Penyebab asam urat

Penyebab asam urat , Istilah urat mungkin salah arti, karena tidak terkait dgn urat/otot. Mungkin istilah ini merupakan terjemahan dari bahasa Inggris “urate” yg berasal dari kata uric atau urin yg berarti air seni. Istilah yg lebih umum adalah “Gout”. Penyebab nyeri dan pembengkakan adalah kristal “uric acid” yg mengumpul di persendian. “Uric acid” adalah substansi yg normalnya terbentuk ketika tubuh menguraikan sisa produk yang disebut “purine”.”Uric acid” mestinya larut dalam darah dan dikeluarkan melalui “kidney” ke dalam air seni. Orang yg menderita asam urat mempunyai kadar “uric acid” yg sedemikian tinggi sehingga kristalnya terkumpul di persendian dan “tissue”
yg lain.

kondisi orang yg terlalu banyak “uric acid” dalam darah disebut “hyperuricemia”. Ada banyak orang yg “hyperuricemia” tapi tidak kena “gout”.”Gout” adalah rasa sakit, panas, merah dan bengkak pada persendian. Umumnya satu sendi pada satu saat – sering sendi besar dari ibu jari kaki. Ia juga mempengaruhi sendi yg lain, seperti lutut, siku, kaki, tangan, pergelangan dan punggung. Dokter anda dianjurkan mengecek jenis “arthritis” lain, seperti “psedogout” dan “infectioius arthritis”.

Setelah beberapa tahun, kristal “uric acid” dapat mengendap dan membentuk deposit besar yang disebut “tophi” dan terlihat seperti. benjolan (lump) dibawah kulit.”Hyperuricemia” dapat disebabkan oleh 1) ginjal tidak bisa mengeluarkan “uric acid” dengan cepat, 2) tubuh membuat terlalu banyak “uric acid”.

Sebenarnya seperti penyakit maag, “pengobatannya” berupa terapi diet saja alias tidak memerlukan obat-obatan kimia. Sejauh pola makan kita yang baik, Insya Allah, asam urat tidak kambuh. Yang penting tidak terjadi penimbunan asam urat di tubuh dan pengeluaran asam urat dari tubuh harus lancar.

Yang dimaksud dengan asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makananyang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuhmakhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karenakita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita.Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapikarena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat diobati sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukanasam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung purin

11 comments on “Penyebab asam urat

  1. TOKO KOMPUTER November 1, 2010 10:29 am

    OOOO Jadi gitu ya…!!!
    Terima kasih ya…

  2. karlina April 14, 2011 9:38 am

    uh….saya pernah…sampai 9…..suaaaakiiit banget, diet ketat mpe 3,5….tp skrg ud naik lagi jd 7, bener penyembuhannya adalah diet dan disiplin makanan, tks ya

  3. slamet April 24, 2011 2:05 pm

    gimana klo dipijat atao diurut boleh ga ya ..

  4. berat May 12, 2011 11:43 am

    makasih informasinya tentang asam urat

  5. eka kartika June 29, 2011 6:44 am

    Gimana kalau kita minum air putih dg ukuran normal…?

  6. YOHannisTAMmu October 12, 2011 3:58 am

    Jadi memang harus selalu dicek ya kadar asam urat kita…. supaya tahu berapa porsi kita bisa makan daging kambing misalnya…… jangan asal embat aja tapi ujungnya jadi sakit… trims ya gan infonya

  7. Asy-Syafi'i February 10, 2012 2:54 pm

    Jaga kesehatan dan minum ARDISIA

  8. simbah February 17, 2012 3:20 pm

    baru tahu nih,thank’s

  9. handooko December 18, 2012 6:51 am

    Nggak lengkap ulasannya. Tambahin contoh2 makanan atau sayuran yang tinggi kadar purinnya atau obat jamu atau makanan yang baik untuk menekan kadar uric acid dalam tubuh begitu lohh..

  10. Erni November 24, 2013 10:47 am

    Pnjelasanx m’mng udah bguz tp lbih bgusx lg klw tmbahkan jenis sayuran dan daging apa yg hruz d jga untk pasien yg terkena asam urat.

  11. endang December 3, 2013 3:10 am

    Daging berwarna merah,jeroan,udang,ikan yg diasinkan,melinjo dari ujung jari sampai ujung rambut (hehehe……)kangkung,bayam,daun singkong,…..da yg mo nambahin g?
    Sebenernya qt g harus menghindari total,boleh tp dg kuantitas yg dikurangi…ya….sekedar tombo pengin….krn qt jg msh buntuh mereka untuk tubuh qt……
    Mf kalau da salah kata….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


9 − = three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>