mmbaik.nmun sy sulit u/ mnghindari stres..pdhl pnykit sy tdk boleh stres…mdh2n brmanfaat

  61. dede baso August 29, 2013 8:38 am

    Assalamualaikum teman teman senasib dan seperjuangan..heehehehe
    Aku juga menderita GERD,,awalnya perut sy terasa menyemprot asam yg bnyk sehingga sy demam selama 4 hari,,setelah ke dokter pertama dibilangnya gejala tipes,setelah minum obat tidak ada perubahan malah jantung sy berdebar kencang setelah minum obat,saya pun pindah dokter dan hasilnya pun sama.saya sempet stress krn tidak kunjung sembuh,prnh suatu saat sy ke mall,setelah makan yg bertepung dada saya sesak sehingga membuat sy panik dan jantung pun berdebar2 n lemas,saya panik dan tkt kalo serangan jantung dan jadi takut mati.bsknya kakak saya membawa saya ke pengobatan holistik di bogor sy ditangani langsung dgn prof.nya saya didiagnosis gelaja asma pdhl sy tdk prnh dan tdk ada keturunan asma.setelah minum obatnya (obatnya herbal gt,soalnya sy trauma dgn yg kimia stelah yg ke dokter abis minum obat berdebar kencang) sktnya menurut tp tidak sembuh.saya pun makin stress,pdhl semua pantangan saya jalanin.dan kakak saya mengira saya ada gangguan jin soalnya sakit kok ga kunjung sembuh dan banyak bgt sakitnya,,saya pun stress dan coba2 buka internet n browsing soal sakit saya awalnya saya pikir jantung atau stroke tp saat baca artikel ttg GERD saya langsung merasa cocok.awalnya kakak saya kesel klo saya mengambil kesimpulan sendiri,setelah dia sendiri baca ttg artikelnya dy pun bertanya pd temannya yg dokter ttg GERD,awalnya dokter itu nyuruh endoskopi tp saya ga mau soalnya ngeri masukin kamera ke dlm perut.akhirnya dokter itu menganjurkan minum SOMAN soalnya ga da efek sampingnya dan katanya bnyk penderita GERD sembuh dgn Soman.saya pun nyoba beli di Wisma Aldiron,saya baru 8 hari minum dan rasanya sedikit berkurang.harapan saya dgn Soman ini bisa sembuh,soalnya sakit ini ga enak bgt,menghambat aktifitas saya,saya jd tkt keluar rmh,sy jg jd tkt kerja pdhl sy baru lulus kuliah dan semua teman saya sudah pd maju,,sedihh bgt deh rasanya..yg paling mengganggu tuh kalo dada berdebar dan sesak napas.

  62. Andre September 5, 2013 4:15 am

    Halo semua.. Sy juga mengalami gangguan kesehatan seperti yang teman-teman alami, sudah hampir 4 th sya mengalami hal tersebut, disini sy cuma ingin memberi masukan, agar bila ada teman2 yang mengalami kesehatan yg semakin membaik tolobg di share di sini dengan mencantumkan no tlp yg dapat di hub, agar bila ada yang membutuhkan informasi lebih lanjut dapat berkonsultasi atau sharing. oya no sy di 08567580580. saat ini sya sedang akan mencoba terapi herbal Gastric, Bagus buat lambung dan liver.

  63. rivi September 9, 2013 2:45 pm

    Saya baru sebulan yg lalu menderita GERD, awalnya ketika bangun tidur dada saya sesak bngt, smp kyk mau mati. Sempet kepikiran kena angin duduk, dan setelah itu dikerok sampe merah bnget, tp sesaknya ilang trs timbul lagi. Setelah check ke dokter , dirontgen paru2 nya hasil nya bagus, detak jantung bagus, tp sy tdk memiliki asma. Setelah divonis oleh dokter sy menderita gerd, intinya sih jgn makan makanan yg berlemak, pedas, asam, santan, dan klo setelah makan jgn dibiasakan langsung tidur, ksh jarak 2 jam ajah dan jgn stress

  64. yuni September 11, 2013 8:38 pm

    coba detox dg FOOD COMBINING.terapi membuang racun yang mengakibatkan pemicu asam lambung.setiap pagi minum perasan lemon or jeruk nipis dan perbanyak makan sayur. klo untuk emergency.. klo sakit2nya minum aja agar2 hangat.jgn sampai keras. dan yg terpenting ketenangan pikiran.
    InsyAllah sembuh

  65. wahyu September 11, 2013 8:51 pm

    kata uztad danu asam lambung terjadi karena kekesalan qt yg terpendam.emosi yg disimpan terhadap org2 diskitar qt.
    solusinya meminta maaf trhadp org trsebut dan rajin tahajud meminta maaf atas smua kesalahan kita.
    semua penyakit berasal dari diri kita dan hanya Allah yang mampu menyembuhkan

  66. bedjo September 13, 2013 10:44 am

    bawa ke fisioterapi aja dah mulai sembuh. aku 3 bulan rasanya kaya takut mati jantung berdebar.sesak nafas sekalinya kena GERD.

