Mengobati Gigitan Serangga

Mengobati Gigitan Serangga – Insect Bites adalah gigitan atau serangan serangga. Gigitan serangga seringkali menyebabkan bengkak, kemerahan, rasa sakit (senut-senut), dan gatal-gatal. Reaksi tersebut boleh dibilang biasa, bahkan gigitan serangga ada yang berakhir dalam beberapa jam sampai berhari-hari. Bayi dan anak-anak labih rentan terkena gigitan serangga dibanding orang dewasa.

Beberapa contoh masalah serius yang diakibatkan oleh gigitan atau serangan gigitan serangga didantaranya adalah:
1. Reaksi alergi berat (anaphylaxis). Reaksi ini tergolong tidak biasa, namun dapat mengancam kahidupan dan membutuhkan pertolongan darurat. Tanda-tanda atau gejalanya adalah:
• Terkejut (shock). Dimana ini bisa terjadi bila sistem peredaran darah tidak mendapatkan masukan darah yang cukup untuk organ-organ penting (vital)
• Batuk, desahan, sesak nafas, merasa sakit di dalam mulut atau kerongkongan/tenggorokan
• Bengkak di bibir, lidah, telinga, kelopak mata, telapak tangan, tapak kaki, dan selaput lendir (angioedema)
• Pusing dan kacau
• Mual, diare, dan nyeri pada perut
• Rasa gatal dengan bintik-bintik merah dan bengkak
Gejala tersebut dapat diikuti dengan gejala lain dari beberapa reaksi.
2. Reaksi racun oleh gigitan atau serangan tunggal dari serangga. Serangga atau laba-laba yang menyebabkan hal tersebut misalnya:
• Laba-laba janda (widow) yang berwarna hitam
• Laba-laba pertapa (recluse) yang berwarna coklat
• Laba-laba gembel (hobo)
• Kalajengking
3. Reaksi racun dari serangan labah, tawon, atau semut api.
• Seekor lebah dengan alat penyengatnya di belakang lalu mati setelah menyengat. Lebah madu afrika, yang dinamakan lebah-lebah pembunuh, mereka lebih agresif dari pada lebah madu kebanyakan dan sering menyerang bersama-sama dengan jumlah yang banyak
• Tawon, penyengat dan si jaket kuning (yellow jackets), dapat menyengat berkali-kali. Si jaket kuning dapat menyebabkan sangat banyak reaksi alergi
• Serangan semut api kepada seseorang dengan gigitan dari rahangnya, kemudian memutar kepalanya dan menyengat dari perutnya dengan alur memutar dan berkali-kali
4. Reaksi kulit yang lebar pada bagian gigitan atau serangan.
5. infeksi kulit pada bagian gigitan atau serangan.
6. Penyakit serum (darah), sebuah reaksi pada pengobatan (antiserum) digunakan untuk mengobati gigitan atau serangan serangga. Penyakit serum menyebabkan rasa gatal dengan bintik-bintik merah dan bengkak serta diiringi gejala flu tujuh sampai empat belas hari setelah penggunaan anti serum.
7. Infeksi virus. Infeksi nyamuk dapat menyebarkan virus West Nile kepada seseorang, menyebabkan inflamasi pada otak (encephalitis).
8. Infeksi parasit. Infeksi nyamuk dapat menyebabkan menyebarnya malaria.

Definisi Gigitan serangga

Insect bites adalah gigitan atau sengatan serangga. Insect bites adalah gigitan yang diakibatkan karena serangga yang menyengat atau menggigit seseorang.

Penyebab

Serangga tidak akan menyerang kecuali kalau mereka digusar atau diganggu. Kebanyakan gigitan dan sengatan digunakan untuk pertahanan. Gigitan serangga untuk melindungi sarang mereka.

Sebuah gigitan atau sengatan dapat menyuntikkan bisa(racun) yang tersusun dari protein dan substansi lain yang mungkin memicu reaksi alergi kepada penderita. Gigitan serangga juga mengakibatkan kemerahan dan bengkak di lokasi yang tersengat.
Lebah, tawon, penyengat, si jaket kuning, dan semut api adalah anggota keluarga Hymenoptera. Gigitan atau sengatan dari mereka dapat menyebabkan reaksi yang cukup serius pada orang yang alergi terhadap mereka. Kematian yang diakibatkan oleh serangga 3-4 kali lebih sering dari pada kematian yang diakibatkan oleh gigitan ular. Lebah, tawon dan semut api berbeda-beda dalam menyengat.

Ketika lebah menyengat, dia melepaskan seluruh alat sengatnya dan sebenarnya ia mati ketika proses itu terjadi. Seekor tawon dapat menyengat berkali-kali karena tawon tidak melepaskan seluruh alat sengatnya setelah ia menyengat.

Semut api menyengatkan bisanya dengan menggunakan rahangnya dan memutar tubuhnya. Mereka dapat menyengat bisa berkali-kali.

Gejala Gigitan Serangga

Gejala dari gigitan serangga bermacam-macam dan tergantung dari berbagai macam faktor yang mempengaruhi. Kebanyakan gigitan serangga menyebabakan kemerahan, bengkak, nyeri, dan gatal-gatal di sekitar area yang terkena gigitan atau sengatan serangga tersebut. Kulit yang terkena gigitan bisa rusak dan terinfeksi jika daerah yang terkena gigitan tersebut terluka. Jika luka tersebut tidak dirawat, maka akan mengakibatkan peradangan akut.

Rasa gatal dengan bintik-bintik merah dan bengkak, desahan, sesak napas, pingsan dan hampir meninggal dalam 30 menit adalah gejala dari reaksi yang disebut anafilaksis. Ini juga diakibatkan karena alergi pada gigitan serangga.

