Panduan membuat blog

Panduan Menggunakan Twitter

October 9, 2010 | In: internet

Panduan Menggunakan Twitter
Bagaimana cara memakai Twitter ? Berikut penjelasannya.

How to Find People on Twitter.

Bagaimana cara mencari dan menemukan akun teman di Twitter dan mengikutinya (follow). Caranya adalah dengan:
  • klik Find People.
  • Ada empat pilihan. Pertama, Browse Suggestions (melihat saran Twitter mengenai orang terkenal, ahli atau pakar di bidang yang kita sukai, misalnya Entertainment.
  • Jika kita “mengikuti” orang, tweet orang tersebut akan muncul di halaman Home Twitter kita.
  • Kita bisa mengikuti (follow) dan berhenti mengikuti (unfollow) orang ini kapan saja.
  • Kedua, Find Friends (menemukan teman atau kontak di email yang sudah memakai Twitter dengan memberi Twitter akses ke email Gmail, Yahoo atau Aol milik kita).
  • Ketiga, Invite by email, (undang teman-teman ke Twitter memakai e-mail mereka), dan
  • Keempat, Find on Twitter (temukan orang, organisasi atau perusahaan yang sudah ada di Twitter dengan menggunakan nama pengguna (user name) mereka). Klik Search untuk memulai pencarian.

What is Tweet

Apa itu tweet? Tweet sebenarnya adalah update status terbaru di Twitter, tetapi banyak juga yang menyebutnya dengan tweet.
Di Twitter ada pertanyaan What’s happening? Setiap jawaban dari pertanyan itu dianggap sebagai Twitter status update, atau disebut juga “tweet”.
How to Tweet on Twitter
Bagaimana cara mengirim tweet? Setiap status update panjangnya maksimal 140 karakter atau bisa kurang dari itu.
  • Jika sudah sign up dan login di http://twitter.com, ketik tweet di kotak update. Ada angka di atas yang menunjukkan berapa karakter yang sudah kita ketik.
  • Kotak update terletak di bawah tulisan What’s happening?.
  • Klik tombol update di bawah kotak untuk menerbitkan tweet ke profil.
How To Use Twitter From Your Mobile Phone

Bagaimana cara menggunakan Twitter secara mobile dari handphone? Cara lain, dan ada yang menganggapnya cara terbaik, untuk memposting atau menerbitkan update atau tweet adalah lewat hape atau  ponsel. Yups, Blackberry atau mobile QWERTY sepertinya pilihan yang baik untuk ini.

Setting hape Anda dan kirimkan SMS ke Twitter. Atau jika hp-nya ada fasilitas web browser atau Opera Mini, gunakan versi Twitter yang khusus dibuat untuk browsing dari heldheld device atau handphone yaitu: m.twitter.com.

Ketika berada di browser ponsel, ketik m.twitter.com

Berikut adalah contoh dari Tweet yang sudah di-post:

How to Delete Tweet on Twitter

Bagaimana cara menghapus tweet? Cukup dengan meletakkan pointer (mata panah) mouse ke tweet yang akan dihapus. Akan muncul kata Delete di sisi kanan bawah. Klik Delete untuk menghapus tweet itu.

What are Followers and Following

Apa itu Followers dan Following? Followers adalah orang atau teman yang mengikuti kita di Twitter. Mereka bisa menerima atau membaca semua tweet atau update status kita.  Dan jika kita mengikuti (follow) seseorang, kita menjadi follower mereka, dan menerima tweet mereka di homepage kita, atau di hape, atau aplikasi seperti Tweetie, Twitterberry atau aplikasi lainnya yang kita pakai.

Sedangkan Following adalah daftar orang-orang atau teman-teman yang kita ikuti akunnya. Berarti kita akan menerima update atau tweet mereka di timeline kita. Jika Anda mengikuti AndriRahardian, Anda akan menerima tweet-nya di home page ketika log in, atau di hp jika sudah ditambahkan Twitter di dalamnya.

Status Follower dan Following terdapat di halaman Profile. Orang yang kita follow juga bisa mengirimi kita tweet rahasia (private tweet) dan pesan langsung (direct messages).


How to Follow People on Twitter


Bagaimana cara mengikuti orang di Twitter? Setelah menemukan akun orang yang akan diikuti, klik Follow [Nama Pengguna Twitter] di tombol seperti di bawah ini.

Atau bisa juga klik tombol seperti berikut, dan klik Follow.

Tidak seperti di kebanyakan situs jejaring sosial, following di Twitter tidaklah bersifat mutual. Jika ada orang yang mengikuti Anda, Anda tidak perlu meng-approve atau mengikuti balik (follow back). Jika berubah pikiran, bisa saja mengunjungi profil orang itu dan klik follow.

Jika kemudian Anda un-follow seseorang, Twitter tidak akan memberitahu orang tersebut, walaupun ada juga situs yang bisa dipakai untuk mengetahui siapa saja yang tidak kita ikuti dan siapa saja yang tidak mengikuti kita.