  67. wildan n hany October 2, 2013 2:06 am

    Han i miss u

  68. pitiy ilvil October 6, 2013 8:47 am

    halo kawan smwa saya udh hmpir 1 thn ini mrasakan nyesek nafas di perut kdang jantung berdebar dan keluar kringat dingin kalo sya mkan yg berminyak perut sya langsung nyesek kya berat gitu apakah ini penyakit GERD jg tlong bgi yg tahu hub. saya ,,
    ini n0pe sya 081578336993 mkcih

  69. husnan October 22, 2013 4:59 pm

    hai sohib2ku yg baik..ini pengalamanku slm sy menangani pasien yg asam lambungnya akut.ternyata asam lambung klu berlebihan sgt berbahaya sekali.klu naik kekepala disebut vertigo.klu naik keliver diktkan tumor hati.klu naik keparu2 kiktkan asma.klu naik kejantung dikatakan gagal jantung.waduh serba repot.dan obat yg plg bgs adalah ajaran rosululloh saw.makan kunyah 44 x dan minum madu 3 sendok mkn pagi dan sore hari.dan jg hati jgn sampai dendam.hrs sabar.smg bermanfaat buat sohib smua.semoga cepat sembuh.

  70. sri rahayu October 23, 2013 8:26 am

    assalamualaikum….
    untuk mas dede baso mohon diinfokan mas obat soman yang dibeli itu wisma aldiron mana dan dilantai berapa?terus harga obatnya kira2 berapa ya mas?
    karena sya juga ingin membelinya. sebelumnya terima kasih atas infonya ttg obat soman ini untuk penyakit asam lambung.

  71. Taufik October 24, 2013 6:14 am

    buat sri rahayu buka aja di internet dgn judul PT. Soman Indonesia

  72. indra November 4, 2013 3:15 am

    saya udah 1,5 tahun sakit asam lambung
    saya juga pingin sembuh saya tersiksa dan gara2 sakit ini semua aktifitas saya terganggu….

    dokter pun bingung kasih obat ke saya karena obat udah lengkap,dokter cuma pesan kalo kambuh minum salah satu obat yg saya punya.tapi saya malas minum karena selama ini saya minum tetep aja gak ada perubahan.
    obat herbal macam2 jamu,obat propolis,bio activa,shoman dll jga tdak menolong,terapi,pijat dll juga sudah saya coba tapi belum bisa menyembuhkan.meskipun sekarang udah lumayan tapi tetep aja sering kambuh.dan kalo udah kambuh ya kaya pasrah rasanya….

    mari kita berdoa sama2 semoga kita cepet sembuh

  73. sukhi November 4, 2013 4:06 pm

    mama saya terkena asam lambung
    seluru obat da dimakan tp ngak ada manffatnya
    apa obat tradisonal yg paling ampuh

  74. suryoi November 5, 2013 12:41 pm

    Trimakasih atas sharing info nya…. Sy sdh bbrp tahun mengalami gangguan gas dlm perut… Dan saat ini sering kambuh kalo telat makan atau salah makan, apalagi kalo pikiran agak kenceng. Kalo pas kumat spt apa yg kawan2 share di atas…. Sempat sy ke igd 2x krn sesak napas dan akhirnya cm dikasih sm dolkter obat maag… Badan lemes tdk bertenaga,dada sesak, pusing,tdk bisa konsentrasi,lengan dan kaki sebelah kiri biasanya spt berat,keringatan,pundak dan leher ikut kaku… Wah gak enak banget pokoknya. Mesti dibuat relax dan pakai minyak kayu putih trus rebahan bbrp jam baru gejala agak berkurang.
    Saat ini sedang mencari terapi yg efektif bisa menyembuhkan.
    Sementara pantangan makanan pemicu : makan pedas,asam, coklat,kopi, santan,daun singkong, tape,
    Mohon kalo ada yg sudah sembuh total bisa berbagi tips dan informasi. Salam. Suryo 081326456166/zurio.vd@gmail.com