Gigitan serangga juga mengakibatkan bengkak pada tenggorokan dan kematian karena gangguan udara.

Sengatan dari serangga jenis penyengat besar atau ratusan sengatan lebah jarang sekali ditemukan hingga mengakibatkan sakit pada otot dan gagal ginjal.

Mengobati Gigitan Serangga

Jika terjadi gejala seperti di atas maka carilah pengobatan. Gejala tersebut bisa jadi anafilaksis fatal.

Rasa gatal dengan bintik-bintik merah dan bengkak adalah gejala yang paling sering ditemui. Paling sering ini diobati di rumah dengan antihistamin.Jika gigitan menyebabkan infeksi (kemerahan dengan atau tanpa nanah, suhu tubuh tinggi, demam, atau kemerahan di tubuh), pergilah ke dokter.Jika tidak diketahui apa yang menggigit, sangat penting untuk menjaga area yang digigit agar tidak terjadi infeksi. Hubungi dokter jika ada luka yang terbuka, mungkin itu sengatan racun laba-laba.

Seseorang yang mempunyai riwayat tergigit atau tersengat serangga harus pergi ke rumah sakit terdekat jika mendapati gejala lain. Sedang orang yang tidak mempunyai riwayat tergigit serangga juga harus ke bagian gawat darurat jika:
1. Mendesah
2. Sesak nafas
3. Dada sesak atau sakit
4. Tenggorokan sakit atau susah berbicara
5. Pingsan atau lemah
6. Infeksi

Pengobatan gigitan serangga pribadi di rumah

Pengobatan tergantung pada jenis reaksi yang terjadi. Jika hanya kemerahan dan nyeri pada bagian yang digigit, cukup menggunakan es sebagai pengobatan. Bersihkan area yang terkena gigitan dengan sabun dan air untuk menghilangkan partikel yang terkontaminasi oleh serangga (seperti nyamuk). Partikel-partikel dapat mengkontaminasi lebih lanjut jika luka tidak dibersihkan.

Pengobatan dapat juga menggunakan antihistamin seperti diphenhidramin (Benadryl) dalam bentuk krim/salep atau pil. Losion Calamine juga bisa membantu mengurangi gatal-gatal.

18 comments on “Mengobati Gigitan Serangga

  1. Bali Wedding October 27, 2010 3:31 am

    Wah ini artikel yang saya cari thanks informasinya, karena sangat berguna sekali buat saya, karena saya sering sekali panas dalam atau sariawan dimulut. dan itu sangat menyiksa sekali untuk saya.

    Cuma gara-gara makan kegigit langsung deh sariawan dan panas dalam dimulut……padahal tuh sariawan baru aja sembuh ehh kok muncul lagi gara-gara makan kegigit.

    Dah diobatin dan makan tablet hisap vitamin C ya kok masih lom sembuh juga……hehehehehehe salam kenal

  2. TOKO KOMPUTER November 1, 2010 10:27 am

    Terima kasih atas infonya ya…!!??

  3. zaki April 9, 2011 2:32 am

    thanks ya oom adik ku jadi terawat

  4. Hotels In Bali May 14, 2011 2:12 pm

    Makasih info nya yah.. sebagai pertolongan pertama andai kegigit serangga.. moga2 sih nggak pernah :)

  5. Karis June 13, 2011 11:24 pm

    Artikel bagus, ijin ngutip ya om, boleh? buat di blog saya

  6. andra September 10, 2011 1:19 am

    thk :)
    informasi ini sangat membantu

  7. Nela September 30, 2011 1:41 am

    sy baru kena nih cr2 kulit jd terasa kasar, gatal, trus bengkak di klopak mata tp gk besar rasanya gatal ekali

  8. inma November 14, 2011 3:09 am

    trims infonya…bbrp hari ini aku sering digigit serangga hingga gatel dan bengkak…

  9. efii December 19, 2011 9:43 am

    pacar saya tangannya udah 2hri ni kesakitan,tangannya bengkak dan terasa sangat sakit trus jg panas gt setelah d gigit serangga yang sya sndri bru prtma kliat,kira2 selain cra yg sdh dsebutkn mgkn da alternatif lain?? makasih

  10. tatar_adi December 22, 2011 6:06 am

    Makasih sob,, atas infonya
    ini sangat membantu sekali bagi pemula seperti saya…

  11. tutut miuw* February 2, 2012 7:21 am

    huffttt
    susah bangets che caranya

  12. Ardhi February 17, 2012 7:53 am

    makasih atas ilmunya :)

  13. Merry February 22, 2012 8:56 am

    Thanks informasi nya…

  14. Chiikaa.. February 29, 2012 7:31 am

    Dlu wktu kecil saya di gigit serangga tpi knpa yaa hingga bertahun tahun lama ny kaki saya tak kunjung sembuh hingga saya berumur 15 thun ini ..
    Apa pnyebab nyaa???

  15. Mia March 9, 2012 5:25 am

    informasi ini memang perlu & sangat membantu, thanks ya.

  16. dudi April 24, 2012 4:34 am

    tetangga sy ada yg digigit ular tanah. dia sdh dibawa ke puskesmas dan RS kabupaten, kemudian dianjurkan dibawa ke RSU Serang. krn keterbatasan biaya dia dipulangkan kondisinya masih bengkak. ada yang tau obat alternatif atau herbal?

  17. Iswandi syam November 23, 2012 6:16 am

    Makasih atas informasinya, berkat informasi it akhirnya saya bisa di obati….

  18. Tiara July 24, 2013 9:25 pm

    Kelopak mata saya terkena gigitan samber moto ketika sedang mengendarai motor. Binatangnya terlihat gelenjer-gelenjer seperti jeli dan meninggalkan bekas seperti jentikan. Sekarang kelopak mata saya malah membengkak. ada solusi? Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


5 × two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>