Kamis, 05 Agustus 2010

pembentukan harga pasar

Pembentukan harga pasar Bahwa pembentukan harga di pasar(bebas) dipengaruhi oleh banyak faktor.

Diantaranya ada 18 yang dapat saya identifikasi berpengaruh terhadap harga produk, yaitu sbb:

1. Jumlah Karyawan Perusahaan
2. Gaji Karyawan
3. Skill (Individu) Karyawan
4. Wellness karyawan
5. Absensi Karyawan
6. Jumlah stok/ produksi per hari
7. Permintaan/demand pasar
8. Pajak
9. Persaingan harga
10. Biaya Iklan
12. Biaya CSR
13. Investasi Perusahaan
14. Rencana QC produk (1,2,3)
15. Bonus karyawan
16. Sistem kerja
17. Kredibilitas perusahaan/ pengusaha
18. Gengsi


Banyak kan faktor yang kiranya dapat dimainkan oleh pengusaha untuk membuat pasar lebih menarik bagi rakyat, dan tentunya bagi pengusaha yang percaya tantangan.Yang selalu ditanyakan, kenapa rakyat hanya mengkritik tanpa memberi solusi. Pertanyaannya dapat dibalik, kenapa solusi (blacklist, pengurangan produksi, subsidi & dumping) yang rakyat tawarkan tidak dilirik, dan hanya memperhatikan kritikna saja.

PRM telah menyusun gambaran rancangan kebijakan yang akan diterapkan untuk menggantikan kebijakan sekarang.