  75. ari November 6, 2013 5:10 pm

    terapi pijat di bogor

  76. 085890756117 November 8, 2013 3:53 pm

    terapi urut di bogor

    fb :aribiray@gmail.com

  77. indah November 9, 2013 11:06 am

    Ada yg sudah ssembuh dengan penyakit seperti yg ddi atas keringetan dingin sesek nafas dan kadang kalo sudah sesek rasanya seperti takut mati.kaki tangan kya kesemutan gitu.. kalo ada yg sudah sembuh total tloong jabwabnya y makasih. 08123-153-1111

  78. iwan November 13, 2013 2:40 am

    saya juga penderita hal yg sama’maag juga lebih condong ke gerd soalnya saya sering cemas dan takut mati..saya konsult ke dokter cma dikasi obat omz sama sanmag surkralfate untuk asam lambung dan tukak lambung..allahmdullilah mendingan tapi jaga pola mkn dulu jngn berlebihh”

  79. Yesi November 17, 2013 2:15 pm

    Sy sdh punya GERD selama 6 th dan msh berjuang utk sembuh,sy cocok dgn obat pariet dan clast yg diberi dokter internist sy prof.Aziz,cuma memang msh tergantung obat bila gejala timbul maka minum obat itu insya Allah sesak napas dan perih di perut hilang,klo rasa cemas yg berlebihan bisa berkurang bila sy mendekatkan diri dan berdoa kpd Allah,tetap semangat teman-teman semoga Allah Subhanahuwata’ala memberikan kesembuhan pada kt semua. Aamiin.

  80. nayla 081555495206 November 21, 2013 8:58 am

    udh 1 blan Aq skit ulu hti n dada terasa panas tenggorokan terasa kering n klu mo bo2 slalu gelisah tolong bri thu obatnya yaa

  81. aries087830073800 November 22, 2013 8:57 am

    assalamualaikum .. saya seorng yg punya keluhan sept tman2,saya udh 3 th sering ckt perut,saya ga tau obat nya,,mhon bgi tman2 yg udh pd tau gmna cara mengatasi ckt maag atau asam lambung ini,saya mhon masukanya,sebelum dan sesudahnya saya ucp kn bnyk terimakash.wassalamualaikum

  82. endang December 2, 2013 1:39 pm

    Q dah 22 th merasakan sakit itu..q akan coba tips dr ken”…smg q bisa sembuh total…..

  83. JhoeL December 2, 2013 3:24 pm

    Selamat malam kawan semua.
    Ane juga baru 1 bulan ini, kena penyakit yang satu ini. Rasa nya nga enak banget. Tapi hal yang paling nga enak perasaan cemas yang berlebih. Tolong pencerahan nya untuk mengatasi kecemasan. Apa lagi buat anak kost seperti saya.
    Terima Kasih :)

  84. Rini Fajarwaty December 4, 2013 11:55 pm

    Ternyata banyak yaaa yang mengalami seperti apa yang saya rasakan… Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt dan selalu diberi kesehatan dan Umur panjang. Aamiin

  85. Merry December 7, 2013 3:34 pm

    Saya udah 1thn mengalamin gerd Dan perut perih,udah makan obt beberapa bln tp ga sembuh2 jg,skrng udah ga mau lg k dokter,Dulu perut skt terus,setiap hari muntah,ga bs tidur krn baru mau tidur Aja asam lansung naik Dan mengakibatkan dada sakit bngt,terkadang dada terasa berat Dan Susah bernafas, pusing,lemas dan kadang selasa mau pingsan,awal agustus sy minum extra virgin olive oil,alhamdulillah skrng Sudah ga muntah2 lg dan skt perut jg udah jarang,cm dada msh terasa nyeri apa lg klu stress asam Lansung naik Dan dada Lansung nyeri

  86. ms gono sangatta December 13, 2013 4:59 pm

    pusing dan dada nyeri sesak saat bernafas.. susah tidur..

  87. risty December 15, 2013 2:49 pm

    saya klo abis mkan pasti tambah sesak napas..

  88. eliza December 17, 2013 1:16 am

    benar itu pendapat evanora harley

    April 16th, 2012 at 12:49 pm , pakai tepung sagu boleh sagu aren di gongseng 15 menit ya kira2 1/2 kg bisa untuk 2 minggu
    kalau udah dingin simpan . ambil tepung sagu 1 sendok makan seduh air mendidih kasih gula aren secukupnya. kalau udah dingin minum pagi 1 gelas sore 1 gelas selama 2
    minggu jangan berenti , pasti sembuh . resep ini sudah banyak di coba sama kerabat saya dan berhasil. sekarang mereka bebas dari asam lambung. semoga membantu.