Situs ini bernama Are you Following Me Too?

Ternyata situs di atas tidak tersedia untuk saat ini. Anda bisa mencoba situs lain bernama Your Twitter Karma. Klik tombol Whack! setelah Anda sign in di Twitter ketika menggunakan situs ini.

How to Protect Our Tweets on Twitter

Bagaimana cara memproteksi tweet kita? Kita bisa memprotek akun Twitter dan menjadikannya private sehingga hanya teman-teman kita saja yang bisa membaca tweet.

  • Klik Settings.
  • Klik Account.
  • Klik dan contreng Protect my tweets.
  • Klik Save.

How to Stop Following People on Twitter

Bagaimana cara untuk tidak mengikuti (unfollow) akun orang di Twitter? Klik di  foto orang yang akan kita unfollow, dan klik pada tombol Actions seperti berikut ini. Lalu pilih/klik Unfollow. Ini bisa juga dilakukan di halaman Profile atau di halaman Home (klik Following atau Followers).



How to RT on Twitter
Apa itu “RT”? RT adalah singkatan dari Retweet (men-tweet ulang). RT terjadi jika kita melihat tweet orang lain dan ingin mentweet ulang untuk di-share ke followers kita. Bagaimana cara RT (retweet) di twitter?

  • Cara RT atau me-retweet cukup simpel. Cukup arahkan mouse ke tweet yang akan di RT, lalu klik tautan Retweet yang biasanya ada di sisi kanan bawah.
  • Lalu klik Yes.
  • Jika ingin menghapus retweet, arahkan mouse ke retweet tadi dan klik Undo.

Reply diklik jika kita ingin menjawab tweet.

  • Klik di Reply dari tweet tersebut.
  • Lalu ketik reply atau jawaban Anda di kotak seperti ini. Klik tombol reply jika sudah selesai.
  • Dan reply pun terpampang di homepage. Akan terlihat tanda “at” (@) didepan nama orang yang kita reply.

What is An @ Reply

Apa itu @ reply? @reply adalah update Twitter yang diawali dengan @username (nama pengguna).

Orang berbicara tentang banyak hal di Twitter dan terkadang kita ingin mengatakan kembali hal tersebut. Bahkan dulunya, orang yang sangat ingin berbicara satu sama lain menggunakan @+username+message agar message (pesan) mereka berfungsi sebagai reply (jawaban) bagi orang lain.

Karena itu Twitter kemudian membuatnya sebagai salah satu fitur resminya. Jika kita mengawali tweet dengan @username maka tweet tersebut akan muncul di tab (bagian) replies orang tersebut. Kita juga bisa langsung membalas dari tweet seseorang.

How to Reply on Twitter


Bagimana cara me-reply di Twitter? Setiap update atau tweet memiliki tanda panah bengkok. Jika kita klik panah itu, Twitter akan secara otomatis menambahkan @username ke tweet kita selanjutnya.

Kita bisa mengirim jawaban ke si penulis dari tweet yang mana saja hanya dengan melakukan klik di tombol panah ini.

What is Mention

Apa itu mention? Mention adalah update Twitter yang ada @username nya di kalimat tweet-nya.

Jika kita menyebutkan (mention) lebih dari satu orang di update atau tweet kita dengan menggunakan format @username, maka orang-orang itu juga akan melihat update (tweet) tersebut di tab (bagian) replies mereka.

Tab replies adalah bagian dimana kita bisa melihat semua tweet di halaman home.

Jika ingin melihat tweets yang menyebut (mention) nama kita, klik di bagian @username_kita seperti di bawah ini

How to Mention on Twitter

Bagaimana cara mention di Twitter?

  • Secara manual kita bisa mengetik tanda @ langsung diikuti username orang yang ingin dimention, misalnya @AndriRahardian di tab replies.
  • Bisa juga klik Reply pada tweet orang yang ingin di-Mention di tab replies. Arahkan mouse ke tweet supaya muncul kata Reply.
  • Kemudian ketik pesan kepada orang yang ingin dimention. Klik reply.

How to Reply a Mention on Twitter

Bagaimana cara membalas mention di Twitter?

  • Klik @+Username_kita di halaman Home untuk melihat tweet yang me-mention kita.
  • Arahkan mouse pada tweet yang memention kita. Klik Reply.
  • Ketik pesan yang ingin disampaikan. Klik reply.

What is Direct Message

Direct message (DM) adalah tweet pribadi atau rahasia. Jika seseorang mengikuti kita (follower), kita bisa mengirim DM dari web lewat tautan message di halaman profile.

Kita tidak bisa mengirim DM ke user yang tidak menjadi follower kita.