  89. Rudy Angsana December 18, 2013 7:20 pm

    Gejala yg sy alami klo asam lambung uda naik antara lain perut kembung,begah(angin ngumpul di perut,ga bisa sendawa ayo pun buang angin,kepala pusing,kaki tangan lemas n gemetaran…jantung berdebar kencang,leher juga seperti tercekik…saat itu membuat sy benar” panik,duduk salah,berdiri juga salah,…obat yg sy minum adalah ranitide 150 ama lansoporazole 30 mg,…(kedua jenis obat tersebut di jual bebas di apotek) dosis nya 2×1 sebelum makan,pagi dan sore hari…bila asam lambungnya belum turun bole di tambah alganax 0,5 mg(harus dgn resep dokter,bisa di tebus di apotik mana aja)untuk menenangkan diri supaya gak panik…krn klo panik pernafasan gak akan stabil yg membuat pernafasan makin tidak teratur….di samping itu selalu siapkan roti,cokelat ato cemilan ke mana pun kt pergi,begitu teras laper,makan bekal yg kt bawa,…intinya perut jgn ampe kelaparan,itu akan memicu gas di lambung yg menyebabkan naik nya asam lambung,…silakan di coba,mudah” tulisan sy bermanfaat tuk semua teman”yg perna mengalami sakit seperti saya,….GBU

  90. niena abdat December 29, 2013 1:49 pm

    Ass,hanya berbagi info,dan pengalaman yg sering saya bagi ke temen2 yg hampir putus asa sama seperti saya dua tahun lalu,apabila asam meningkat,tubuh saya sampai kejang dan keram,alhamdulillah saudara saya memberi info mudah,saya sudah berobat sampai kl,singapura dan sampai dokternya sudah bingung mau ngasi oba apa lagi,saya sampai malu bulak balik ke dr tsb,alhamdulillah pertama berkat kuasa Allah,yg memberi kesabaran kepada saya dlm ujian kmrn,obatnya murah dan mudah didapat,sediakan nasi putih dipiring kecil sebelum tidur,kemudian diembunkan,bangun subuh atau pagi sebelum makan dan minum apapun,makan nasi embun tsb,kalau tidak diembunkan diatas meja makan juga bisa.ditutup pakai tudung saji atau tutup yg bolong2 agar udara masuk,makan jangan putusn2 minggu,bila enak perutnya diteruskan sampai benar2 sembuh,insyallah mudah2an info ini bs berbagi keteman2 semua,ass

  91. Novie vie December 29, 2013 9:12 pm

    bwt mbk niena abdat..mksh infonya
    pgn nyoba jg scra udh byk obt yg q mnum tp kdng sring kmbuh trs.q mpe malu kluar msuk rs,smggu 2x psti kdktr..q mpe sesak nafas.batuk kering ma bdahak jg.smpe org mukir q tuh asma pdhl itu dipicu krn asam lmbung naik.
    makan nasi yg diembunkan itu dlm wktu sehari tp dimakan seharian.gt yak?
    tlg dijelasin ya.mta nmr yg bs dihubungi blh ga mbk?mksh

  92. qamaruz January 1, 2014 5:14 pm

    saya juga penderita asam lambung tinggi..jika sudah makan makanan yg mengandung asam/ pedas/ saya langsung sendawa tanpa henti dan sakit parah di bagian kepala sampai tidak bisa konsentrasi…kalo makan sedikit telat saya juga sendawa tanpa henti…saya sudah berobat dari satu dokter ke dokter yg lain..sampai pengobatan herbal pun sudah saya jalani..tapi hasilnya nihil.
    obat lansoprazole / sucralfate/ antasid..sudah bosan sama minum..dan saya juga pernah minum jamu herbal sampai air kunyit juga pernah..gamat gelly juga pernah..kulit manggis juga pernah..pokoknya apa saja yg bisa menyembuhkan saya minum..tapi hasilnya tidak memuaskan…sekarang saya coba makan buab rumbia..itu tanpa sengaja saya leway di pasat tradisional trus saya kepingin makan buah rumbia , tanpa sengaja kakek penjual buah rumbia berkata kepada saya tanpa saya tanya” buah rumbia ini bagus buat lambung dulu ini adalah obat lambung” maka dari itu saya mencoba mengkonsumsi buah rumbia sebelum dan sesudah makan.memang rasanya sangat kelat.tapi setelah saya makan buah rumbia sendawa saya hilang.dan sakig kepala berkuranh..jadi untuk saat ini saya masih mencoba mengkonsumsi buah rumbia…teman2 juga boleh mencoba mungkin bisa sembuh dengan buah rumbia

  93. ardianz makassar January 2, 2014 1:41 am

    Sy mengalami nyeri pas di ulu hati, kaki terasa dingin, kepala sakit, dada terasa terbakar terkadang jantung berdebar kencang, tenggorokan kering dan gak enak berasa pahit dan kadang asam, berat badanku udah turun 6 kg slama 2 bulan ini, sy udah 2 bulan konsul dgn dokter spesialis penyakit dalam katanya saya terkena maag! Tp lama kelamaan dadaku berasa sakit kadang perasaan gak enak ( kayak mau pingsan ) ulu hati sakit dan kepala puyeng trus……leher berasa tegang, terkadang kagetan bila ada suara keras yg tiba tiba terdengar! Apa sy mengalami GERD??? Gmn cara mengobatinya? Kalau ada yg punya solusi bisa SMS atau telpon sy di 082349609777. Trims sblm nya :)

    Semoga Allah SWT/ Tuhan menyembuhkan kita semua, aminn

  94. nina mulyati January 3, 2014 9:09 am

    Assalamualaikum,,, mba” sma mas” bner bnget dan sama banget ama yang nina rasain… Ya allah baru kali ini ngerasai penyakit kaya gini,, sblm’a pernah tapi gk parah kaya gini… Mohon informasinya terus ya kakak” tntang penyakit GERD ini.. Mksih sebelumnnya

  95. icha icha January 6, 2014 6:30 pm

    Asslmkm. Slamat malm shbat sependeritaan , sy sudah 8 bulan trkena penyakit asam lambung , penyakit ini sangat menyiksa sy , sy sering panik tiba2 sesak , pusing , perut kembung mual , tiap hari selalu saja ketakutan , kepikiran mati terus , ada yg sama ngk kek yg sy alami ? Tlong bantu sy temen2 tuk cri solusi’a sy pengen cepat sembuh dr penyakit ini . Smoga kt smua diberi kesmbuhan oleh ALLAH SWT ??????? .

  96. sulton January 23, 2014 2:52 pm

    Saya sakit dah 4 bln..perut terasa sebah..gak enak bgt.menggangu krja saya.udh blakbalik k RS.tp blm smbh2.temu lawak tiap mlm..gely gamat.udh hbs 4 btol..tlg klo ad yg tau obatnya..saya pgin shat.anak sya msh kecil2..saya tulang punggung keuarga…tlg ksh tau y obatnya.makasih..081315410758

  97. ibuendang January 26, 2014 12:28 am

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL/JITU 2D_3D_4D_6D_MALAYSIA/SGP/HK DIJAMIN 100% JEBOL HUB KI_AMARI :(0853-2175-4544)JIKA ANDA INGIN MENGUBAH NASIB.thank’z roomnya zobat

  98. usman January 30, 2014 6:28 pm

    sy menderita yg spt tmn2 smua rasakan, tapi yg lebih parah nya lg di tambah dgn bau mulut, spt bau kotoran, apakah itu jg termasuk asam lambung?? ke mana dan obat apa yg harus sy konsumsi??? tolong ya tmn2!!

  99. Andri April 17, 2014 3:41 pm

    Gerd… sy pnderita pnyakit ini jg sdh 6 bulan. Awalnya sy mnduga pyakit jantung tpi stelh sy konsultsi dgn 3 doktr spsialis pnykt dlm smua dokter mngatkn jntung sy tidak mslh… smua mndiaknosa gastritis.. gejalanya: kmbung,skit ulu hati,panas atau nyeri dada kadang2 dikiri dan dikanan merambat ke bahu n leher terasa tegang kadang2 jg tmbus ke punggung bgian belakang,sesak nafas,jntung berdebar kncang rasa cemas kdang sampai lemas akibat denyut jantung yg sngat kncang,tangan dan kaki keringat dingin,liur terasa asam,bila melakukan olahraga atau kerja yang berat langsung seketika rasa cemas muncul dan jantung berdebar kencang,keseimbangan badan juga terganggu/pusing. Kurang lbh itu yg sy rasakan..
    Sy jalani trapi obat dokter dan herbal kunyit dan temulawak.. puji tuhan saat ini sdah berangsur2 membaik.. yg lain yg lbh pnting mngendalikan stress dan cemas berlebih itu kuncinya, krna kalo blm bisa kndalikan stress dan prasaan cemas/takut mati, obat2tan dokter g akan brguna krna akibat dari faktor diatas asam lmbung ttp membanjiri lmbung…
    085228108882

Leave a Reply

Your email address will not be published.


three × 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>