How to Send a Direct Message on Twitter

Kita bisa mengirim direct messages dengan tiga cara:

  • Pertama, arahkan mouse ke tweet dan klik ikon Reply yang ada di messages di inbox Direct Message.
  • Ketik pesan dan klik send.
  • Kedua, dengan memakai kotak drop down di halaman inbox DM. Ini hanyalah pilihan acak bagi orang-orang yang mengikuti kita, bukan daftar lengkap. Jika nama seorang follower tidak ada di daftar, gunakan pilihan di atas atau di bawah ini.
  • Ketiga, ketik di kotak status update menggunakan kalimat perintah direct message: d + username + message.
  • Untuk membalas update atau tweet biasa dengan direct message dari home page, klik tanda panah atau swoosh yang ada di ujung update. Ini akan memunculkan @reply di kotak update. Hapus tanda @ dan ganti dengan “d“, dan spasi, dan ketik message nya. Mereka yang notifikasi direct message text dan email di-set ke ON akan menerima DM di hape mereka dan/atau lewat email. Tweet yang dikirim memakai cara di atas tidak terbaca oleh umum, hanya penulis dan penerima yang bisa membacanya.
How to Reply to A Direct Message on Twitter

Bagaimana cara membalas Direct Message di Twitter?

  • Klik Direct Messages di halaman Home.
  • Arahkan pointer mouse ke pesan yang akan dibalas. Klik Reply.
  • Kemudian ketik balasannya.
  • Terakhir klik tombol send.

How to send Message on Twitter

Bagaimana cara mengirim message di Twitter?

  • Klik di foto orang yang akan dikirimi message.
  • Di halaman Home, klik message+Username di bagian Actions.
  • Kemudian ketik message nya. Klik Send.

Twitteran juga sangat mengasyikkan jika memakai aplikasi bantu seperti TweetDeck.

TweetDeck memungkinkan kita untuk memantau “perkembangan” Facebook, Twitter, MySpace dan LinkedIn kita secara real-time pada saat yang bersamaan. Thanks to its awesome notification system.

Tagged As:

cara mention di twitter - panduan menggunakan twitter - arti mention di twitter - mention di twitter - bagaimana menggunakan twitter - cara membalas mention di twitter - cara mention twitter - cara tweet di twitter - mention twitter - apa itu mention di twitter -

Related posts:

  1. cara menggunakan google earth


12 Responses to Panduan Menggunakan Twitter

john

October 27th, 2010 at 6:38 am

Thanks buat informasinya…
Jadi tambahan ilmu..
Biar gak ketinggalan kabar silahkan ke sini..

Untuk Informasi Lowongan Kerja terbaru silahkan ke sini..

Bagi yang doyan Jalan2 kalian bisa liat informasinya di siini!!!!

MAu liat foto terbaru tentang kabar terbaru indonesia silahkan ke sini…

nah… buat yang nyari2 article silahkan ke sini…

neo

January 22nd, 2011 at 3:51 pm

Hihi… ;) thankss RT @Q__kii: Woww!! Ga nyangka! Suaranya si ibu dije @alicesofieNORIN enaks jg yak makk!!

di atas adalah contoh, ada huruf RT dan itu jelas2 singkatan dr retweet. apakah contoh di atas relpay ato retweet? soalnya kalo replay gak muncul huruf RT kecuali di copy-paste
dan kalo retweet jg gak mungkin karena retweet ga bisa nambahin komentar, kecuali ada aplikasi khusu yg mungkin berbayar

jadinya ini yg bikin tambah mumet
terimakasih

jual bali ratih

February 21st, 2011 at 6:36 am

terima kasih atas infonya
salam twitter

cara mudah dapat uang

March 1st, 2011 at 7:58 pm

makasih infonya

megaprec

March 5th, 2011 at 12:49 pm

sangat amat bermanfaat sekali infonya. keep posting !

DhimasUP2U

April 15th, 2011 at 4:37 am

mkasih infonya, tp msh kurang lengkap nih…
kalo mention kan seharusnya isinya tuh balesan dr orang untuk tujuan ke kita ya!
tp knp ya twitter ku kok mention nya isinya ada orang2 bales2an, tp mreka gk ada hubungannya sama aku,????
bisa dbantu gk gmn settingnya?????
trims.

melita

June 6th, 2011 at 3:49 am

haha ..
thank yuahhh jadi lebih ngerti , tapi cuman dikit sih ngertinya ehehe tpi lumayan lahhh .! :D

Kinanti

August 20th, 2011 at 1:04 am

Thanks banget atas pencerahannya..jadi lebih tahu

vitta

August 27th, 2011 at 11:51 am

sumpah…. masih belum ngerti

vitta

August 27th, 2011 at 11:53 am

masalah ku sama ama NEO

ani

September 16th, 2011 at 11:46 pm

thanks infonya,emang lagi belajar jd membantu ane…

novialist

October 6th, 2011 at 2:17 am

Thanks buat infoNya, sangat Membantu……

Comment Form